Minggu, November 12, 2023

Radio Hot FM Malaysia Nomor 1 di Malaysia Seperti Majalah Liga Italia Nomor 1 di Indonesia di Masa Silam? (Update)

Hari Ini, Bertepatan Dengan Hari Puncak Balapan MotoGP di Sirkuit Sepang yang Berlangsung Nanti Siang (Merujuk Pada Jadwal Trans 7 Hari Ini di Koran Kompas Edisi Hari Ini). Yuk Kita Nulis Blog Saya ya... Sebenarnya, Blog Ini Diadaptasi dari Postingan IG yang Baru Saja Dikirim Tadi Pagi. Pembahasan Sebelumnya Bisa Klik : Link 1 dan Link 2


Kita Kembali ke Masa Silam, Saat Itu Zaman Majalah-Majalah Masih Dipasaran dengan Format Analog bukan Digital. di Era 90an-2000an Tentu Tak Asing lagi dengan Boomingnya Liga Italia di TV dan di Media-Media Lainnya, Apalagi Media Cetak-Media Cetak yang Marak dengan Geliat Liga Italia, Inggris, NBA dan F1 dimasanya (Jauh Sebelum K Pop dan Bintang-Bintang Negeri Jiran Menyerang), Nah Anda Tahu Nama-Nama Media Cetaknya, Sebut Saja Tabloid Bola, Go, Libero, Soccer, Majalah Sportif, dll. Salah Satunya yang Paling Tepat Mengulas Sepakbola dari Negeri Pizza adalah Majalah Liga Italia! Majalah Liga Italia adalah Sebuah Majalah Sepakbola yang Terbit dari Tahun 1998 hingga 2005. Dikomandoi Para Jurnalis-Jurnalisnya Seperti Entong Nursanto, Ronny Pangemanan, Jan Nabut, dll. Selain Liga Italia, Majalah Liga Inggris juga Tidak Ketinggalan Sebagai Adiknya yang Terbit dari Tahun 1999 sampai 2001 dan Majalah Planet Football yang Terbit dari Tahun 2001 sampai 2002. Meningat, Majalah Ini Diadaptasi dari Salah satu Acara TV legendaris dari RCTI pada era 90an hingga 2000an. Bicara Soal Majalah, Media Internasional dari Italia pun Ikut Berkolaborasi, Baik Football Italia dan Guerin Sportivo. Harganya Cuma Rp. 20.000,-dan Menjadikan Sebagai Media Cetak Favorit Para Tifosi Serie A di Indonesia di era 90an-2000an selain Tabloid Bola. Isinya Bermacam-Macam ada Rubrik Fokus, Italiana, Laporan Utama, Profil Bintang, Profil Klub, Bintang Tempo Doeloe, Prediksi, Azzurri, Coppa Italia, UCL, UEL (dulunya UEFA Cup), Cerber Namaku Diego dan Data-Agenda. Paling Berkesan diingatan ada Rubrik Data-Agenda yang ada Hasil dan Jadwal Pertandingannya Termasuk Klasemen baik Serie A dan Serie B. Pemain-Pemain pun Paling diingat di Majalah Ini ada Ronaldo, Zinedine Zidane, Francesco Totti, Gianluca Zambrotta, Adriano, Herman Crespo, Andriy Shevchenko, Roberto Baggio, Andrea Pirlo, Christian Vieri, Paolo Maldini, Filippo Inzaghi, Simone Inzaghi, Damiano Tomassi, Hidetoshi Nakata, Del Piero, Rui Costa, Rivaldo, Gianluigi Buffon, Francesco Toldo, dll. (Sebelum Bintang-Bintang K Pop di Koran Jawa Pos Edisi Minggu/Media Online dan Bintang-Bintang Negeri Jiran di Media Sosial/Internet Menyerang).


Sampul Majalah Liga Italia Edisi Desember 1999


Bukan Hanya Itu, Ada Juga Rubrik RCTI yang Menyajikan Info Tayangan Liga Italia yang disiarkan di Stasiun TV yang Dimiliki Oleh Ketua Umum Perindo Tersebut. Kala Itu, RCTI menjadi Official Broadcaster Serie A dari tahun 1989-2002, 2009-10 dan 2019-2022. Tak Cuma Itu, Logo RCTI pun Ditampang di Sampul Depan Majalah Ini dari Edisi Februari 1999 (Sampul Pemain Parma) hingga Edisi 24 Juli-4 Agustus 2002. Selain Itu, Majalah Liga Italia bekerjasama dengan RCTI Mengadakan Program Perbincangan Sepakbola Italia Setiap Senin Dini Hari pada Musim 1999-2000, Telekuis Siaran Langsung Serie A Sepanjang musim 2000-01 dan 2001-02, Program Highlight Serie A yang Dipandu Wulan Guritno, Dik Doank, Tamara Geraldine dan Gilbert Patiruhu, Kuis Tour ke Italia 2000-01 pada September 2000-Awal 2001 dan Kuis HUT ke 3 berhadiah Ke Italia bersama Dik Doank dan Wulan Guritno pada Januari-September 2002. Seingat Saya, di Waktu Kecil Dulu, Majalah Tersebut Sering Muncul di Tayangan Serie A di RCTI tapi hampir Tertarik untuk Mendapatkannya. dan Akhirnya Dibeli sama Mami/Papiku. Hebat Besty. Lalu, Sejak 2002, RCTI tidak lagi ditampang di Majalah Ini karena Sudah Habis Kontrak Penayangan Serie A dan Terpaksa diganti sama SCTV dan TPI (kini MNC TV) yang Menyiarkannya Sepanjang 2002-03. Saat Saya masih di Bangku SD kelas 1, Kan TPI muncul Logonya di Majalah Ini sejak Sekitar September 2002 sampai Juni 2003 kalau tidak salah. Terdapat Juga ada Iklan Program Serie A musim 2002-03. Paling Diingat, Pas Ada Live Serie A ada Majalahnya Saat ada Pertandingan-Pertandingan yang Berlangsung. Selain 2 Logo TV yang Ditampang, Terdapat Juga Bonus Poster dan Stikernya Termasuk Menerbitkan Edisi Khususnya Semacam Panduan Serie A hingga UCL 2001/02 (berkolaborasi dengan Majalah Planet Football). dan Pada Pertengahan 2003, Logo TPI sudah dihapus dan Tak Lagi Menyiarkan Serie A di Musim 2003-04, jadinya Majalah Ini Tak Ada Lagi Logo TV yang Menyiarkan Serie A. Majalah Liga Italia Memang Menjadi Majalah Nomor 1 di Indonesia Menurut Survey Nielsen dan Selama Bertahun-tahun. Selain Majalah Liga Italia yang Majalah Nomor 1, Tabloid Bola juga Masih Nomor 1 Karena Menjadi Tabloid yang Paling Disegani se-Indonesia Menurut Nielsen 2000-2002. Faktor Penyebab Majalah Nomor 1 adalah Dibilang "Langsung dari Italia" yang Semuanya Laporan Langsung di Negeri Pizza dan Banyak Penjualannya di Pasaran Bebas. Majalah Ini Berhenti Terbit pada 2005 dan Beralih ke Harian Top Skor yang Terbit dari 2005 hingga 2020.


Zaman Sekarang, Sudah Berubah, Tak Ada Lagi Majalah, Kini, Giliran Radio Malaysia Hot FM menjadi Radio Nomor 1 di Malaysia Menurut Nielsen 2022-23. Kenapa Radio Nomor 1 di Malaysia? Karena Radio yang Dimiliki MPB ini Mampu Menggulingkan Nama Radio Lain, Seperti Radio ERA Malaysia yang Dulunya Nomor 1.

Hot FM Radio Nomor 1 di Malaysia


Sebenarnya, Sudah Dikenali Masyarakat di Malaysia maupun di Berbagai Negara Lain di ASEAN seperti Singapura, Brunei dan Indonesia yang Suka Menyimak Hot FM dari Waktu ke Waktu. Gara Gara Kehebatan Ini, Ada Banyak Inovasi yang Dicapai, Seperti Munculnya Aidilfikri (AI) di HotFlix bersama Ayu, Masuknya Mantan Menpora Malaysia era 2013-2018 Khairy Jamaludin ke Hot FM, Masuknya Aisha Mazlin ke Hot FM juga Setelah Menjuarai Fizi Ali Cari Jodoh 2022-23, Sejuta Subscribers Youtube Hot TV (Dejavu Youtube Radio ERA sampai Sejuta pada 2021 lalu) dan Piknik Bekpes Hot 2023 yang Berlangsung di Agustus lalu. Tagline pada Radio Ini awalnya "Lebih Hangat daripada Biasa" dan "Yang Hangat dan Terbaik", Kini, Hot FM memiliki Jargon Saat Ini "Stesen Radio Nombor 1 Malaysia". Buktinya, Konsistensi Hot FM tetap Fokus Memutarkan Lagu-Lagu Terkenal dari Era 80an hingga Saat Ini. Penyiar-Penyiarnya Pun Melekat di Telinga Orang Malaysia dan Indonesia, Seperti Ag, Fara Fauzana, Johan, dll. Keren Kan.

Ini Dimungkinkan, Radio Malaysia yang Hot FM jadi Nomor 1 bisa Ditakdirkan Seperti Majalah Liga Italia yang Majalah Nomor 1 di Indonesia di Masa Silam. dan Suatu Saat Nanti, Koran Kompas Kemungkinan Bisa jadi Koran Nomor 1 di Indonesia. Insya Allah... Kita Tunggu Ya...

Tidak ada komentar: