Kamis, Juni 20, 2024

Kerinduan AFI 2 Dekade lalu... (Update)

Menuju Puncak, Gemilang Cahaya

Mengukir Cita, Seindah Asa...

Itulah Penggalan Salah satu Lirik dari Lagunya AFI (atau AF Malaysia) yang Fenomenal di Dekade 2000an. Kala itu, Ketika Saya masih di SD dari Bangku Kelas 2 hingga 5 Aku Suka dengan AFI. di AFI 1, Sudah Tayang pada Akhir 2003, Tepatnya sekitar Desember 2003 kalo ga salah. Peserta Pesertanya pun Paling Heboh bagi Pemirsa Seperti Veri Affandi, Kia Suban, Mawar, Ve Dewi Nazarina, Rini, Dicky H. Saputro, dll. Untuk Mendukung Bintang-Bintang AFI 1, Harus Kirim SMS dulu, Ketik AFI spasi Nama Peserta Favorit kirim ke 3977. Memang Diingat Deh! 

Setiap Hari dari Senin hingga Jumat ada Diari, Kilas Konser AFI 1 yang Tayang Setiap Minggu dan Konsernya disiarkan Langsung di Indosiar Setiap Sabtu Malam. di Grand Final yang Digelar pada 28 Februari 2 Dekade silam awalnya Dilangsungkan di Teater Tanah Airku TMII, tapi akhirnya Dilangsungkan di Istora Senayan! Aku Paling Ingat, Banyak Tokoh-Tokoh yang Jadi Penonton Grand Final ini Seperti Mendiang Rina Gunawan, Peggy Melati Sukma, Bertrand Antolin, Helmy Yahya sampai Andi Mallarangeng. Yang Paling Keren dalam Acara ini, Kan Meneriakan Yel-Yel Pendukung si Veri :

"Verinya 1 Pendukungnya Banyak"

Perkataan diatas Tadi Terinspirasi dari Iklan salah satu Bank terkenal (Sekarang jadi KB Bank) karena Menggunakan Kata "Kartunya 1 ATMnya Banyak". di Grand Final AFI 1, Veri membawakan Lagu Maaf dari Jikustik yang Dirilis pada 2000, Sedangkan Kia menyanyikan Lagu dari KLa Project yang Pernah Menguasai Chart pada 1992, Berjudul Tak Bisa Ke Lain Hati dan Mawar yang Membawakan Lagu Populer dari Malaysia di Tahun 1997, Yakni Betapa Kucinta Padamu milik Datuk Siti Nurhaliza. Sebenarnya Sih, Nama Tokti di Indonesia (plus Malaysia) masih jadi Populer Sepanjang Tahun Monyet 2004 (2 Dekade sekarang kan 2024 alias Tahunnya Naga). Veri Keluar sebagai Pemenang dan Dapat Mobil Avanza. Setelah Selesainya AFI 1, Kita berlanjut ke Konser Terakhir Pasca Grand Final, Yakni Konser AFI 1 Inagurasi. Selain Inagurasi, Indosiar menyiarkan Program Up Close and Personal Semua Bintang-Bintang AFI 1 dan Nantinya Kelak akan Muncul di VCD Bonus Album "Menuju Bintang" dari Sony Music yang Dirilis Awal April 2004. Album Menuju Bintang dari AFI 1 dirilis pada Akhir Maret/Awal April 2004 dengan Memuat 12 Lagu Seperti Harus Sampai Disini dari Kia Suban, Selamanya dari Veri Affandi, Pergi Begitu Saja dari Dicky Haryadi, Menuju Puncak dari Semua Bintang AFI 1, dll. Lagu Favoritnya ada Harus Sampai Disini dan Juga Menuju Puncak. 

Setelah AFI 1, AFI 2 Menyusul meskipun ada Konser Road Show Bintang-Bintang AFI 1 saat Promosi Albumnya. Diberi Judul "Konser Menuju Bintang". 








AFI 2 Peserta-Pesertanya Makin Keren dan Makin Jos, Ada Tia, Haikal, Micky, Adit, Nia, Cindy, dll. Pertama Kali Tayang Sekitar April 2 Dekade lalu kayaknya dan Berakhir pas Waktu Kampanye Pemilu Presiden 2004. Diari pun Juga ada, Selalu Seru Seperti AFI Jilid Sebelumnya.

Cara Voting Para Bintang-Bintang AFI 2 mirip dengan Vote SMS AFI Jilid Sebelumnya (Jilid 1). di Konser EClub, Adit jadi Favorit deh... di Grand Final AFI 2, Pak Wiranto dan Pak SBY ikut Hadir dalam Konsernya di JCC, Meskipun Dianggap Kampanye Terselubung disaat Menjelang Pemilu Presiden 2004 yang Berlangsung pada 5 Juli 2004. Veri dan Mawar pun Ikut Hadir dalam GF AFI 2 agar bisa Berpanggung dengan Teman-Teman lain dari AFI 1 dan AFI 2. Tayangan AFI 2 Grand Final mencatat Rekor membesar Dengan Rating dan Share Paling Tinggi di Dunia Pertelevisian Indonesia. Tia Merebut Juara dan Mendapatkan Hadiah Mobilnya. Ditengah Fenomenalnya AFI 1 dan AFI 2, VCD-VCD Bajakan pun Memangnya Dijual Karena Isinya Rekaman Acara AFI 1 dan AFI 2 yang Diserbu Para Pemirsa Setia AFI dan Indosiar. Tak Hanya itu, Judul Lagu Jingle AFI dimunculkan di Headline Rubrik Ole Piala Eropa 2004 dari Tabloid Bola Edisi 2 Juli 2004 silam Saat Menyambut Final Piala Eropa 2004 di Portugal (kala itu, Tim Yunani jadi Juara). Eh Tunggu, Konser Gabungan Bintang-Bintang AFI 1 dan AF Malaysia 2003 + Datuk Siti Nurhaliza digelar Sekitar Mei/Juni karena Nama Tokti masih Mempromosikan Album Prasasti Seni yang Dirilis di Tahun yang Sama. Untuk Albumnya, Diberi Nama "Melangkah Bersama" yang Melejitkan Hits Menuju Puncak dari Geng AFI 2 dan Adilkah Ini dari Tia. Ditengah Fenomenalnya AFI, Ada Poster sama Perangko Prisma yang Menjadi Incaran bagi Fans Setia AFI dan Indosiar. 

Masuknya AFI 3 dan AFI Junior Memang Tak pernah Lepas. di AFI 3, ada Banyak Bintang-Bintang Terbaik yang Pernah ada Seperti Trio Alvin, Leo dan Putu Sutha serta di Kubu AFI Junior ada Bocah-Bocah yang Ikut Bertarung Seperti Samuel, Albert, Damai, Tata, dll. Mengirimkan Dukungan ke Bintang-Bintang AFI 3/Junior Sama Saja seperti AFI 1 dan 2 berupa SMS. Oh Ya, Diari sampai Konsernya Semestinya dari Awal Juli hingga Awal Oktober 2004. dan disaat Pemilu Presiden 2004 Putaran Kedua pada 20 September 2004 pasti Terganggu dengan Kegiatan Semua Bintang-Bintang AFI 3 baik di Diari dan Konser Eliminasi Mingguan sebelum Grand Final (Termasuk EClub). Semua Bintang-Bintang AFI 3, Pasti Netral dan Tidak bisa Berpihak Kepada Dukungan Megawati atau SBY (Sama Seperti Mendiang Abah Guru Sekumpul yang Netral). 

di Grand Final AFI 3 yang Digelar pada 9 Oktober 2004 (11 Hari Jelang SBY-JK Dilantik dan 6 Hari Jelang Ramadhan 1425H) di JCC ditaburi Semua Bintang-Bintang AFI 1, AFI 2, AFI 3 dan AFI Junior. Tak Cuma itu, Tabloid Gaul memang Melekat sama AFI karena ada Artikel dan Poster para Bintang-Bintang AFI yang Cantik dan Ganteng semacam Veri, Mawar, Micky, Haikal, Adit, Nia, Tia, Sutha, dll. Selain itu, Teman-Teman AFI 1 membintangi Sinetron Menuju Puncak yang Ada Ostnya Semacam Lagu Selayang Pandang dari Veri dan Selalu ada Jalan dari Bintang Bintang AFI 1 ditambah lagi ada Konser Road Show Melangkah Bersama untuk Bintang-Bintang AFI 2. 








Setelah Selesainya AFI 1 hingga AFI 3, Sony Music Gencarkan Rilis Album The Best of AFI yang Isinya Lagu-Lagu dari Semua Bintang-Bintang AFI dari 1 hingga 3. Sedangkan, Para Bintang-Bintang AFI 1-3 yang Beragama Islam, Tampil lewat Acara Spesial Ramadhan 1425H/2004M, berjudul "Pondok AFI" yang Disiarkan Setiap Hari jam 2.00 Dinihari di Indosiar dan Bersaing dengan Sejumlah Acara-Acara TV Sahur lain Seperti Sahur Kita di SCTV yang Dipandu Eko Patrio dan Ulfa Dwiyanti, Sabar yang disiarkan Langsung di RCTI, Yuk Sahur/Bangun Yuk yang ditayangkan di Trans TV, Campur Campur Edisi Sahur di ANTV, Sahur dong Sahur di TPI (kini MNC TV), Tafsir al Misbah di Metro TV, Salam Sahur di TV7 (kini Trans 7), Gerebek Sahur di Lativi (kini TV One) dan MTV Non Stop Hits Ramadhan di GTV. Bukan Hanya Itu, Geng AFI 1-3 yang Beragama Islam tampil juga lewat Acara Tausiah Singkat Jelang Berbuka yakni Buka Kalbu dan Adzan Maghrib/Subuh di Indosiar. di Hari Lebaran pula, Indosiar Tayangkan Kembali Grand Final AFI 1 dan AFI 2 pada Hari Kedua Lebaran, Tepatnya pada 15 November 2004 silam. Sehari Sebelumnya, Menayangkan Acara Spesial Lebaran dalam Musikal. Jika Saat Hari Kemerdekaan RI ke 59 (kala itu) ada Musikal Kemerdekaan Ala AFI, Maka di Hari Lebaran 1425H/2004M ada Musikal juga Ala AFI. Sepanjang 2004, Banyak Sekali Bintang Bintang AFI menjadi Bintang Iklan Semacam Indomie atau Hore. Oh Ya, Satu lagi, Semua Bintang Bintang AFI 1 dan 2 Muncul dalam Film "Fantasi" yang Diputar pada 2005 silam.



Setahun Berikutnya, Berlanjut ke AFI 2005. Bintang-Bintangnya yang Tak Kalah keren ada Bojes, Indri, Ade, Tiwi, Tika, dll. Oh ya, Ada 1 Peserta yang Berprofesi sebagai Dokter (Paling Ingat), ya Dr. Yongki. Aku Inget pas Saya Naik Kelas dari 3 ke 4 dan Sejak Sehabis gue Sunatan, Aku Bisa Dapatkan Tabloid Gaul Edisi Juni/Juli 2005, Soalnya ada Buklet Info Bintang-Bintang AFI 2005. Diari dan Konsernya Tetap Ok Seperti Jilid-Jilid Sebelumnya. Awal Pertarungan, Ada Konser Hip dan Hop dimana, Calon Bintang AFI 2005 akan Bertarung Habis-Habisan Rebut 12 Peserta di Konser Eliminasi dan Grand Final kelak. 

Untuk Konser dari Eliminasi sampai Grand Final ada 2 Tempat, Seperti JITEC Mangga Dua Square dan Istora Senayan. Awalnya Konser AFI 2005 ada di Sabtu, Tapi Akhirnya Berpindah ke Hari Minggu (Gue Inget jadinya). Oh Ya, Geng AFI 2005 juga Jadi Bintang Iklan Pop Ice yang Aku Ingat pas Waktu di Bangku SD kala itu (Sekitar 2005/06 kalau tidak salah). Oh Ya, AFI 2005 Ada Albumnya Berjudul "Funtastic" Tapi Kalah sama Album Alexandria dari Peterpan Kalo ga Salah. Artis Artis AFI 1 sampai 4 jadi Bintang FTV Indosiar sepanjang 2005-06, Ada Rocker Gitu lho sampai TTTM. Bukan Hanya Bintang-Bintang AFI, tapi Artis-Artis KondangIn juga Ikut Main FTV. Sedangkan, AFI 2006 jadi AFI yang Terakhir di Dekade 2000an. dan Satu lagi, Kalau Memenangkan AFI 2006, bisa terbang ke Las Vegas! Pasti Diingat kan... Peserta-Pesertanya pun Ada Seperti Widi, Mega, Andy, dll. Program AFI 2006 pun Bersaing dengan Piala Dunia 2006 yang Disiarkan Langsung di SCTV. Kala itu saya Masih di Bangku Kelas 4 dan 5 SD kalau ga salah, Zamannya Radja vs Ungu atau Letto vs Nidji ya? Aduh bingung Band Favorit gue... di Tabloid Gaul pun ada Foto-Foto Bintang AFI 2006 yang Posenya Cantik dan Ganteng, ada Takeda yang Paling Inget Pake Baju Merah dan Arin Wolayan yang Mengenakan Tank Top Putih yang Bikin Cantik dan Pandegling! Foto-Foto tersebut juga Tertampang di Layar Indosiar pas Iklan. Coba anda Lihat Videonya :

Namun Sayangnya, pada Akhir Tayangan AFI 2006, AFI tak Lagi Hadir, Sedih sekali... Tidak ada Lagi Koper-Koperan yang identik dengan Peserta yang Tereliminasi dan tak ada Lagi nama Trie Utami yang Jadi Juri Aslinya AFI ditambah Tamam Hussein yang Menjadi Bosnya AFI kini sudah tiada... di Tahun 2008, AFI Junior Sempat Comeback dan Teuku Rizky (Pentolannya TBA) jadi Juara. dan di Tahun 2013, AFI Kembali ke Rumah Lamanya, dengan Nama "New AFI 2013" dan Bertahan hingga Awal 2014 sebelum Menyerangnya "D'Academy" atau "Liga Dangdut Indonesia" yang Sangat keren sampai Saat ini. Pemenangnya adalah Stefany kayaknya. Oh ya, Ada Sebagian Bintang Bintang AFI pun Sempat Menjajal di Dunia Musik, Seperti Tika dan Tiwi lewat "T2" yang Melejitkan Lagu Ok pada 2007, Oly jadi Pentolannya "Winner" Band yang Melejitkan Lagu Pusing dan Widi masuk Bandnya "Hello Band" Lewat Hits Single andalan "Ular Berbisa" pada 2008. 



dan disaat ini, 12 Bintang AFI 1 membentuk Kelompok "12 Sahabat" dan Sempat dibuat Akunnya Melalui YouTube. Ditambah Semua Bintang Bintang AFI dari Jilid 1 hingga 6 menggelar Reuni Akbar "Menuju Puncak" pada Agustus 2022 silam yang Mengundang Host, Komentator Juri dan Para Pengajar dari Acara AFI yang Berkibar di Era 2000an. Oh Ya, Nama Dr. Yongki (Mantan Bintang AFI 2005) pun Masih Bertugas jadi Dokter di Kota Gudeg (Jogjakarta). 

Bukan Hanya di Indonesia dengan AFInya, Tapi di Malaysia, AFI (Akademi Fantasi Indosiar) dikenal Sebagai AF (Akademi Fantasia) Yang kala itu Disiarkan di Astro dari Tahun 2003 hingga 2016. Banyak Sekali Para Bintang-Bintang langsung jadi Populer Semacam Adifashla, Khai, Rosma, Nana Mahazan, Vince Chong, Linda Nanuwil, Zahid Baharuddin, Kaer Azami, Bob Yusof, Amylea, Marsha Milan Londoh, Mawi, Haziq Rosebi, Mila Jirin, Ebi, Dafi Ismail Sabri, Aizat Amdan, Heliza Helmi, Nubhan, Nadia Hasnan, Stacy Anam (The Hardest Singing Show), Akim Ahmad, Hafiz Suip, Aril Pilus, Zizi Kirana (The Hardest Singing Show), Shahir Zawawi, Adira Suhaimi, Amir Jahari, Ayda Jebat (The Hardest Singing Show), Hazama Azmi, Erul Samah, Azhar Osman, Nabila Razali, Amira Othman, Aisyah Azis, Hael Husaini, Firman, Nina Nadira, Aman Aziz, Muna Shahirah, Syamel (Suaminya Ernie Zakri), Ara Johari, Isyariana, Fiza Thomas dan Tentunya Amir Masdi. Beneran nih, Acara AF emang Aslinya Astro sebelum Eranya The Hardest Singing Show dan Projek Bapak-Bapak Menyerang saat ini. Presenternya Pasti Datuk Aznil Hj. Nawawi (kalau di Indonesia dipandu Sama Adi Nugroho). Bukan Hanya Pak Nil, Tapi ada DAC, Che Puan Sarimah Ibrahim, Jimmy Shanley, Zizan Razak, Hefny Sahad dan Terakhir Faizal Ismail yang Pernah Memandu Acara AF dari Diari sampai Konser, Mantap. Kini, AF udah Tidak ada Lagi... Tapi Sekarang sudah Zaman THSS sama PBB yang Tayang di Astro Saat ini. 


Update :

Tulisan dalam Blog ini Sudah Direvisi.


Update (lagi) :

Lagi-Lagi Tulisan ini Direvisi, Soalnya Venue Grand Final AFI 2 Bukan digelar di Istora Senayan, Melainkan JCC Jakarta. 


Update (lagi) :

Lagi-lagi Tulisan ini Direvisi untuk Kali Ketiga, kan Tambahkan Dr. Yongki kayaknya. Awalnya adalah Bintang AFI 2005 dari Jogjakarta, Tapi Kini sudah jadi Pak Dokter. 


Update (lagi) :

Tulisan ini Direvisi Kembali lagi. Kan Cuman Sedikit deh! Oh ya, Juga Melakukan Revisi Terus Menerus dengan Penambahan Tulisannya di Blogku. 


Update (lagi) :

Direvisi lagi di Weekend ini. 


Update (lagi) :

Kembali Direvisi lagi, Soalnya Ada Tambahan Kata. 


Update (lagi) :

Direvisi lagi, Ada Penambahan Video lama. 


Update (lagi) :

Kembali Direvisi, Semestinya Ada Penambahan Video-Video yang Ada Kayak Konser AFI 1 dan 2 Road Show ke Kota-Kota 2 Dekade lalu.

Tidak ada komentar: