Minggu, Maret 12, 2023

Musik (Tiruan) : Album Terakhir Trio Kwek Kwek dan Pertama BIP 22 Tahun Lalu

Hari Minggu Ini, Aku jadi Baper Ternyata Gara Gara Sudah Mencukur dan Menanti Tumbuh Akibat Belum Bisa Mematuhi Keluargaku. Nantinya, Kalau Tumbuh, Kan Bisa Dipatuhi Keluarga Kami daripada Baper-Baperan. Yang Penting, Kita Tetap Membuat Postingan Blog Seperti Biasa. Pembahasan Kali Ini Kita Akan Mengulas Kembali 2 Album yang Beredar 22 Tahun Lalu, Zaman Saya masih di TK. Yuk Kita Simak, Supaya Ga Bikin Baper dan Menjadi Nostalgia yang Tak Terlupakan! Diadaptasi dari Postingan IG yang Tadi Dibuat.


Bis Sekolah (Trio Kwek Kwek) (Rilis : Februari 2001)

Trio Kwek Kwek Bis Sekolah

Ini Nih, Album yang Ditunggu-Tunggu Fans Trio Kwek Kwek terbayarkan. Setelah Katanya (1999) dan Kancil (2000), Kini di Tahun 2001, Trio Kwek Kwek Merilis Album Barunya berjudul Bis Sekolah. Album Terakhir Trio Kwek Kwek Sebelum Mereka Akhirnya Bubar karena Faktor Usia. Kelompok yang Beranggotakan Alfandy, Dea Ananda dan Leony VH Ini Memuat 12 lagu (kalau diinstagram Cuma 10 doang, Salah Tulis, Mohon Maaf yo). 2 Diantaranya Menjadi Hits Seperti Lagu Bis Sekolah dan Kuingat Masa Kecilku.



Di Video Klip Bis Sekolah, Bisa Kita Temui Sejumlah Artis-Artis besar yang Menjadi Bintang Video Klipnya, Seperti Alfandy, Dea, Leony, Saskia, Angie, Geofanny, Bertrand Antolin, Ferry Maryadi, Cindy Cenora, Kiki, Kevin, Karyn dan Safira. Bukan Hanya Itu, Video Klip Kuingat Masa Kecilku pun Menampilkan Footage 2 Video Klip lama dari Trio Kwek Kwek di masa 90an, baik lagu Rame Rame (1994) dan lagu Jangan Marah (1996). Kesemua Personil bisa Meningat Kembali ke Masa Kecilnya saat Masih jadi Populer. Kedua Video Klip Ini Propertinya dari Ideal Records yang Menaungi Trio Kwek Kwek. Album Ini Bersaing dengan Album Artis-Artis Cilik lainnya Seperti UIUAA/Makan-Minum milik Kiki, Jangan Tidur dari Joshua Suherman, Gembira Berkumpul dari Tasya Kamilla, dll. Saat Masih di Album Terakhirnya, Semua Personil Disibukkan Sendiri-Sendiri, mulai dari Alfandy dan Leony Tetap mengisi Acara Dunia Anak di SCTV sebagai Host bersama Kiki dan Angie dan Dea memandu Acara BETE yang dulunya disiarkan di ANTV kala itu. Di Album ini, (alm) Papa T Bob menyumbang 2 Lagu, diantaranya Bis Sekolah dan I Am Sorry dan Musiknya bukan Margo Sastra, melainkan Nawawi dan Joss Hokky. Sementara Yayuk hanya lagu Kuingat Masa Kecilku. Setelah Album Ini Beredar, Semuanya Dibubarkan, ada yang Masih Mengoleksi Dunia Sepakbola milik Leony dan ada yang Kini Menetap di Amerika Serikat untuk Alfandy. Meningat, Pada pertengahan 2007, Semua Anggota Trio Kwek Kwek diundang di Acara Ceriwis yang Disiarkan di Trans TV kala itu. Saat Itu Membahas tentang Nostalgia Trio Kwek Kwek yang Dirindukan para Fansnya. dan Perlu Diingat lagi, 2001 adalah Masa Jayanya Musik Anak Indonesia masih Naik Turun karena Faktor Popularitasnya, Seperti Joshua maupun Tasya yang Menghadirkan Albumnya. Dan sekedar mengingat, Bahwa Album ini sering Diiklankan di SCTV selama Acara Liputan 6 dan Dunia Anak. 


Turun dari Langit (BIP) (Rilis : November 2000)

BIP Turun dari Langit

BIP berawal dari Krisis Slank yang Memecat 3 Personil dari 2 dan Masuknya Ahmad Band bersama Bimo, Andra Ramadhan dan Ahmad Dhani. Kelompok Ini terdiri dari 3 Mantan Personil Slank, diantaranya Bongky, Indra Qadarsih dan Pay Burman. Ketiganya Mengadakan Reuni di Bandung dan Membentuk Bandnya Bernana "Saya Bekas Anak Slank (Sablenk)" dan Akhirnya Bekerjasama dengan Jaka dan Irang menjadi "BIP" yang Kepanjangannya Bongky-Indra-Pay. Gaya Musik pada BIP cenderung Mirip dengan Slank di Era Bongky-Indra-Pay jadi Personil bersama Kaka dan Bimbim. BIP Merilis Album Perdananya berjudul "Turun dari Langit" yang Beredar di akhir November 2000 atau Awal Ramadan 1421H. Memuat Lagu Andalannya semacam Skak Mat, 1000 Puisi, Turun dari Langit, dll. 


2 Lagu yang dijadikan Video Klip yang Disiarkan di TV Nasional ternama, Seperti lagu Skak Mat yang Menggambarkan Pertarungan Para Wayang dan Gatotkaca dan di Akhir Video, Menampilkan Orang yang Lagi Main Catur.


Sedangkan Video Musik lagu 1000 Puisi berisi Kegiatan Semua Personil BIP dan Menjadikannya Salah Satu Lagu yang Sering Muncul di TV sepanjang 2001.

Album Yang Diproduksi EMI Indonesia bersaing dengan Beberapa Album lain yang Beredar di Kisaran 2000-01, Seperti Ningrat milik Jamrud, Kisah Klasik untuk Masa Depan milik Sheila On 7, dll. Seperti yang Pernah Kita Bahas Sebelumnya. 

Kedua Album Ini, Bisa Membuatnya Kembali Bernostalgia ke tahun 2001, Agar Tidak Mau Baper Lagi... Perlu Diingat lagi, Bahwa, Beberapa Acara Musik di TV yang Sering Memutarkan Video Klipnya sepanjang 2001, Seperti Clear Top 10 Setiap Akhir Pekan di RCTI, Intro Setiap Selasa hingga Kamis di SCTV, Ampuh Setiap Sabtu di ANTV dan Lagu Anak Nusantara Setiap Hari di TVRI.

Jangan Lupa Besty, Baca Halaman Musik di Koran Jawa Pos Setiap Ahad! Semoga Halaman Musik di Jawa Pos Edisi Ahad Akan jadi Legacynya Majalah NewsMusic yang Dulunya Beredar dari tahun 2000 hingga 2002, Chart Clear Top 10 di Majalah Hai, Gadis, Kawanku dan NM, Chart Ampuh di Majalah Gadis, Kawanku, Aneka Yess dan Tabloid Fantasy dan Chart NewsMusik di Majalah yang Sama.


Tidak ada komentar: