Senin, Juli 22, 2024

Kangen Pertelevisian 2 Dekade lalu... (Update)

Selamat Pagi... Mari Kita Kembali ke Blog sambil Kembali ke Nostalgia Masa Sekolah dulu...

Tahun 2004 adalah Tahunnya Saya masih di Bangku SD (Kelas 2 dan 3 kalau ga salah), Pesta Pemilu 2004 pertama Kali Pilih Presiden, Koran Cetak Tebalnya Banyak (Kayak Jawa Pos sama Kompas) karena Bersaing dengan Tabloid/Majalah, Ganti Frekuensi Radio-Radio se Indonesia (Contohnya Radio Suara Surabaya Ganti dari 100,55 FM jadi 100 FM dan RFM 94 Mojokerto yang Dulunya 93,5 FM jadi 94 FM), Matinya Munir dan Tragedi Tsunami di Aceh. Oh Ya, Satu Lagi, Tahunnya Acara-Acara Talent Show yang Berkeliaran di TV, ada Indonesian Idol, KDI sampai AFI. Banyaknya Dominasi Acara-Acara Talent Show bisa Memberikan Dukungan Kepada Peserta via SMS. Talent Show jadi Saingannya Sinetron, Hiburan Umum, Berita dan Olahraga yang Begitu Dominan. Kalau Sinetron adanya Si Cecep sama Bajaj Bajuri, Kalau Hiburan Umum ada Program Yuk Sahur Yuk yang Kerap Disiarkan di Bulan Ramadhan 1425H, Kalau Berita, Cuman ada Headline News sama Liputan 6 Petang Kalau tidak salah dan Terakhir, Program Olahraga ada Siaran Langsung Piala Eropa 2004 dan Asia 2004, Dimana Tim Yunani menggasak Tuan Rumah (Portugal) jadi Sang Juara dan Indonesia sudah Terhenti di Babak Fase Grup. Mari Kita Nostalgia kembali Hebohnya Pertelevisian 2 Dekade lalu, Yuk Kita Simak... Kangen sama Tayangan Terbaik Sepanjang 2004.


Indosiar

Siapa yang Tidak Kenal dengan Indosiar? Sepanjang Tahun 2004 (Tahun Monyet), Indosiar memang Melekat dengan AFInya. Apalagi dari Season Pertama masih Tayang Sejak Desember 2003 silam (Sebagaimana dalam Pembahasan Sebelumnya) hingga Ketiga, Acara AFI selalu Populer. Hostnya kalau tak salah Pasti Adi Nugroho dan Bos dalam Acara ini adalah Tamam Hussein. Ditambah, ada Album-Album dari AFI yang Semua dibuat Label Sony Music kayak Menuju Bintang, Melangkah Bersama, Ost Sinetron Menuju Puncak dan The Best of 3 Besar AFI. Bintang-Bintang yang Paling Utama tapi Disukai Fansnya Seperti Veri Affandi, Mawar Dimas, Kia Suban, Dicky H. Saputro, Icha Melissa, Romi Kartiko, Nia, Adit, Micky Octapatika, Haikal Nasution, Tia,  Putu Sutha, Alvin, Leo, dll. Paket AFI berisi Konser Eliminasi/Grand Final dari AFI 1 sampai 3, Konser Inagurasi, Diary AFI 1 sampai 3, Up Close and Personal, Konser AFI 1 Menuju Bintang, Konser Tur Melangkah Bersama, Konser Merah Putih Indonesiaku (Spesial HUT RI ke 59), Pondok AFI (Sajian Spesial Ramadhan), Buka Kalbu AFI (Sajian Spesial Ramadhan), Operet Rayakan Kemenangan (Sajian Spesial Lebaran), Sinetron Menuju Puncak dan Diary/Konser AFI Junior. Yang Paling Juara, Grand Final AFI 2 membesar pada Ratingnya dan jadi Pilihan Pemirsa Sepanjang Masa. di GF AFI 2, Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sama Wiranto Menghadirinya, Kan masih dalam Kampanye Pilpres 2004. Program-Program lain Indosiar ada Banyak yang Pasti Diunggulkan Seperti Kuis Famili 100 yang Tayang Pagi-Pagi dari Senin sampai Jumat Setelah Siapa Berani, Brani Dong, Gengsi Gede Gedean, Bule Masuk Kampung, Tantangan, Kencan Enak, Alamak!, Indonesian Model, Detective Conan, Allez Cuisine (Paling Jos ada Derry Drajat Menyerukan Nama Acara tersebut), dll. Sabtu Pagi, Derry Teriaki "Allez Cuisine" dan Sabtu Malam, Adi Nugroho Memegang Koper Ajaib untuk Siapa yang Mengeliminasi di Konser AFI. Selain itu, Indosiar menyiarkan Ulang Sinetron Tasya yang Populer di 2002 dan Warkop Millenium yang Jadi Populer di periode 2000-01 (Pemerannya antara Mendiang Dono dan Indro). 




RCTI

Masih Tercatat jadi Stasiun TV Olahraga Kelas Dunia, RCTI bisa Menghadirkan Piala Eropa 2004, Liga Spanyol, Liga Jerman dan UCL. 2 Tahun Setelah menyiarkan Langsung dan Tunda Piala Dunia dan Asian Games 2002 yang ada Dik Doank, Ucok Baba, dll. jadi Hostnya, Maka RCTI percaya diri jadi Stasiun TV yang Menyiarkan Langsung Piala Eropa 2004 termasuk Indonesian Idol yang Pertama Kali Hadir setelah American Idol yang Sering Tayang. Dengan Masuknya Indra Yudhistira pada Maret 2004, RCTI jadi Andalan untuk Hiburan bagi Keluarga. Jam 4.30 Sore ada Banyak Program-Program yang Bikin Seru mulai dari Kopaja di Hari Senin, Susahnya Minta Maaf di Hari Selasa, M.O.P. (Membuat Orang Panik) di Hari Rabu, Robin Hut di Hari Kamis, Ketemu Calon Mertua (Camer) di Hari Jumat, Selebriti Nginep di Hari Sabtu dan Terakhir, Ngaciiir di Hari Minggu. Ditambah ada Program-Program Minggu Sore yang 2 Dekade Sekarang Masih bertahan yang Menayangkannya (Program Realitas), Semacam Uang Kaget dan Bedah Rumah. Tak Cuma Itu, Untuk Anak-Anak ada Kartun Pororo dari Korea, Doraemon dari Jepang, dll. Dijamin Seru Setiap Akhir Pekan. Oh Ya, Ada Juga Drama Series Semacam Bawang Merah Bawang Putih sampai Si Yoyo. Kuis WWTBAM jadi Masih Andalan di Sabtu Malam karena Harus bisa Berkonsentrasi dengan 1 Pertanyaan 4 Calon Jawaban untuk Mendapatkan Hadiah Uang Besar. Indonesian Idol yang Pertama Kali hadir Lewat RCTI dan Menyiarkan Konsernya Setiap Jumat dan 2 Grand Final dilakukan pada Sabtu Malam.



SCTV

Masih "NgeTop" sebagai Jargon Khasnya sejak 1997, SCTV masih Konsisten Menyajikan Program Program Menarik (Sebelum Banyak Sinetron Sore dan Malam Menyerang). Menjelang Piala Dunia 2006 yang didaulat Jadi Stasiun TV Resmi dikala Wisnu Hadi masih jadi Dirut, SCTV memperbanyak Tayangan Olahraga Seperti Siaran Langsung Liga Italia, Kualifikasi Piala Dunia 2006, Sepakbola Pra Olimpiade 2004 dan Copa America 2004. Sedangkan, Program Berita Liputan 6 jadi Andalan bagi Pemirsa Setia, dari Pagi sampai Malam, Liputan 6 Menyajikan Berita dan Informasi yang Aktual, Tajam dan Terpercaya dibawah Kepemimpinan Redaksi Karni Ilyas. dari NewsRoom ke Pemirsa SCTV, Sajian Liputan 6 jadi Favorit karena Meraih Penghargaan Kategori Berita/Informasi Terfavorit di Ajang Panasonic Awards 2001-2003. Sajian Lainnya ada Sang Bintang, Sinetron Disini Ada Setan, Sinetron Jinny Lagi Jinny Lagi, Sinetron Kenapa Harus Inul, Sinetron Si Cecep, Laris Manis, Bakabon, Kopi Darat 103 FM, dll. Sementara, Untuk Wilayah Surabaya, SCTV pindah Kanal ke 34 UHF (Sekarang ada di 29 UHF Digital). Jangan Kaget sama Pemirsa Setia di Kota Pahlawan.


Metro TV

Didaulat Jadi TV yang Menyiarkan Pemilu dari Awal hingga Akhir, Dipanggil "The Election Channel". Karena, Metro TV bukan Hanya Menyajikan Berita Terkini Setiap Hari Setiap Jam (Seperti Headline News), Tapi Sajian Hiburan juga Pasti Seru bagi Keluarga. Mulai dari Kuis Berpacu dalam Melodi, Cosby Show, Showbiz News, Terbang dengan Lion Air Pulang jadi Miliyuner, Midnight Live, Tafsir Al Misbah (Sajian Spesial Ramadhan), Art 21, dll. Metro Pagi sampai Metro Malam pun Jadi Andalannya Pemirsa yang ketinggalan Memberitakan Indonesia dan Dunia. Tak Cuma itu, Jadwalnya pun Dimuat di Media Indonesia (Saudaranya Metro TV) dan Koran-Koran lainnya. Yang Paling Berkesan, Metro TV Sepenuhnya Menyajikan Berita Tsunami yang Terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004 silam. dan Pernah jadi Media Partner untuk Konser Peterpan (kini Noah) 6 Kota dan 1 Hari dengan Memecahkan Rekor MURI. Mantap...





Lativi (kini TV One)

Stasiun TV yang Sebelum direbrand Jadi TV One saat ini, Lativi ada Banyak Tayangan-Tayangan yang Bermutu. ada Liga Italia sampai Kartun Nickelodeon. yang Paling berkesan, ada Jimmy Neutron, Dora The Explorer, Blues Clues dan Terakhir, Spongebob Squarepants yang Kerap Diputar Sebelum pindah ke GTV pada 2 Tahun setelahnya (2006). Dokumenter juga Jadi Andalannya. Oh Ya, Tayangan Mistis juga jadi andalan Bagi Pemirsa Setia. 






TV7 (kini Trans 7)

Ini adalah Stasiun TV dari Kompas Gramedia Group (sekarang kan Milik TransMedia), Yakni TV7. Kan Sebenarnya adalah TVnya Para Pembaca Setia Produk-Produk Media Cetak milik KG Seperti Kompas, Kontan, Surya, Warta Kota, Tabloid Nova, Tabloid Bola, dll. Stasiun TV ini Sering-Sering Mengiklankan Produk-Produknya yang Disebutkan Tadi diatas, Kan Dianggap jadi Induknya. Acara-Acara Andalannya Seperti MotoGP 2004, Liga Inggris, Famili 100 (yang Pindah dari Indosiar), Dream Band 2004, TKP, 7 Suara (Spesial Pemilu 2004), Kontroversi, Star 7, Por Tu Amor, dll. Setiap Minggu, Koran Kompas pun ada Rubrik Program-Programnya TV7 (Zaman Sekarang Program-Program Trans 7 ada di Halaman Televisi milik Koran Jawa Pos Edisi Minggu) dan Setiap Harinya, TV7 memasang Jadwalnya di Halaman Acara Hari Ini dari Koran yang Sama (Sekarang Masih ada dongs).



Trans TV

Dicap jadi TVnya Tokti dan Bajaj Bajuri, Trans TV jadi Langsung Menggebrak dengan Program-Program Andalan Bagi Keluarga. Program Musik Spesial "Eksklusif" memang Sering Hadir Setiap Minggunya, Ada Datuk Siti Nurhaliza, Iwan Fals sampai Padi Reborn yang Ikut Meramaikan Tayangan ini. Bukan Hanya Eksklusif, Tapi Drama Series Bajaj Bajuri jadi Pusat Perhatian Pemirsa. Yang Suka Mengikuti Perkembangan Terkini berupa Berita, Ada !nsert sama Reportase jadi Favorit buat Pemirsa sebagai Alternatifnya Program lain Semacam Seputar Indonesia (kini Seputar iNews), Liputan 6 dan Tentunya, Kiss. Sedangkan, Kartunnya ada Seperti Naruto yang Hadir Pertama kalinya di Indonesia. Dunia Lain dan Menanti Ajal bikin Semua Ditakuti sama Pemirsa yang Melihat Kehantu-Hantuan. Extravaganza di Awal-Awal Hadir memang Awalnya Setiap Senin ditambah Ada Talkshow seperti Ceriwis di Siang Harinya dan Kupas Tuntas di Malam Harinya. Oh Ya, Trans TV berkolaborasi dengan TV3 Malaysia menyiarkan Langsung Variety Show Spesial HUT RI ke 59 dan Hari Kemerdekaan Malaysia 2004 yang diberi Titel "Merdeka Negeriku" yang disiarkan pada 22 Agustus 2004.




TPI (kini MNC TV)

Di Awal-Awal Masuknya MNC Media Sejak Akhir 2003/Awal 2004, TPI yang Kini dikenali Sebagai MNC TV langsung Menggebrak dengan Program-Program yang Awalnya ada di RCTI, Seperti Rerun Sinetron Jin dan Jun, Jangan Ucapkan Cinta dan Smack Down. dari Awal sampai Pertengahan, Tayangan Blocking DRTV pun Masih Tayang di Pagi, Siang dan Malam. Coba anda Lihat Tayangan Salah Satu Produk Malah Ngomongnya Inggris dan Pakai Subtitle Indonesia (2 Dekade Sekarang, Sudah Zaman Upin Ipin, Kan pakenya Subtitle Indonesia). Komunikata pun juga jadi Andalan di TV ini. Sedangkan, KDI alias Kontes Dangdut Indonesia pun Hadir Pertama Kali. KDI memang Acaranya Nyanyian Dangdut untuk Mencari Bintang Dangdut Terbaru. Bintang-Bintang paling Heboh Semacam Siti Rahmawati, Safar, King Nassar, dll. Selain Hiburan, Program Olahraga pun Tak Ketinggalan ada TPI Fighting Championship, Liga Spanyol 2003/04 sampai F1 2004.




GTV

GTV masih Mengandalkan Acara-Acara dari MTV Asia/Indonesia sebagai Relayer. Mantap Benar, Walapun GTV memperbanyak Acara-Acara MTV Asia/Indonesia. VJ-VJnya pun Jadi Keren Seperti Daniel Mananta, Nirina Zubir, dll. Kalau Programnya, It's Okay kayak Acara MTV Ampuh, MTV What's Up, MTV Non Stop Hits, dll. Video Klip-Video Klipnya yang Tayang di MTV bareng GTV pun Kerap Hadir seperti Lagu Ada Apa Denganmu milik Peterpan, Tak Tahan Lagi dari Melly Goeslaw, Dibalas Dengan Dusta dari Audy, Pejantan Tangguh (Pria Terhebat) dari Sheila On 7, Seindah Biasa dari Datuk Siti Nurhaliza, Tentang Diriku dari Kahitna, dll.





ANTV

Olahraga berpadu Dengan Hiburan, Itulah Namanya ANTV yang Paling Keren. Liga Indonesia 2004 masih Tersaji melalui Stasiun TV tersebut. ditambah ada IBL 2004. Selain Olahraga, Program Hiburan pun ada Seperti Penghuni Terakhir yang Merupakan Program Reality Show Live bukan yang Pertama kali (AFI kan ada di TV Saingannya). Penghuni Terakhir itu adalah Program Realitas yang Ingin Merebut 1 Rumah Baru sebagai Tempat Tinggal Terakhirnya. Eh Tunggu, ada Dibalik Lensa yang Menampilkan Model yang Lagi Difotoin dari Para Fotografer-Fotografer Ternama. Presenter di Acara Dibalik Lensa Memang Cantik sekali, Pandegling... yang Lainnya ada Kalam, Jurnal ANTV, Scooby Doo, Percaya Nggak Percaya, Ratu Malu Jendral Kancil, Kuis Dendang Dangdut, Clas Akustik, dll.




TVRI

TV paling Tua di Negeri ini yang Kini berstatus LPP, TVRI selalu jadi Alternatif Pemirsa yang Tidak Mau Memilih Saluran lain. Konteswara jadi Favorit Bagi Ibu-Ibu yang Sibuk Bekerja. Paviliun 21 yang Bikin Lucu, Sehat Ala (alm) Hembing yang Bikin Tahu Soal Kesehatan, Berita Nasional (kini Klik Indonesia) yang Menyajikan Berita Teraktual dari Indonesia, dll. Tak Hanya Itu, Siaran Langsung Liga Italia 2004/05 pun ada Yang Isinya Pertandingan-Pertandingan dari Klub Papan Tengah dan Papan Bawah dari Serie A musim 2004/05. 


TV Lokal (JTV Jatim, Malang TV dan Batu TV)

Banyaknya TV Lokal di Daerah-Daerah Setempat pun jadi Pencegah Ketepurukannya TV Nasional di Rating-Rating, Berarti di Daerah-Daerah, TV Lokal berkembang di 1 Wilayah. Contohnya, JTV jadi TVnya Warga Jatim yang Menjangkau dari Surabaya hingga Malang dan Madiun. JTV memang Milik Jawa Pos Group sampai Sekarang karena Korannya (Jawa Pos) dimunculkan di Acara Cangkrukan Setiap Minggu Malam (Kala itu). Sedangkan, Persebaya pun ada Logo "JTV" apalagi Jadi Sponsor Resmi bagi Tim yang Berjuluk Green Force tersebut dan Bisa Menyiarkan Langsungnya selain ANTV dan Trans TV sepanjang Musim 2004 (Kala itu Tim Persebaya Juara). Lain JTV, Lain Pula dengan Nama-Nama TV Lokal di Wilayah Malang dan Sekitarnya. di Malang, ada GNTV yang Jadi Relayer dari MNC Vision (dulu Indovision) lalu jadi Mati. ada Juga Malang TV yang Merupakan Stasiun TV asli Malang yang Dimiliki oleh KDS 8 Radio. dan Perlu diingat, GNTV adalah Cikal Bakalnya Dhamma TV Malang yang Saat ini masih On Air. dan Satu lagi, ATV Batu yang Bersiaran Ikut bersama Trans TV atau Bukan. 


Kesimpulannya, Kalau Ingin Suka Bintang-Bintang AFI, pastikan Indosiar jadi Favoritnya. Kalau Suka Indonesian Idol sama Piala Eropa 2004, Pindahlah ke RCTI. Sedangkan, Yang Mengikuti Perkembangan Terkini Indonesia, Harus Pindah Saluran ke Metro TV yang Menjadikannya TV Berita dan Hiburan paling Komplit. 


Update : 

Tulisan ini Sudah Direvisi Sedikit. dan Satu lagi, Kedua Postingan Blog di Bulan ini Sudah dihapus. 


Update (lagi) :

Lagi-lagi Direvisi kayaknya. 


Update (lagi) :

Direvisi Kembali dengan Penambahan Video dan Tulisannya. 


Update (lagi) :

Direvisi Kembali lagi, Ada Penambahan Videonya... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar