Minggu, Januari 12, 2020

Yang Terbaru (Rubrik) di Koran Minggu Tahun Ini

Mulai Hari Ini, Salah Satu Koran Favorit saya yang Hari Minggu ada 1 atau 2 Rubrik Terbaru, Sepertinya Dulu kan ada Rubrik Terbaru yang Berhubungan tentang Makan Durian di Jatim dalam Halaman "Belah Durian" di Bagian Halaman Jatim (Khusus Jawa Pos Pasaran Jatim), Rubrik Terbaru Ini (Edisi Minggu), Hampir Serupa Dengan Halaman Tanah Air (Sekitar 2010/11) dan Geliat Kota (Sekitar 2019/20) di Koran Kompas kemarin yang Berhubungan Dengan Kehidupan Kota dan Kabupaten Berbudaya di Indonesia. Ini Dia, Rubrik Ibu Kota Baru di Koran Jawa Pos.


Cover Koran Jawa Pos edisi Hari Ini (12/1/20) dengan Halaman Terbarunya.


Sebelumnya, 6 Edisi Menampilkan Teaser Bagi Rubrik Barunya, Namun Mulai Hari Ini, Koran Jawa Pos Edisi Minggu ada Yang Paling Terbaru, Yakni Ibu Kota Baru. Halaman Ini Mengenal Lebih Dekat Dengan Ibu Kota yang Baru Dipindah Sekian Lama Seperti Azerbaijan, Malaysia, Australia dan Brasil. Berhubungan Dengan Rencana Pindah Ibu Kota di Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur itu Sudah Bisa Direalisasikan sejak Agustus 2019 Seperti Malaysia yang Dipindah Pusat Pemerintahannya ke Putrajaya (Kota Kecil yang menjadi bagian dari KL-Selangor) tapi Bukan Ibu Kota (Kuala Lumpur Tetap Menjadi Ibu Kota Dari Dulu hingga Sekarang). Halaman Ini Mirip Dengan Halaman Tanah Air (2010-2018) dan Geliat Kota (2019-2020) di Koran Kompas (Salah Satu Nama Yang Muncul dan Disebutkan di Koran Jawa Pos Edisi Minggu Halaman 2 dan JP Radar Mojokerto Edisi Minggu Halaman 18-19 atau 22-23) Edisi Sabtu (Bagian Halaman 1 dan 11 atau 15) yang Berhubungan Dengan Kehidupan Berbudaya di Kota dan Kabupaten. Jadi Ingat Halaman Tanah Air di Koran Kompas yang Hadir 10 tahun lalu (2010) memberikan Impak Positif Kepada Para Pembacanya yang Menyaingi Nama Jawa Pos yang masih mendapatkan Penghargaan Terbesar seperti Super Brand (Waktu Itu 1-2 tahun sebelum Resmi jadi Koran Nomor 1). Halaman Tanah Air Memberikan Kearifan Nasional Indonesia untuk Membuat Kejayaan Bagi Negeri. 10 tahun yang Sekarang (2019/20), Kini Diganti dengan Geliat Kota di Halaman 1 dan 11 atau 15 Edisi Yang Sama di Koran Yang Sama, Karena Halaman Ini Untuk Memudahkan Panduan Seni dan Budaya atau Kondisi Besar atau Kecil di Kota dan Kabupaten di Seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua yang Diliput Sebagian Koresponden Koran yang Dimiliki Keluarga Besar KG (Kompas Gramedia) di Berbagai Daerah (Contoh: Agnes dari Surabaya Meliput Geliat Kota Kompas di Pamekasan Kemarin). Lumayan, Kalau Sudah Baca Tanah Air dan Geliat Kota di Koran yang Edisi Sabtu, Hampir Mirip Dengan Rubrik yang Terbaru di Salah Satu Koran Favorit di Edisi Minggu. Nah Ada Contohnya Koran Kompas edisi Sabtu 10 tahun lalu dan sekarang:


Contoh Koran Kompas Edisi Sabtu (10 Tahun Sebelumnya) yang Halaman Tanah Air (Lihatlah di Bagian Atas tapi ada Iklan KFC di bawahnya), Tepatnya edisi 13 Februari (2010)

Contoh Koran Kompas Edisi Sabtu (10 Tahun Sekarang) yang Halaman Geliat Kota (Lihat Kanan Bawah, Ga Ada Iklan Kecil Lo), Tepatnya edisi Kemarin (11/1) (2020)



Penasaran Kan Sama Koran Kompas yang Edisi Sabtu antara Tahun 2010 dan 2020? Ini Mesti anda Keingat Halaman ini di Edisi Kemarin Sabtu. Kembali Ke Koran Minggu yang Halaman Barunya, Halaman Ibu Kota Baru Ada Liputan Tentang Putrajaya di Malaysia dan Nur Sultan Kazakhstan. Tidak Hanya Itu, Ada Juga Halaman Terbaru di Bagian Jatim (Tapi Sudah Ada Sejak 6 Januari 2020) yakni Halaman Belah Durian dan di Bagian Halaman Rubrik JP For Her Masih ada Halaman Beauty atau Fashion (Jika Ada, Tapi Buat Minggu Depan atau Kapan Kapan di Hari Minggu), Halaman Saujana-Buku Masih Ada Tapi berpindah ke Halaman 2 (Jika ada Halaman Buku adanya di Koran Kompas edisi Sabtu dekatnya Konsultasi).

 Screenshot Halaman Ibu Kota Baru di Koran Jawa Pos (Pakai Kamera Oppo F1)

Ada Juga Halaman-Halaman Lain di Edisi Minggu dari Koran Jawa Pos (Tapi Mirip-Mirip dengan Koran Kompas Edisi Sabtu atau Minggu atau Harian Surya Edisi Minggu tahun 2010 alias 1 dekade lalu atau Penerusnya) Seperti Lingua, Cerita Minggu, Indepth (Internasional) (Sudah Menghilang), Ruang Putih, Senggang (Sketsa Mirip Dengan Om Pasikom di Koran Kompas Sabtu dan TTS Mirip Dengan TTS di Harian Surya Minggu tahun 2010), Tradisi & Budaya (Jatim), Lensa Minggu (Mirip Dengan Foto Pekan Ini di Koran Kompas Minggu yang 2010 atau 2020), Beauty di For Her (JP For Her), Fashion di For Her (JP For Her), Belah Durian (Selain Senin-Sabtu), Focus In Depth (JP Radar Mojokerto, Hari Lain Juga Ada Terutama Senin atau Penghulu Segala Hari aka Jumat), Obrolan Minggu (JP Radar Mojokerto), Selasar (JP Radar Mojokerto, Mirip Dengan Opini di Koran Kompas Senin-Sabtu 2010 atau 2020, Tribun Corner di Tribun Jateng Senin-Sabtu, HPS/Lapor di Tribun Jogja atau Surya Senin-Jumat/Sabtu 2020, Opini di Koran Lampung Post Tahun 2012-2014 Khusus Senin-Sabtu dan Opini/Editorial di Koran Media Indonesia Tahun 2019-20, Tapi Ada Nama-Nama Koran Lain yang Muncul dan Disebutkan (Sesuai Dengan Postingan Nama-Nama Koran yang Ada Peristiwa Besar-Besaran, Kadang di Website Ebooks Gramedia Kadang Tidak)), Serambi Budaya (JP Radar Mojokerto, Tapi Ada Nama-Nama Koran Lain yang Muncul dan Disebutkan (Sesuai Dengan Postingan Nama-Nama Koran yang Ada Peristiwa Besar-Besaran, Kadang di Website Ebooks Gramedia Kadang Tidak)), Mata Lensa (JP Radar Mojokerto), Rubrik Budaya (JP Radar Jombang), Tokoh (JP Radar Jombang, Mirip Dengan Halaman Persona di Harian Surya Minggu 2020 atau Sama Namanya di Koran Kompas Hari Sama 2010), Ruang Scripta (JP Radar Malang), Komunitas Muda (JP Radar Kediri, Mirip Dengan Halaman Muda di Koran Kompas Jumat 2010 atau Rabu 2020), Catatan (JP Radar Kediri atau Nganjuk), Pelayanan Publik (JP Radar Bromo, Mirip Opini di Harian Surya Senin-Sabtu 2010 atau HPS di Koran Yang Sama Senin-Jumat 2020) dan Cerpen-Puisi (JP Radar Bojonegoro). Selain Itu ada Rubrik-Rubrik di Koran Lain (Koran Kompas ato Koran Surya ato Koran Media Indonesia) tapi Masih Beda dan Sama Seperti Koran Jawa Pos Misalnya, Kata Kota, Info Sehat Klikdokter.com, TTS-Kartun, Gaya Hidup dan Hiburan di Koran Kompas, Travelling, Super Sport, Community, Persona dan Soccer News di Koran Surya dan Cerpen, Esai, Galeri Foto, TTS dan Metro TV di Koran Media Indonesia. Kuy Dapatkan Koran Jawa Pos Edisi Minggu yang ada Halaman Terbarunya Keles... Selamat Menikmati Koran Terbaru di Edisi Minggu yang Cerah...


NB: Halaman Ini Hanya Bertahan Bukan Setahun, Tapi Setengah Tahun dari edisi 12 Januari hingga 7 Juni 2020.

Update: Sejak Juni 2020, IKB (Ibu Kota Baru) Telah Berakhir, Sama Seperti Belah Durian yang Ekspedisi Mencari Durian di Jawa Timur dari 6 Januari hingga 5 April 2020.


Tidak ada komentar: