Senin, November 18, 2024

Catatanku Catatanmu : Antara Koran Kompas Dobel Edisi dan Iklan Kampanye Pilkada 2024, Konten Hari Minggu di Koran Jawa Pos dan Banyaknya Iklan Kampanye Pilkada 2024 di Koran-Koran Tribun Network (Update)

Pembahasan Sebelumnya : KLIK DISINI

Hari ini, Koran Favorit gue, Kompas kembali dapat Setelah Sehari Kemarin Vakum (Cuman Tinggal Jawa Pos doang). Sebenarnya Sih terilham dari Debat Cawali-Cawawali Mojokerto 2024 yang digelar 2 hari lalu, Saat itu, Duo Junaedi-Amin menghadirinya dan Ning Ita-Cak Sandy tidak bisa datang ke Acara Debat. Waduh... Apa Bisa Debat Terakhir Tanpa Paslon yang Nomor 2 di Pilkada Kota Mojokerto 2024? ya, Mungkin Bisa Ditolak Kehadirannya... Seharusnya Jangan Buat Catatan di Buku Tulis... Kejadian Sebelumnya, 2 Tahun lalu (2022), Koran Kompas berkali-kali Tidak ada di Motornya Pak Tukang Koran, Tapi hanya Menyisakan 2 Koran antara Jawa Pos dan Surya yang menjadi Tuan Rumahnya Koran di Jatim. dan Esok Harinya, Koran ini Kembali hadir bersama Jawa Pos, Tapi Cuman Dobel, antara Edisi Kemarin dan Hari ini. 2 Tahun sekarang Terulang lagi, Yang Kemarin Tak ada Koran Kompas, Berarti Esok Hari, ada Koran Kompas jadi 2 Edisi berbeda antara Kemarin dan Hari ini. Mantap... Ini Kemungkinan Peraturan ya? Kenapa Tidak? Koran Kompas sekarang kan Isinya Iklan Kampanye Cagub-Cawagub Jakarta 2024 seperti Pasangan Ridwan Kamil-Suswono yang diusung Partai Golkar, Partai Gerindra, PKS, Partai NasDem, PPP, PKB, PAN, Partai Demokrat, PSI, Partai Perindo, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Garuda, PKN dan PBB, Pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana yang Bukan diusung Parpol melainkan Independen dan Pasangan Pramono Anung dan Rano Karno yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan Partai Ummat. Tidak Hanya Pilkada Jakarta 2024, Tapi Iklan Kampanye Pilkada Surabaya 2024 yang Eri Cahyadi dan Armuji juga Semestinya Dimuat (Khusus untuk Cetakan versi Jawa Timur). dan Iklan ini Dimuat selama Kampanye di Media Massa dan Rapat Umum mulai 10 hingga 23 November 2024 (berdasarkan PKPU No. 13 Tahun 2024). Lain Koran Kompas Dobel, Lain pula dengan Koran Jawa Pos Edisi Minggu dan Konten-Kontennya. Sejak September 2024, Jawa Pos Edisi Minggu diberi Titel "Sunday Magz" dibawah Logo Jawa Pos (Kalau Sabtu diberi Titel "Weekend Magz"). Konten-Kontennya Jawa Pos Edisi Minggu pun Bervariasi Pada Rubrik-Rubriknya yang Bertahan Sejak 2021 silam. Konten-Kontennya Semua Sarat dengan Hiburan untuk Para Netizen-Netizen Indonesia dan Juga Pembaca Setianya. Seperti Nasional, Internasional, Utama Minggu, Film, Drama, Musik, Televisi, Fashion, Zodiak, Sportainment, Sports Community, What's On Socmed, Home, After 60, dll. Semua Rubrik-Rubrik yang di Edisi Minggu, Memang adalah Pecahannya Rubrik Show dan Selebritis yang Biasanya Muncul Setiap Senin hingga Sabtu. Bagi anda yang Suka Musik, di Halaman Musik jadi Lebih Seru untuk Pembaca-Pembaca yang Sibuk di Hari Minggu yang Ceria. Sepertinya, Jawa Pos Edisi Minggu memberitakan Sepenuhnya Konser Synchronize Fest 2024 yang Berlangsung pada Awal Bulan lalu. Tidak Hanya Konser Synchronize Fest 2024, Jawa Pos Edisi Minggu juga Menghadirkan Informasi-Informasi Musik Sepenuhnya Seperti Konser di Jakarta atau Lainnya. Kalau anda Suka Artis Korea/Non Korea (K Pop), Pastilah Baca What's On Socmed di Halaman 12 Jawa Pos Edisi Minggu. Isinya Berita-Berita Artis Korea/Non Korea yang Mencuri Hati Para Netizen-Netizen di Indonesia dan Seluruh Dunia. Coba Anda lihat Berita Hubungan Hebat Hun Haqeem dan Daiyan Trisha, Aksi Manggung Aisha Retno, Aksi Manggung Bella Astillah, Rekaman IG Story Adriana Adnan menghadap Smartphone ke Artis-Artis K Pop, Datuk Siti Nurhaliza, dll, di Saat Konser (Seperti Konser 1 Dekade Cuckoo) dan Rekaman IGS Elly Arifin saat Menghadap ke Artis-Artis di Konser Grand Final MLS (Muzikal Lawak Superstar) 4 yang Berlangsung Tadi Malam di What's On Socmed Jawa Pos Edisi Minggu, Itu Jadi Salah besar. Yang Penting, Jawa Pos Memberitakan Artis-Artis Korea/Non Korea dari Netizen-Netizen melalui What's On Socmed di Edisi Minggu. Yang Suka Golf, Baca Halaman Sports Community yang ada Komunitas Golf di Jakarta dan Kota-Kota Lainnya. Halaman Televisi pun Tak Ketinggalan, Isinya adalah Informasi Program-Program TV dari Berbagai TV Nasional. Jika Media Indonesia ada Info Acara Metro TV Setiap Hari dan Koran Kompas ada Jadwal TVRI, BTV dan Kompas TV Setiap Hari, Maka di Jawa Pos Edisi Minggu ada Info Acara-Acara RCTI, SCTV, Trans TV dan Trans 7. Selain Jawa Pos, Jawa Pos Radar Mojokerto Edisi Minggu Konten-Kontennya pun Tak Kalah, ada Rubrik Lifestyle yang ada di Halaman 1 dan 2. Sedangkan, Rubrik Desa Bisa ada di Halaman 7 atau 11. Lifestyle di Jawa Pos Radar Mojokerto Edisi Minggu Kemungkinan Meniru Halaman Geliat Kota di Koran Kompas yang Biasanya Muncul Setiap Jumat atau Pronimen di Koran Media Indonesia yang Biasanya ada di Edisi Minggu. Jawa Pos Radar Jombang pun Tak Ketinggalan ada Rubrik-Rubrik di Edisi Minggu, ada Inspirasi, Figur dan Renungan Minggu. Lain Jawa Pos Radar Jombang, Lain Pula dengan Jawa Pos Radar Malang dengan Rubrik-Rubriknya yang Biasanya ada di Edisi Sabtu dan Minggu, Yakni Perspektif (Setiap Minggu), Lingua Franca dan Malang Vibes (Setiap Minggu). Untuk Iklannya di Koran Jawa Pos, Jawa Pos Radar Mojokerto dan Jawa Pos Radar Jombang kan ada, ada Iklan Kampanye Pilkada Jatim 2024 (Luluk-Lukmanul, Khofifah-Emil dan Risma-Hans), Iklan Kampanye Pilkada Kota Malang 2024 (Wahyu-Ali, Heri-Ganisa dan Anton-Dimyati), Iklan Kampanye Pilkada Kabupaten Malang 2024 (Sanusi-Lathifah dan Gunawan-Usman), Pilkada Batu 2024 (Nurochman-Heli, Firhando-Rudi dan KD-Dewanta), Iklan Pilkada Kota Mojokerto 2024 (Junaedi-Amin dan Ning Ita-Cak Sandy), Iklan Kampanye Pilkada Kabupaten Mojokerto 2024 (Ikfina-Sadulloh dan Barra-Rizal) dan Iklan Kampanye Pilkada Jombang 2024 (Mundjidah-Surambah dan Warsubi-Salman). di Akun Instagramku (@iagastifa.94), kan Membuat Konten Parodi dari Konten/Rubriknya Jawa Pos Edisi Minggu sejak 2020 silam, Kan Tak asli, Cuman Terilham saja untuk Ide-Idenya, Mantap... Oh Ya, Dulu ada Catatan-Catatan Para Jurnalis Lama Jawa Pos yang Ikut Menulis untuk Edisi Minggu, Seperti Dhimam Abror Djuraid, Arif Afandi, Fuad Ariyanto dan Abdul Rokhim. Sekarang, Jawa Pos Edisi Minggu selalu Menyajikan Berita dan Informasi Musik dan Artis-Artis K Pop. Tak Cuma Koran Jawa Pos Edisi Minggu yang Sarat dengan Konten Hiburan, Tapi Koran-Koran dari Tribun Network (seperti Banjarmasin Post, Surya, Warta Kota, dll.) Sering Memasang Iklan-Iklan Kampanye Pilkada 2024 di Semua Daerah yang Menyelenggarakannya. Misalnya, di Warta Kota ada Iklan Kampanye Pilkada Jakarta 2024, Iklan Kampanye Pilkada Kota/Kabupaten Bogor 2024 dan Iklan Kampanye Pilkada Depok 2024. Sedangkan, Koran Surya ada Iklan Kampanye Pilkada Surabaya 2024, Iklan Kampanye Pilkada Sidoarjo 2024, Iklan Kampanye Pilkada Gresik 2024, Iklan Kampanye Pilkada Kota Batu 2024, Iklan Kampanye Pilkada Kabupaten Mojokerto 2024, Iklan Kampamye Pilkada Kabupaten Pasuruan 2024 dan Iklan Kampanye Pilkada Banyuwangi 2024. Lalu, di Tribun Jabar ada Iklan Kampanye Pilkada Jabar 2024 (Acep-Gita, Jeje-Ronal, Syaikhu-Ilham dan Dedi-Erwan), Iklan Kampanye Pilkada Kota Bandung 2024, Iklan Kampanye Pilkada Cianjur 2024 dan Iklan Kampanye Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. Sedangkan, di Tribun Jateng Cuman ada Iklan Kampanye Pilkada Jateng 2024 (Andika-Hendi dan Luthfi-Yasin). Selain itu, di Koran Sriwijaya Post dan Tribun Sumsel dari Palembang, Rajin Memasang Iklan Kampanye Pilkada Sumsel 2024 (HDCU, ERA dan MataHati) di Halaman 1. Tidak Hanya itu, di Koran Tribun Timur pun Sering Memuat Iklan Kampanye Pilkada Sulsel 2024 (DIA dan Andalan Hatiku). dan Akhir Sekali, Koran dari Bumi Melayu, Tribun Pekanbaru Rajin Memasang Iklan Kampanye Pilkada Riau 2024. Sekarang, Koran-Koran dari Keluarga Tribun Network (anak Perusahaan KG) Rajin Memasang Iklan Kampanye Pilkada 2024 selama 14 Hari kedepan. Berdasarkan PKPU No. 13 Tahun 2024, Iklan Kampanye Pilkada di Media Massa difasilitasi KPU Propinsi/Kota/Kabupaten, dapat Berupa Tulisan dan Gambar, Menentukan dan Menetapkan Jumlah Penayangan dan Ukuran Iklan, Dibuat dan Dibiayai oleh Partai Politik Peserta Pemilu atau Gabungan Parpol, Pasangan Calon dan Tim Kampanye dengan Ukuran yang Telah ditentukan oleh KPU Propinsi dan KPU Kota/Kabupaten, Materi Iklan Media Massa Cetak dapat Memuat Informasi mengenai Nama Pasangan Calon, Nomor Urut, Visi/Misi/Program, Foto Pasangan Calon dan Tanda Gambar Partai Politik Peserta Pemilu atau Gabungan Parpol dan Foto Pengurus Parpol/Gabungan Parpol, disesuaikan dengan Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan dan Etika Periklanan, Penayangan Iklan Media Massa Cetak dilaksanakan Selama 14 Hari sebelum Masa Tenang, Jumlah Penayangan Iklan di Media Massa Cetak untuk Pasangan Calon Setiap hari Secara Kumulatif Paling Banyak 1 Halaman untuk Setiap Media Cetak, KPU Propinsi/Kota/Kabupaten menetapkan Jadwal Penayangan Iklan Media Massa Cetak untuk Paslon setelah Berkoordinasi dengan Pihak Media Massa Cetak dan KPU Propinsi/Kota/Kabupaten harus Memberikan Kesempatan dan Alokasi waktu yang Sama dan Berimbang Kepada Pasangan Calon dalam Menetapkan Jadwal. Jadi, Iklan Kampanye Pilkada 2024 di Koran Jawa Pos, Media Indonesia, Kompas, Banjarmasin Post, dll. Memang difasilitasi KPU Propinsi/Kabupaten/Kota (Sama Seperti Teks Khutbah Jumat/Idul Fitri/Adha di Masjid-Masjid di KL/Putrajaya yang difasilitasi JAKIM Malaysia Sepenuhnya). Kampanye didalam Media Cetak Selalu bisa Membawa Aspirasi bagi Warga untuk Bisa Memilih Calon Pemimpinnya pada 27 November nanti. Wallahualam...


P/S:

Postingan di Blog ini Memang Sudah dibuat. Tapi yang Tanggal 8, 15 dan 17 November mesti dihapus Total, Agar Tidak terjadi Kesamaan.


Update :

Postingan ini Direvisi pada 19/11/24, Soalnya Salah Tulis di Catatanku. Tulisannya bukan "M" melainkan "N". Harap maklum! 


Update :

Postingan ini Direvisi pada 22/11/24, Soalnya Salah Tulis juga di Catatanku. 

Tidak ada komentar: