Senin, April 01, 2024

28 Tahun TokTi Berkarir

Pembahasan Sebelumnya : KLIK DISINI

Hari Ini, Bertepatan dengan Hari ke 21 Ramadhan 1445H dan April Mop, Genap 28 Tahun TokTi berkarir. Awal Karir beliau adalah Ikut Lomba HMI tahun 1995 dan Layak Jadi Juara. dan Setahun berselang (1996), TokTi (sapaannya Datuk Siti Nurhaliza), Mulai Rilis Album Perdananya. Kemudian, di Tahun 1997, Rilis Album Kedua dan Ketiga. Yang Album Kedua saja, Kan Bisa Populer di Indonesia berkat Lagu Betapa ku cinta Padamu. 


Lalu, Setelahnya Merilis Album Menyintaimu Selamanya dengan Single utama "Purnama Merindu". 


Kemudian Rilis 2 album berbeda di 1999, Baik Album Seri Balas (Bersama Noraniza Idris) dan Panca Warna. Bahkan, Tampil Pertama Kalinya di Konser Tunggal Perdana pada Akhir Oktober 1999 Silam. di Tahun Millenium 2000, TokTi Merilis Album Sahmura. Kemudian di Awal 2001, Beliau Merilis Album SAFA dengan Single Utama yang Kerap Muncul di TV-TV Indonesia dan Malaysia, Yakni Percayalah. Kemudian, di Tahun 2002, Beliau Merilis Album Sanggar Mustika yang Memuat Hit "Nirmala" dan "Badarsila". 


Album ini Bukan hanya dirilis di Malaysia, Tapi bisa Dirilis di Indonesia dengan Penjualan yang Lumayan! Lalu, pada Tahun 2003 (Zaman saya Masih di Bangku SD Kelas 2), TokTi Kembali Rilis Album berjudul "E.M.A.S.", Album Favorit gue Sejak saya Masih di Kelas 2 SD ada Lagu unggulannya, Yakni Bukan Cinta Biasa. Album Ini dengan Penjualan Paling Tinggi se Indonesia sejak Beredar pada Agustus 2003 silam. Untuk Wilayah Malaysia, Rilis Duluan pada Maret/April 2003.


Tahun 2003-04, adalah Periode TokTi muncul di TV-TV Indonesia, kalau Indosiar ada Acara Spesial Hari Lebaran 2003, yang di Trans TV ada Konser Eksklusif (Selain yang Iwan Fals maupun Padi Reborn). 


Trans TV saja, Lebih Sering Datangkan TokTi daripada Too Phat ataupun Raihan. Bukan Hanya Rilisan Album Utama, Tapi Ada Album Spesial Hari Lebaran, Yakni "Anugerah Aidilfitri" yang Isinya Kumpulan Lagu-Lagu Lebaran ala TokTi. Dirilis pada Akhir Tahun 2003.


Tak Berani Berhenti Merilis Albumnya, Kini Beliau Merilis Album "Prasasti Seni" yang Menjadi Pertaruhan besar Nama TokTi yang Menjadi Tenar di Malaysia dan Indonesia. Dirilis Serentak di 2 Negara Serumpun (Malaysia dan Indonesia) pada Sekitar April/Mei 2004 (2 Dekade lalu) dan Bersaing dengan Album Element berjudul Dialog, Audy dengan Album 20-02 dan AFI 1 dengan Album Menuju Bintang. Lagu Andalannya adalah Seindah Biasa Ciptaan Pongky Barata. Selain Lagu Seindah Biasa, Pongky Pernah Menciptakan Lagu-Lagu lain Seperti Maaf, Setia, Aku Bukan Pilihan, dll. 


Lagu yang Aku Dengar zaman Saya masih di Bangku SD (Kelas 2 atau 3). Waw, Itu Hal Wajar sekali... dan di Tahun 2005-06, Banyak Kegiatan TokTi pun ada, dari Konser di London hingga Merilis Album Transkripsi. 


Album Transkripsi adalah Album Pertama dari Perusahaan Sendiri, Yakni Siti Nurhaliza Production dan Terakhir dari SRC. Hits Andalannya adalah Biarlah Rahsia. Setelahnya, Beliau Menikah dengan Datuk K pada Agustus 2006. Kemudian, Merilis Album lain dari 2007-2009, Yakni Hadiah Daripada Hati, Lentera Timur dan Tahajjud Cinta. Kemudian, Sekitar 2009/10, TokTi bersama Krisdayanti Merilis album CTDK dengan Hits Andalannya "Amarah". Lalu, Pada 2011, TokTi Rilis Album Pertama menggunakan Bahasa Inggris. Kemudian, pada 2014, TokTi kembali Rilis Album berjudul "Fragmen" Yang Menjadikan TokTi kembali Bangkit dan Bersinar. Ada Single andalan Seperti Lebih Indah hingga Seluruh Cinta (Bersama Cakra Khan). 


Pada Oktober dan November 2014 (1 Dekade lalu), TokTi kembali ke Indonesia demi Promosi Album tersebut. Walaupun Agendanya Terganggu dengan Awal-Awal Pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak Terpilih jadi Presiden di Pemilu 2014. Selanjutnya, Pada 2015, TokTi merilis Album lagi, Kali ini Menggunakan "Unplugged". Kemudian, pada 2016, Merilis Single Berganda, Seperti Hari Kemenangan dan Dirgahayu (Bersama Faizal Tahir). Pada 2017, TokTi merilis Album SimetriSiti dengan Single Utama, Kasih Kuinginkan (Bersama Judika). 


Setahun berselang (2018), TokTi Merilis lagu Kelahiran Anak Pertamanya, Berjudul Ting Ting Tang Ting (alias Comel Pipi Merah). 


Kemudian, pada 2018, Beliau Menjadi Juri Big Stages 2018 bersama Faizal Tahir dan Kembali Rilis Single, Berjudul "Anta Permana".


Selanjutnya, Pada 2019, TokTi Kembali Manggung di Indonesia lewat Konser Tur 2019. Kemudian, Menjadi Juri Lagi di Big Stages. dan Terakhir, Merilis Single berjudul "Terang". Pada 2020, TokTi kembali Rilis Album Berjudul "Manifestasiti" Dengan Lagu Utamanya, 7 Nasihat (Bersama Kmy Kmo dan Lucka Sicta) dan Aku Bidadari Syurgamu. 


Pada Tahun 2022, TokTi Kembali menjadi Juri lagi di Big Stages. dan Satu lagi Merilis Single berjudul "Lip Lap Raya".


Di Tahun 2023, TokTi Merilis Kembali Single bersama Grup/Musisi Indonesia, Yakni lagu Di ujung Hari bersama Ungu Band. 


dan Satu Lagi, TokTi kembali Merilis Album, Berjudul "SitiSm" Pada Tahun  lalu. 

Kini, 28 Tahun Sudah, Karir TokTi berkibar, baik Lagunya hingga Prestasinya, Seperti APM, AIM, Anugerah Era, dll. 

Semoga Kedepannya, Karir TokTi tetap terus Utuh... 

Tidak ada komentar: