Rabu, Februari 01, 2023

Koran Kompas Peraih Adam Malik Awards sebanyak 7 Kali dan Buku Aldera dari Buku Kompas (By Product) Cetak Jumlah Penjualannya Fantastis, Meniru yang Lama Kah? (Update)

Hari Ini Sudah Masuk Februari, Soalnya Masih dalam Keprihatinan dan Kebaperan Kemarin. Nah, Sekarang Kita Mau Buat Blog Tentang Kompas Peraih Banyak Adam Malik Awards 7x dan Buku Aldera. Sama Seperti Pembahasan Sebelumnya : Klik Disini dan Klik Disini


Sejak Edisi 2016 hingga 2023 (kecuali 2020), Kompas Meraih Penghargaan Besar dari Kemenlu, Adam Malik Awards Sebanyak 7 Kali Berturut-Turut di Kategori Media Cetak. Mulai dari Tahun 2016, 2017, 2018, 2019, 2021, 2022 dan 2023. Untuk Tahun 2020 Tidak Diterima, Tapi ada Koran Sebelah, Republika Sebagai Penggantinya. Tidak Hanya Itu, Penerbit Buku Kompas (By Productnya Kompas Koran dan Website Kompas.id) Menerbitkan Buku Aldera : Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999 Meraih Penjualan yang Fantastis mencapai lebih dari 100 Ribu Eksemplar dalam waktu kurang dari 4 Bulan, Bahkan Meraih Rekor Muri atas Pencapaiannya. Walaupun Prestasinya Menjadi Lebih Stagnan, Maka Bisa Bisa Mendulang Sukses Zaman Tabloid BolaSoccer dan Majalah Hai Masih Beredar pada suatu saat dulu. Tabloid Bola dengan By Productnya yang Dibawah Naungan Bola Sports-Health Media seperti Buku Bola, BolaVaganza, Bola Edisi Poster, Raket dan Tabloid Senior Gaya Hidup Sehat. Walaupun, Tabloid Bola berada di Puncak Kepopulerannya Sebagai Media Cetak yang Dianggap Kitab Sucinya Sepakbola dan Olahraga. Hari Selasa dan Jumat adalah Waktu Edarnya Bola di Berbagai Kota se-Indonesia, dengan Harga yang Makin Terjangkau! Sampul-Sampulnya Tak Terlupakan ada Banyak Bintang-Bintang Olahraga Dunia maupun Indonesia seperti Gabriel Batistuta, Fransesco Totti, David Beckham, Zinedine Zidane, Ronaldo, Roberto Baggio, Alessandro Nesta, Del Piero, Kurniawan DW, Ronaldinho, Kaka, Ade Rai, Susi Susanti, Alan Budikusuma, Michael Owen, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, (alm) Kobe Bryant, Oliver Kahn, Bierhoff, Sheva, Luis Figo, Rexy Mainaky, Ricky Soebagdja, Vieri, Henry, Overmars, Bergkamp, Oscar De La Hoya, Wayne Rooney dan Hidetoshi Nakata. Banyak Nama-Nama itu Menjadi Legenda buat Pembaca, Apalagi Rindu Sama Para Bintang-Bintang Lama yang Berkutat di Dunia Olahraga Seperti Ini. Tak Cuma Itu, ada Tulisan dari 3 Jurnalis maupun Non Jurnalis yang jadi Kolumnisnya, mulai dari Rob Hughes dari London, Rayana Djakasuria dari Roma dan Tentunya, Rano Karno alias Si Doel saat Momen Piala Dunia (Mirip dengan Sindhunata (Mantan Jurnalis Kompas 1970an hingga 2010an), Jusuf Kalla (Mantan Wapres RI 2004-2009 dan 2014-2019) dan Suryopratomo (Mantan Anggota Dewan Redaksi MGN) Muncul di Koran Kompas sebagai Penulis Opini atau Kolom). Bukan Hanya Itu Juga, Nama Tabloid Bola Kerap Muncul di Layar TV, Apalagi Muncul di Segmen Lintas Media dari Nuansa Pagi (1993-2003) (Sekarang Seputar iNews Pagi) Setiap Selasa dan Jumat (bersama Majalah Sportif dan Tabloid Go). Tak Hanya Itu Juga, Ada Iklannya di TV dengan Menampilkan Si Gundul, Ikon Tabloid Bola.


Selain Itu ada Hai dan Soccer. Kalau Majalah Hai Berisikan Info Film, Musik, Olahraga, dll. Sebagai Menu Utama dan Ada Pin-Up serta Chart Lagu Terbaik. Untuk By Productnya, ada Majalah Hai Soccer (Contoh Panduan Piala Dunia 1998), Hai Klip (Contoh Mengenal Slank/Dewa19) dan Hai Stars. Adapula, Tabloid Soccer yang Identik dengan Edisi Khusus dan Poster Bintangnya. Beli Tabloid Soccer dengan Harga Terjangkau, Bisa dapat Bonus Poster Bintang-Bintang Sepakbola Dunia.



Tapi Sekarang, Sudah Tak Ada Lagi, dan Kini Berpindah Haluan ke Koran Kompas sejak Tampilan Diganti 5 tahun Lalu. Dimana, Kompas Bisa Mengubah ke Digital lewat Kompas.id ada Epaper, Tutur Visual, Berita Terkini dan Lainnya. Tidak Hanya Itu, Prestasi Sepanjang Millestone 2022-23 pun Banyak yang Tercapai, Mulai dari IPMA 2022, Wow Brand Awards 2022, dll. Selain Itu, Nama Kompas Memang Sering Muncul Tulisannya yang Dicantumkan di Koran Jawa Pos Radar Mojokerto Setiap Minggu di Halaman 7 (Cerpen dan Puisi, bersama (alm) Republika, dkk.), Dimana Nama Cerpenis di Koran Ini pun Pernah Membuat Cerpen-Cerpen di Berbagai Koran Nasional dan Lokal. Adapula Iklannya di Beberapa TV Nasional, Mengulang Memori 2002-03 dimana Iklan Itu Diputar juga di Banyak TV Nasional maupun di Berbagai Radio Lokal.


Kehebatan Koran Kompas sepanjang 2022 sampai 2023 bisa Berkaca Pada Kejayaan Tabloid Bola di Dekade 90an dan 2000an. Jika Dulu Ada Tabloid Bola yang Muncul di Acara Nuansa Pagi Segmen Lintas Media dari era 90an hingga 2000an awal Setiap Selasa dan Jumat (Hari Beredar), Tapi Sekarang, Sudah Ada Kompas yang Muncul di Halaman 7 Koran Jawa Pos Radar Mojokerto Setiap Minggu maupun Jawa Pos di Periode 2021-2023. Entah Kenapa, Nama Jawa Pos Mencantumkan Tulisan Brand Koran Lain? Ini cuma Kompetitor! dan Semoga Saja, Targetnya Pasti Tercapai dan Meniru yang Lama di 2023. Yuk Baca Koran Kompas Hari Ini, Bisa #Menjadilebih Berkelanjutan dan Berkualitas Sejak lebih dari 57 tahun Terakhir.

Tidak ada komentar: