Baru-Baru ini Kemarin, Radio Suara Giri dari Gresik mulai Menyiarkan Iklan-Iklan yang Kesehatan Lokal seperti Obat Madu Hijau dan Herbates. Kedua Brand ini Selalu Rutin diputar Setiap hari Sejajar dengan Iklan Produk-Produknya Geng Wings (kayak Kecap Sedap yang Bintang Iklannya Willgoz) hingga Produk-Produknya Tim Ultra Sakti/Tresno Joyo (kayak Madu TJ yang Bintang Iklannya Irfan Hakim kalo ga salah). Kok Radio ini Iklannya Cuman Kesehatan Lokal doang? Kau pikir Radio yang 100% Iklan Jamu dan Musik seperti Radio-Radio lainnya. Aduh, Apa yang Terjadi? Buktinya, Sejak Bulan ini, Radio yang Merupakan Radio Musik Dangdut/Disco Kebanggaan Jatim Besutan Suzana Radio Network tersebut Menyiarkan Iklan Obat-Obatan atau Pengobatan Lokal hingga Produk-Produk Wings/Ultra Sakti/Tresno Joyo. Kalau di Radio Kartika FM Jombang (termasuk Radio Jamu dari PPN Group/Fatikha Jagad Rejeki/SS Jaya di Mojokerto/Jombang/Kediri/Tulungagung) lebih sering Menyiarkan Iklan King Pandanus, cs, Pupuk KCC dan ILM BKKBN, Sedangkan RFM Mojokerto yang Cenderung Rutin Menyiarkan Iklan Madu El Habsyi dan Prima Netra, Sementara Radio Krisna FM Network di Sebagian Wilayah Jateng, Jatim dan Kalimantan yang Fokus Menyiarkan Iklan Herbal Nariyah dan Sholawat Nariyah Setiap hari berterusan, Radio Suara Surabaya yang Cenderung Rutin Memutarkan Iklan Produk-Produknya Wings, Sarung BHS/Atlas dan Bank BRI dan Radio KDS 8 Malang lah yang Fokus Memutarkan Iklan Jahe Keraton. Buktinya, Radio Suara Giri bukan Hanya Iklannya, Tapi Lagu-Lagu Dangdutnya Jadi Oke daripada Lagu-Lagu bergenre Pop-Rock, Apalagi adalah Radionya Rumah Musik Dangdut di Jatim. Kalau dulu, di Zaman 90an-2010an, Radio Suara Giri cuman Isinya Iklan Lifebuoy, Rinso, Bodrexin, Hemaviton, Gudang Garam Surya, Promag, dll. Bukan Hanya Radio Suara Giri, Tapi Kakaknya SG (Radio Suzana Surabaya) lebih Fokus dengan Musik Pop-Rock Indonesia/Dunia plus Info Olahraga Sepakbola atau Basket Student League Jatim.
Tak Hanya Suara Giri dengan Iklan yang Baru, Tapi 2 dari 6 Stasiun TV milik SCM (Surya Citra Media), Indosiar dan Mentari TV Berpindah Logonya ke Kanan Atas agaar Bisa Seperti SCTV dan MoJi yang Biasanya ditaruh di Kanan. Salah Satunya, Indosiar yang Selama 30 tahun Terakhir Menggunakan Logo Kiri Atas dan Akhirnya, Penantian 30 tahun terakhir, Indosiar resmi Memindahkannya ke Kanan Atas Mulai awal Bulan ini. Karena Gaya Tayangan Indosiar saat Logonya berada di Kanan (termasuk Mentari TV) meniru SCTV dan MoJi dengan Konsep Sama. Kan Keempatnya Semuanya Milik SCM. Tidak Cuma Tim SCM, Saluran-Saluran milik MNC Media pun Logonya Kadang dikiri, Kadang dikanan, Seperti RCTI, MNC TV, GTV dan iNews yang Bertahan di Kiri Atas Logo dan SindoNews TV masih di Kanan. Kalau dulu, RCTI, MNC TV sama iNews pernah Memasang Logonya ke Kanan Atas, RCTI yang dari Tahun 1989 hingga 2000, MNC TV yang dari Tahun 1991 hingga 1995 (era TPI) dan iNews yang dari Tahun 2009 hingga 2016 (era Sun TV, Sindo TV dan iNews TV). dan Alhasil, Logo dari MNC Media yang Pertama Masuk di Kiri Atas adalah MNC TV pada 1995, lalu RCTI pada 2000 dan Terakhir iNews pada 2016. Buktinya, Semua TV milik Hary Tanoe (kubu Terrestrial) kan Tetap di Kiri Atas daripada di Kanan Atas. Sementara itu, TVRI Nasional pada Tahun 1986 dan 1995, Logo ini pernah ditaruh di Kiri Atas dan Tahun 1999-2001 pun Pernah Pindah ke Kanan Bawah meskipun Berganti Logonya. Tak Cuma itu, Metro TV di awal-awal siaran hingga saat ini, Kadang di Kanan Atas dan Kadang di Kanan Bawah. Kalau yang 2000-2010 itu Logo Lama adanya di Kanan Atas dan Kalau yang 2010-saat ini, Logo Saat ini adanya di Kanan Bawah gitu. Itulah Namanya Posisi Logo TV-TV di Negeri 62.
Update :
Postingan ini Direvisi pada 16/2/25
Tidak ada komentar:
Posting Komentar