Senin, Desember 23, 2024

Kaleidoskop 2024 (Media Cetak) : Antara Berita Synchronize Fest 2024 di Jawa Pos Minggu dan Iklan Kampanye Pilkada 2024 di Koran Kompas

Kaleidoskop 2024 Jilid Sebelumnya : KLIK DISINI


Jumat Kemarin, Kita Buat Kaleidoskop 2024 Jilid 1 yakni Tentang Perkembangan Musik yang Sangat Viral di Malaysia, Indonesia dan Seluruh Dunia. dan Kini, Kita akan Buat Kaleidoskop 2024 Jilid 2 (Jilid Terakhir), Yakni Media Cetak. Media Cetak sepanjang 2024 masih Bertahan karena Sebagiannya sudah Mati dan dianggap Disrupsi Digital Gara-Gara sudah ada Portal Berita Online seperti Kumparan, Kompas.com, Sindo News, dll. 2 Media Cetak terbaik yang Masih bertahan dari Zaman dulu ke Zaman sekarang, Yakni antara Jawa Pos dan Kompas (Koran Favorit gue selain Media Indonesia). Kalau Jawa Pos kan Jadi Koran yang Mengawal Pesta Synchronize Fest 2024 di Halaman Musik (Minggu) dan Show-Selebritis (Senin-Sabtu), Tapi Koran Kompas jadi Koran yang Menghadirkan Iklan Kampanye Pilkada 2024 (Jakarta dan Surabaya) yang dilangsungkan dari 10 hingga 23 November lalu. Nah, ini kan Jilid yang Terakhir, Kan Tadi seperti yang dikatakan di Blog Sebelumnya, Kaleidoskop 2024 mungkin bisa 2 Jilid.


Berita Synchronize Fest 2024 di Jawa Pos Minggu

Berita Synchronize Fest 2024 di Jawa Pos Minggu

di Edisi 6 Oktober lalu, Jawa Pos (Sunday Magz) Memberitakan Konser Musik terbesar di Indonesia, Yakni Synchronize Fest 2024. Karena, Berita ini Hanya ada di Halaman Musik. Sebenarnya sih, Berita Synchronize Fest 2024 di Jawa Pos Edisi Minggu lebih berani dari Koran-Koran lain yang Notabenenya Sebagai Media Partner Acara Konser Musik ini. Synchronize Fest 2024 adalah Ajang terbesar Pesta Musik Indonesia yang digelar Setiap Tahun sejak dulu, Dilangsungkan selama 3 Hari 3 Malam dari 4 hingga 6 Oktober 2024. Artis-Artis yang terlibat Seperti Putri Ariani, Tipe X, Afgan, Joshua Suherman, Dhea Ananda, Leony VH, Enno Lerian, Saskia, Geofanny, Tasya Kamilla, Dewi Persik, Aldi Taher, Saykoji, Sal Priadi, Candil, Andy /RIF, Wali Band, Guyon Waton, David Naif, Iwa K, Bondan Prakoso and Fade 2 Black, Armada Band, Andhika Pratama, Gading Marten, dll. Selain di Edisi Minggu, 6 Oktober 2024, Edisi Lainnya (7 Oktober 2024) pun juga ada. Berita Synchronize Fest 2024 di Jawa Pos Edisi 6 Oktober 2024 lebih "Cringe" dari Koran Kompas.


Iklan Kampanye Pilkada 2024 di Koran Kompas

Iklan Kampanye R1DO di Koran Kompas

Iklan Kampanye Dharma-Kun di Koran Kompas

Iklan Kampanye Pram-Si Doel di Koran Kompas

Pilkada 2024 pun Belum berakhir, Karena Masih dalam Proses Sengketa di MK sekaligus Rencana Pemungutan Suara Ulang Karena Kemenangan milik Kotak Kosong di 2024. Nah, dari Tanggal 10 hingga 23 November lalu, Koran Kompas yang Kini berjargon "#MultimediaMencerahkanLintasGenerasi" Semestinya Memasang Iklan Kampanye Pilkada 2024, Baik Jakarta dan Surabaya (Khusus versi CJJ Surabaya untuk Pasaran di Jatim). Iklan Kampanye Pilkada 2024 yang dimuat di Koran yang Siap berusia 6 dekade pada Tahun depan (2025) tersebut adalah Iklan Paslon Ridwan Kamil-Suswono (R1DO) yang diusung PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, PKN, Partai Garuda, PAN, PBB, Partai Demokrat, PSI, Partai Perindo dan PPP, Iklan Paslon Dharma Pongrekun-Kun Wardhana (DharmaKun) yang Berasal dari Independen, Iklan Paslon Pramono Anung-Rano "Si Doel" Karno (Pram-Si Doel) yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan Partai Ummat dan Iklan Paslon Eri Cahyadi-Armuji (ErJi) yang diusung Semua Parpol. Tidak Hanya di Koran Kompas, Tapi Beberapa Koran lain yang pun Juga ikut Memuat, yakni Media Indonesia, Radar SurabayaWarta Kota dan Surya. Oh Ya, Selain Jakarta dan Surabaya yang Biasanya dimuat di Koran-Koran, Daerah lain pun Juga Ikut Memuat Iklan Kampanyenya, Seperti di Jawa Barat Iklan Kampanyenya dimuat di Koran Tribun Jabar, Pikiran RakyatRadar Bogor dan Radar Cirebon by DisWay, di Jawa Tengah Iklan Kampanyenya yang Sering dimuat di Koran Suara Merdeka, Jawa Pos Radar Solo dan Tribun Jateng, di Jawa Timur Kampanyenya dimuat di Koran Jawa Pos, Jawa Pos Radar Mojokerto dan Jawa Pos Radar Jember, di Kalsel Iklan Kampanyenya selalu dimuat di Koran Banjarmasin Post, di Riau Iklan Kampanyenya sering dimuat di Koran Tribun Pekanbaru atau Riau Pos, di Sumsel Iklan Kampanyenya selalu dimuat di 2 Koran dari Sumsel yang Sama-sama Milik KG Group yakni Sriwijaya Post dan Tribun Sumsel dan di Sulsel Iklan Kampanyenya Sering dimuat di Koran Tribun Timur. Berdasarkan PKPU Nomor 13 Tahun 2024 Pasal 29-32 (Sebagaimana dalam Pembahasan Sebelumnya) Bahwa, KPU Propinsi/Kota/Kabupaten Memfasilitasi Pelaksanaan Metode Iklan Media Cetak, Dapat Berupa Tulisan dan Gambar, Menentukan/Menetapkan Jumlah Penayangan dan Ukuran Iklan Media Cetak, Materi Iklan Media Cetak dibuat dan dibiayai oleh Parpol Peserta Pemilu/Gabungan Parpol Peserta Pemilu, Paslon dan Tim Kampanye Sesuai dengan Ukuran yang ditentukan oleh KPU Propinsi/Kota/Kabupaten, Materi dapat Memuat Informasi Mengenai Nama Paslon, Nomor Urut, Visi-Misi dan Program, Foto Pasangan Calon dan Tanda Gambar Parpol/Gabungan Parpol Peserta Pemilu atau Foto Pengurus Parpol-Parpol. Materi Iklan Kampanye disesuaikan dengan Ketentuan Perundang-Undangan dan Etika Periklanan, Parpol atau Gabungan Parpol Peserta Pemilu, Pasangan Calon dan Tim Kampanye menyampaikan Materi Iklan Media Cetak kepada KPU Propinsi/Kota/Kabupaten, Memberikan Tanda Terima Penyampaian Materi Iklan Media Cetak menggunakan Formulir yang tercantum dalam Lampiran VIII, KPU Propinsi/Kota/Kabupaten menayangkan Iklan Kampanye sesuai dengan materi yang disampaikan Oleh Parpol/Gabungan Parpol, Paslon dan Tim Kampanye, Pengembalian Desain Iklan jika Tidak Sesuaian pada Desain Materi Iklan ini, Dilaksanakan Selama 14 Hari sebelum Dimulainya Masa Tenang, Jumlah Penayangan Iklan di Media Cetak untuk Paslon Setiap Hari secara Kumulatif sebanyak 1 Halaman untuk Setiap Media Cetak, KPU Propinsi/Kota/Kabupaten menetapkan Jadwal Penayangan Iklan Media Cetak untuk Paslon setelah Berkoordinasi dengan Pihak Media Massa Cetak dan KPU Propinsi/Kota/Kabupaten harus Memberikan kesempatan dan alokasi Waktu yang Sama dan Berimbang kepada Paslon dalam Menetapkan Jadwal. Selain di Kompas dan Warta Kota untuk Memasang Jadwal Iklan Kampanye Pilkada 2024 Jakarta, Koran Media Indonesia juga dimuat! Mari Kita Flashback ke Tahun 1998-2000, Dimana Tabloid Bola dan Go Rajin Memasang Iklan Salah satu Brand Ro**k Edisi Siaran Langsung Sepakbola Liga Italia dan Inggris musim 1998-99 dan 1999-2000, Brandnya adalah Djarum Super yang Merupakan Brand Ro**k terkenal dan terbesar di Indonesia. Saat itu, Siaran Langsung Liga Italia tayang di RCTI Setiap Minggu Malam dan Liga Inggris tayang di SCTV dan Indosiar Setiap Sabtu dan Minggu. Iklannya Semestinya Memiliki 3 Versi berbeda, Baik versi 2 Banner dan 1 Ukuran Besar. Kalau yang 2 Banner sih, adanya di Rubrik Sepakbola Italia atau Inggris melalui 2 Tabloid Olahraga yang Sudah Mati. Yang Paling diingat, Pastinya Musim 1998-99 yang ada Gambar Roberto Baggio dan Michael Owen sama Musim 1999-2000 ada Bintang Bintang Heboh seperti Michael Owen, Oliver Bierhoff, Emannuel Petit, David Beckham, Dennis Bergkamp, Mancini, Batistuta dan Belum Tahu Namanya yang Biasanya Mengenakan Kostum Tim AS Roma 1997/98 atau 1998/99 (Lupa Namanya). Sekarang, Sudah Tinggal Kenangan... 


Jawa Pos yang Synchronize Fest 2024 dan Kompas yang Iklan Kampanye Pilkada 2024 (Jakarta dan Surabaya) itu Selalu Menarik Sepanjang Tahun ini, Kenapa Tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar