Rabu, April 05, 2023

Lagu Lebaran di Malaysia, Mulai Besok di Radio-Radio! (Update)

Salam 14 Ramadan dan Selamat Pagi Besty... Kali Ini Kita Akan Menulis Blogku. Mumpung, Masih Baper Sedikit... dan Akhirnya, Bebas! Yuk Kita Bahasin (lagi) Tentang Lagu-Lagu Lebaran dari Malaysia. Soalnya, Besok Memulainya di Radio-Radio Seluruh Malaysia. Saya Ini Adalah fansnya Artis2 Negeri Jiran Malaysia seperti Meerqeen, Anna Jobling, Nuha Bahrin, Naufal Azrin, dll. Pembahasan Sebelumnya Bisa Dilihat di Link Ini : https://namanyasiilham.blogspot.com/2022/04/lagu-lebaran-indonesia-malaysia-paling.html


Berbicara Soal Lagu Lebaran di Malaysia, Memang Sangat Terkenal dari Lagu-Lagu Religius dari Indonesia ataupun Malaysia. Buktinya, Karya-Karyanya Selalu Diingat Otak Rakyat yang Memutarkan Irama Alunan Hari Raya Setiap Tahunnya. Banyak Sekali Lagu-Lagu Lebaran yang Menjadi Hits dan Takkan Monoton alias Everlasting alias Sepanjang Masa. Bukan Kayak Iklan yang Menggambarkan Lagu Mata Indah Bola Pingpong jadi Lagu Legend! 

Coba Mendengarkan Lagu Seloka Hari Raya yang Dibuat pada Akhir 1970an, Lagu Duet Pertama Kolaborasi Apik 2 Penyanyi Tua dari Malaysia, Hail Amir dan Uji Rashid.


Kekompakan Mereka Membuatnya Lebih Baik buat Duo yang Paling Luar Biasa. Adapula, Lagu yang Sudah Tua tapi Masih Didengarkannya, Ada lagu Selamat Hari Raya dari (alm) Saloma P. Ramlee atau Dendang Perantau dari (alm) P. Ramlee yang Masih jadi Everlasting.



Tak Cuma Duo P. Ramlee-Saloma yang Membawakan Lagu Lebaran, tapi ada lagi, (alm) Sudirman Arshad menghadirkan 3 Lagu berbeda dengan 1 Tema, ada lagu Dari Jauh ku Pohon Maaf, Balik Kampung (lagu super hits) dan Selamat Hari Raya. 1 dari 3 Lagunya Sudirman, Bisa Membawa Semangat mereka Pulang Kampung Halaman dan Dijadikan Theme Song untuk Pulang Kampung bagi Rakyat Malaysia. Lagu Ini tak kalah Populer dari lagu Warisan atau 31 Ogos.




Sosok yang Telah Meninggal Dunia pada 1992 itu, Membuatnya Makin Bermakna berkat Lagu-Lagunya yang Menjelma jadi Everlasting Juga. Berikutnya, Ada lagi, Kolaborasi Seru 2 Penyanyi di Era 90an, Antara Awie (Wings) dan Ziana Zain, lewat Halaman Asmara yang Dijadikan Soundtrack Film Sembilu 2 yang Ditayangkan pada 1995.


Lagu Ini Bukan Cuma jadi Lagu Lebaran, tapi ini Dijadikan Lagu Romantis dan Bebas Baper! Tak Kalah dari Lagu Aku Cinta dari Syamel dan Ernie Zakri atau Casablanca dari Nuha dan Naufal yang Sekarang Ini. Lagu Warna Warni Aidilfitri, Suasana di Hari Raya, Ku Pohon Restu Ayah Bonda dan Satu Hari di Hari Raya jadi Andalan untuk Membawa Keceriaan Hari Lebaran. Selain itu, ada Salah satu Lagu Lebaran yang Meniru lagu Dangdutnya Iyeth Bustami, berjudul Laksamana Raja di Laut yang Pernah Viral sekitar 18 tahun lalu. 







Berlanjutlah, Dengan Kehadiran Grup Legendaris yang Tak Lekang Oleh Waktu, Bimbo yang Sering Merilis Lagu-Lagu yang Religius daripada Romantisme. Yang Tema Hari Lebaran ada lagu Lebaran Sebentar Lagi (199x) maupun Taqoballahu Mina Waa Minkum (2003). Paling Inget, 2 Dekade Lalu, Bimbo Kembali Rilis Album Religi Setelah Lama Tidak Merilis Selama Puluhan Tahun Lamannya dan Diproduksi Oleh Sony Music, Berjudul Sama.



Tak Ketinggalan, Penyanyi Nomor 1 di Malaysia, Datuk Sri Siti Nurhaliza, yang Sering Merilis Lagu-Lagu Lebarannya dan Dijadikan Album Utamanya yang Beredar pada awal Desember 2003. Misalnya Anugerah Aidilfitri, Nazam Lebaran, Sesuci Lebaran, dll. Dan paling inget, Hampir 2 Dekade lalu, Salah satu Lagu Lebaran dari Tokti jadi Backsound untuk Acara Spesial Lebaran di SCTV kala itu. 




Pada 2016, Tokti (panggilannya Datuk Sri Siti Nurhaliza) Kembali Rilis lagu Lebaran. Lalu, setelahnya, pada 2022, Kembali Rilis lagi lagu Lebaran.


Bukan Hanya Penyanyi Terkenal dan Melegenda, Tapi Ada Salah Satu Kelompok Nasyid yang Pernah Hadir ke Indonesia, ya Raihan! Karena Raihan Merilis Banyak Sekali Lagu-Lagu Religius yang Berhubungan dengan Ramadan dan Lebaran. Seperti Harapan Ramadan, Puasa Dulu Baru Raya, dll.



Lain Tokti dan Raihan yang Sempat Populer di Indonesia (cikal bakalnya MeerNa dan NuNa), Lain Pula dengan Macam-Macam Artis Muda atau Awet Muda dari Malaysia Ikut Menyumbangkan Lagu-Lagu Lebarannya. Banyak yang Terbukti, Semua Bintang Bintang Masa Kini di Malaysia boleh Menyanyikan Lagu-Lagu Hari Raya yang Dijadikan Cover Song. Pasti Mantap Lah... Yuk Dukung Bintang Bintang Jiran yang Bersinar saat saat ada Ramadan dan Lebaran yang ada Lagu Lagu Lebarannya, Semoga Bersinar dan Berjaya...

Update : Kini, Semua Lagu-Lagu Lebaran dari Malaysia Terlengkap ada di Aplikasi Syok. Pilih Riang Raya atau Radio-Radio Malaysia dari Astro yang Bisa Memutarkan Lagu-Lagu Lebaran dari Waktu ke Waktu.

Tidak ada komentar: