Minggu, April 12, 2020

Antara Opini (Koran Edisi Non-Minggu) dan Selasar (Koran Edisi Minggu)

Tadi Pagi Aku Sudah Baca Selasar di JP Radar Mojokerto Edisi Minggu, Soalnya Selasar Itu Mirip Mirip Dengan Halaman Opini di Koran Surya (Jaman Tulisan Merah yang Mirip dengan Warta Kota) tahun 2010 yang lalu atau Koran Kompas yang tahun 2010 lalu atau yang sekarang (2020) atau Juga Koran Sindo (aka Seputar Indonesia) yang 2010 lalu (1 dekade lalu), tepatnya Edisi Senin sampai Sabtu (Minggu Ga Ada). Sepertinya Halaman Ini adanya Puisi di Bagian Kiri atau Bawah Saja. Puisi di Radar Mojokerto Minggu Dipertahankan Karena yang Jawa Pos sama Kompas Sudah Dihapus Gara Gara Adanya Virus yang Sekarang Menjalar ke Seluruh Dunia sejak Awal 2020 (Pas Waktu Banjir di Jakarta). Mari Kita Perbandingan Kesamaan Opini di Koran Kompas/Surya/Sindo Edisi Senin-Sabtu dan Selasar di JP Radar Mojokerto Edisi Minggu.




OPINI (Koran Surya, Kompas dan Sindo (Seputar Indonesia))
Halaman Ini adanya Setiap Senin sampai Sabtu, Anda Bisa Menulis Opini Oleh Tokoh-Tokoh yang Ada dengan Pembahasan Masalah Sosial atau Politik atau Ekbis (Ekonomi Bisnis) maupun Lainnya yang Sesuai dengan Ceritanya Lewat 1 Koran. tak Hanya Itu, Ada Pula Surat Kepada Redaksi di Kompas atau Dari Pembaca/Warteg di Koran Surya (Sekarang Ga Ada di 2020, Diganti Dengan Lapor Cak! atau HPS). Tidak Ketinggalan, Tajuk Rencana Khusus Koran Kompas atau Suara Sang Mahasiswa di Koran Sindo (Seputar Indonesia). Halaman Ini ada di Edisi Senin hingga Sabtu untuk Koran Surya, Kompas dan Koran Sindo (Seputar Indonesia). sejak 2020, sudah tidak ada yang Koran Surya, tapi Masih ada di Koran Kompas dengan OPINInya dan Koran Sindo dengan OPINI juga. di Media Indonesia, terdapat juga Halaman Opini tahun 2010 (1 dekade lalu).





SELASAR (JP Radar Mojokerto Pakansi Edisi Minggu)
Halaman SELASAR ada di Halaman 14 JP Radar Mojokerto Edisi Minggu. Mirip Dengan OPINI di Koran yang diatas Tadi, Selasar Menampilkan OPINI, Info Buku dan Puisi. OPINI di Halaman SELASAR JP Radar Mojokerto Mirip dan Sama Seperti Opini di Koran Surya tahun 2010 (1 dekade lalu) waktu zaman Tulisan Merah yang Mirip dengan Warta Kota di Edisi Senin hingga Sabtu dan Koran Kompas tahun 2010 atau 2020 dari Edisi Senin hingga Sabtu. Tak Hanya Itu, ada Puisi dengan Setengah Halaman, Puisi di Selasar JPR Mojokerto seperti Kompas yang Puisi Setiap Minggu (sejak 2016 dipindah ke Hari Sabtu hingga 2020 karena berkurang jadi 16 Halaman). ada Pula, Nama-Nama Koran Lain yang Tulisannya Muncul dan Disebutkan (Beberapa Postingan Sempat Diposting Untuk Event Event atau Peristiwa Besar) baik di Puisi atau Opini/Info Buku (sama seperti Halaman Senggang di Jawa Pos Edisi Minggu). Yang OPINI di SELASAR JP Radar Mojokerto bakal Membesar dan Mendominasi Seperti Halaman OPINI di Koran Kompas tahun 2010 atau 2020, Koran Surya tahun 2010 (waktu Masih Tulisan Merah seperti Warta Kota) dan Koran Sindo (Seputar Indonesia) tahun 2010 dari Edisi Senin hingga Sabtu serta Media Indonesia tahun 2010 (1 dekade lalu) (yang Media Indonesia ada Suara Anda sm Koran Tempo ada Pendapat).




Tambahan : Koran Surya edisi Minggu tahun 2010/11 (Jaman Tulisan Merah) tidak ada Puisi atau Cerpen, tapi ada Berita-Berita Jawa Timur, Olahraga, Kuliner, TTS, Musik, Info Buku dan Tekno yang hadir Setiap Hari Minggu di Koran Surya, 1 Dekade Sekarang, Berubah, Ada Halaman Persona (Mirip dengan Tokoh di JPR Jombang), Travelling, Healthy Life, Super Sport, Soccer Star, Jawa Timur, Teaser Lipsus, Smart Traveller, Female, dll. Apalagi Edisi Akhir Pekan (Sabtu-Minggu).



Sebagai Bonus, Ini Dia Daftar Rubriknya yang Versi Akhir Pekan (Updated April 2020):

Jawa Pos
Sudut Pandang (Halaman 1 & 11/15 Edisi Sabtu)
His Choices (FH)
Date With (FH)
Hot Papa (FH)
Travelling (FH) (Digugurkan)
Info Kecantikan/Rumah Tangga
R Style (JPR Mojokerto)
Lingua (Halaman 1 & 15/19 Edisi Minggu)
Cerita Minggu
Ibu Kota Baru
Sketsa/Kartun (Mirip Dengan Halaman Kartun atau Om Pasikom di Koran Kompas Tahun 2010 dan Si Gundul di Tabloid Bola Tahun 2000 atau 2020) (adanya di Halaman IKB)
Ruang Putih
Senggang (Mirip Dengan Halaman yang dari Koran Kompas atau Pikiran Rakyat atau Media Indonesia atau Koran Tempo atau Koran Sindo (Seputar Indonesia) atau Koran Surya edisi Minggu tahun 2010 atau 2020)
Fashion (FH)
Beauty (FH)
Lensa (Mirip Dengan Halaman Foto Pekan Ini di Koran Kompas tahun 2010 dan 2020 atau Foto Pekan Ini di Koran Pikiran Rakyat tahun 2010 (1 Dekade Sebelum Distop), Fotografi di Koran Tempo tahun 2010 (5 tahun Sebelum Distop) atau Galeri Foto di Koran Sindo (Seputar Indonesia) edisi Minggu tahun 2010 (9 tahun Sebelum Distop))
Focus In Depth (JPR Mojokerto) (Mirip Dengan Lipsus di Koran Surya & Liputan Tematis di Koran Kompas Edisi Senin, Setiap Minggu Ada, Hari Lain Juga Ada Terutama Hari Penghulu Segala Hari)
Obrolan Minggu (JPR Mojokerto)
Selasar (JPR Mojokerto)
Serambi Budaya (JPR Mojokerto)
Mata Lensa (JPR Mojokerto)
Rubrik Budaya (JPR Jombang)
Rubrik Tokoh (JPR Jombang)
Ruang Scripta (JPR Malang)
Komunitas Muda (JPR Kediri)
Catatan (JPR Kediri/Nganjuk)
Cerpen-Puisi (JPR Bojonegoro)
Pelayanan Publik (JPR Bromo)
JP Metropolis Weekend (JP Metropolis)


Koran Kompas
Geliat Kota (Halaman 1 & 11/15)
Kolom Politik
Prime
Ceo 100 Forum
Profil Usaha
Konsultasi
Karir
Nusantara Bertutur
Kata Kota
Hiburan
Avontour
Ruang dan Design
Gaya Hidup
Ekspedisi Teh (Hari Minggu 2 Pekan)
TTS X Kartun


Koran Surya
Teaser Liputan Khusus
Liputan Khusus (Lipsus)
Female (Selain Senin-Jumat)
Travelling
Persona (Mirip Dengan Rubrik Tokoh di JP Radar Jombang)
Community
Super Ball (Selain Senin-Jumat)
Soccer Star
Super Sport
Sports/Soccer Hot News (Selain Senin-Jumat)
Bal Balan Cak (Selain Senin-Jumat)
Jatim (Selain Senin-Jumat)
Kediri Life (Selain Senin-Jumat)
Tunjungan/Malang Life (Dipisah Setiap Senin-Jumat, Digabungkan Setiap Sabtu dan Minggu)
Sidoarjo-Gresik-Mojokerto
Healthy Life
Smart Travellers
Gosipi (Selain Senin-Jumat)

Tidak ada komentar: