Kamis, Maret 21, 2024

Memori Iklan Kampanye Pemilu dari Waktu ke Waktu (Update)

Hari Ini, Aku Akan Membuat Blog Lagi di Hari Kamis, Soalnya Kemarin Ada Pengumuman Rekapitulasi Terakhir alias Rekapitulasi Puncak Pemilu 2024, Dimana, Capres Nomor 2 Prabowo dan Gibran Meraup Suara Tertinggi se Indonesia Mengalahkan Capres Nomor 1 dan 3. Yuk Kita Simak Kembali Kenangan Iklan Kampanye yang Biasanya Muncul di TV, Radio dan Juga di Koran-Koran dari 1999 sampai 2024. Sebelumnya, Ada Postingan yang Dibuat 2 Hari Jelang Rapat Umum 2024, Tapi, Sekarang Udah Dihapus... dan Akhirnya, Kita buat yang baru Sebagai Pengganti yang Lama karena Dihapus. Ini Kan Move On dari Panggung Pemilu 2024.


Pemilu 1999

Iklan PDI Perjuangan yang Diingat Cuma Ada Jargonnya "Ingat, Perjuangan Kita Sudah Bulat!" di Media Cetak dan di TV ada Versi Cara Coblosannya di Surat Suara. Kalau Partai Golkar Sih, ada yang Versi Bersatu Untuk Maju yang Lebih Seru ada Warga Indonesia Memegang Bendera Indonesia yang Paling Panjang sama Patung Pancasila di Kala Hujan dan Cuaca Cerah dan Satu Lagi, Ada Iklan yang Versi Cara Coblos di Surat Suara. PKB kan Iklannya Cuman Mendiang Mattori Abdul Djalil yang Mengancungkan 2 Jari Berbentuk Huruf "L". Itu Keren Deh... Zaman Saya Masih Sebelum Masuk TK (Sekolah Pertamaku) dan Tinggal di 2 Rumah berbeda, Baik di Kedungsari dan di ByPass.





Pemilu 2004

Tidak Kalah Heboh dari Edisi Sebelumnya (1999), Pemilu 2 Dekade lalu, Pun Semakin Joss, Yang Favorit ada Iklan PDI Perjuangan, Partai Golkar, PAN, PBB, PKS, Capres SBY dan Capres Hamzah Haz. yang Iklan PDI Perjuangan, Cuman ada Versi Moncong Putih yang Sering Diputar di TV, Kalau Partai Golkar paling Ingat ada Versi Harapanku yang Menampilkan Para Kaum Muslim dan Non-Muslim sampai Nelayan pun Ada yang Berjalan Kaki ke GBK ditambah ada Testimoni Tentang Golkar. yang PAN, ada Iklan yang Versi Jam (Paling Diingat tuh), PBB dengan 2 Pelawak yang Sudah Meninggal (Basuki dan Timbul), PKS dengan Banyak Versi kayak Hidayat Nur Wahid, Capres SBY dengan Berbagai Versi yang Sering Diputar di Berbagai Stasiun TV kayak Indosiar sama Trans TV dan Dibuat sama Subiakto Priosoedarsono yang Menggarap Serius Iklan Merek-Merek NgeTop di Indonesia dan Dunia seperti Indomie, Djarum Super, Gudang Garam Merah, Extra Joss, 3 Roda, dll. dan Terakhir, Iklan Capres Hamzah Haz dengan Jinglenya Paling Mantap dan Biasanya Sering Diputar di RCTI (Kala itu). Kala itu, Saya Masih di Bangku SD Kelas 2 dan 3 Kalau tidak Salah, Kan Sekolahnya di SD Balongsari 2.















Pemilu 2009

Panggung Pemilu 2009, Kampanye Boleh Saja ada di TV dan di Koran. Kalau di Awal Kampanye, Parpol-Parpol Saja Boleh Menayangkan Iklannya Kan Kebutuhan Perayaan Spesial kayak Idul Fitri sampai HUT RI. Semisal Partai Demokrat dengan Versi Sambut Lebaran maupun PKS dengan Versi Hari Pahlawan (Paling Ingat tuh). PKS sama Demokrat Saja Sering-Sering Dibuat Iklan dan Versinya, Seperti Lagu PKS yang Lirik-Liriknya Bagus, Begini Liriknya : "Partai Keren Sekali, Partai Kalem dan Santun" dan Partai Demokrat dengan Versi BBM Naik. Iklan Parpol-Parpol Saja kan Bisa Versi Sembako dan BBM, Partai Demokrat Melekat dengan BBM dan PDI Perjuangan Melekat dengan Sembako. Sedangkan, PAN, Partai Gerindra sama Golkar pun Jadi Favorit Selain Ketiganya Tadi, Seperti Versi Para Selebritis, Musikal Seperti Film India, Prabowo, Stimulus, Jusuf Kalla dan Belajar Contreng. Setelah Pemilu Legislatif berakhir, Fokus ke Pemilu Presiden, yang SBY-Boediono kan Rasa Iklan Mie Instan terkenal (Indomie) dan Capres-Capres Lainnya (Megawati dan Jusuf Kalla) Tidak ada Rasa Iklan yang Sama. Kala itu Saya Masih di Bangku Sekolah Aisyiyah 08 di Jl. Bhayangkara Mojokerto.










Pemilu 2014

Iklan-Iklan Kampanye di Edisi 2014, Semuanya Paling Berani. 1 Dekade lalu, Iklan Kampanye Bertebaran di Mana-Mana. Kalau Partai NasDem paling Diingat versi Radja dan versi Coblos Nomor 1, yang PKB ada yang Versi Nyanyi Munajat Cinta sama Rhoma Irama Naik Kuda, PKS dengan Menampilkan Daan Aria (Pentolannya P Project di Era 90an) maupun Versi Orasi, PDI Perjuangan yang Versi Selfie Banyak Orang, Partai Golkar ada 2 Versi, baik Versi Dosen, Dalang, Ustadz, Mahasiwa dan Ahli Gizi sampai Orang-Orang Ramai, Tapi Taglinenya pun Paling Berkesan "Mau Enak? Pilih Golkar! Coblos No. 5", Partai Gerindra ada yang Versi 6 Program Aksi, Partai Demokrat yang Paling Ingat versi Nelayan dan Petani, PAN dengan Versi Orang Galau, PPP versi 4 Warna Lain dan Partai Hanura yang Diingat ada Versi Sik Asyik yang Diambil dari Lagu Populernya Ayu Ting Ting. Untuk Presiden, Aku Pasti Ingat ada Iklan Prabowo-Hatta bermacam-macam versi Seperti Footage, Peci Nomor 1, Garuda Didadaku sampai Ramadhan 1435H/2014M, Sedangkan Jokowi-JK pun Banyak Versinya, ada Versi Indonesia Sebenarnya, Marzuki Mohammad, Tips Mencoblos Ibarat Komentator Olahraga dan Ramadhan 1435H/2014M. Kala itu, Saya Masih di Sekolah SMK Smesta 10 kalau tidak salah (Yang Diingat, Teman-Teman Sekolahnya Dibilang Unyil, Tapi Nyaris terhenti).


















Pemilu 2019

Ini Pertama Kali dalam Sejarah, Iklan Kampanye Pemilu 2019 Ditayangkan Secara Berjamaah untuk Parpol maupun Tidak Berjamaah untuk Capres, Kan Sudah Difasilitasi KPU! Untuk Iklan di TV, Parpolnya Kan 16 Peserta, Kan Paket Iklannya jadi 2. Paket 1 Diisi PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, Garuda, Berkarya dan PKS. Sementara Paket 2 Diisi Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB dan PKP Indonesia. yang Diluar Paket, ada Iklan NasDem yang Durasinya 30 Detik dan PSI yang Durasi 15 Detik (Sering Diiklankan di Trans TV). Indosiar, SCTV, TVRI, Metro TV, TV One dan Kompas TV memang Sering Mengiklankannya yang 2 Paket Parpol. Selain di TV, di Youtube KPU RI, Iklan Parpolnya Boleh Diupload ke Youtube Channel, Kan Cuman 1 Versi Saja! Untuk Capresnya, Cuman 1 Saja, Mau Jokowi atau Prabowo, Terserah Deh. yang di Youtube KPU RI, Iklan Jokowi dan Prabowo Masing-Masing 3 Versi Berbeda. Tidak Hanya di TV, Tapi di Koran pun ada. Semisal Koran Kompas dan Jawa Pos mesti Memuat Iklan Kampanyenya Baik Capres dan Parpol. Yang Iklan Kampanye Parpol 2019 di Koran Sekarang Udah Jarang (Pasti Sudah Hapus Demi Mengurangi Jumlah Foto Paling Banyak di Laptop Saya, Sejak Juni Tahun lalu). Semuanya Dilakukan mulai 24 Maret hingga 13 April 2019.


Kompilasi Iklan Parpol/Capres 2019

Poster Iklan Capres 2019 (24 Maret - 13 April 2019)


Pemilu 2024

Lagi-Lagi Sama Seperti 2019, Soalnya Iklan Kampanye Edisi 2024 Boleh Dilakukan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 lalu. di TV Saja, ada Iklan Parpol dan Capres yang Biasanya Diputar baik Sebelum dan Sesudah 21 Januari lalu, Untuk Capres, Ada Iklan Prabowo-Gibran dengan Versi Lagu Istimewa (Sempat Diputar di Radio pas Waktu Pulang dari Malang Akhir Tahun lalu) sama Versi Kehujanan yang 100% Baper Sekali, Iklan Ganjar-Mahfud dengan Versi Pundak Rakyat sama Cerita di Toko sampai Iklan Anies-Muhaimin yang Versi Syukuran Haji 2026. Tidak Hanya Capresnya, Tapi yang Parpol Juga ada, Seperti PDI Perjuangan yang Versi Menangkan Rakyat Coblos No. 3, Partai Golkar Versi Mars Pemilu DJ, Partai Gelora Versi Deddy Mizwar (Pemeran PPT 17) yang Dianggap Sebagai BA (Brand Ambassador), PAN yang Versi Dukun, Partai Demokrat Versi Cerita AHY dan Konser sampai PPP dengan Versi Sandiaga Uno, El Corona dan Mardiono. Semua Iklannya Pun Sering Diputar di TVRI Nasional, BTV maupun CNN Indonesia Selama Rapat Umum 21 Hari, Kan Iklannya Cuma 3-4 Parpol di Jeda Iklan Pas Acara-Acara Manapun. Untuk Versi Cetaknya, Kan Sama Seperti Desain Daftar Capres maupun Poster Baliho di Jalanan Sepertinya... Sebenarnya Sih, Kan Menurut Keputusan KPU Nomor 1676 Tahun 2023 (Perubahahan Atas Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023), Dimuat Paling Banyak 3 Media dan Hanya 2 Halaman Saja (Sebagaimana dalam Pembahasan Sebelumnya yang Pernah kita Buat). Salah Satunya, adalah Koran Kompas yang Rajin Memasang Iklan yang Isinya 3 Capres (plus Visi/Misinya), 18 Parpol dan Maskot "Sura Sulu". Semuanya Difasilitasi sama KPU Sama Seperti 2019 silam. Bukan Hanya di TV sama di Koran, Tapi di Sosial Media Juga Tidak Apa Apa Menayangkan Iklan Kampanyenya yang Sesuai dengan PKPU Nomor 15 Tahun 2023 dan Juga Keputusan KPU Nomor 1676 Tahun 2023 (Perubahan Atas Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023). Iklan Kampanye yang Dimunculkan di Sosmed (Terutama Youtube, TikTok dan IG) kan Semua Iklan Peserta-Pesertanya (Capres dan Parpol) Bisa Berdurasi Panjang atau Pendek.


Poster Iklan Kampanye 2024 yang Difasilitasi KPU (Sama Seperti Desain Daftar Paslon yang Bagian Kiri) (Sumber : Koran Kompas)

Sekarang Sudah Tidak Lagi adanya Iklan Kampanye yang Dimunculkan di TV maupun di Koran yang Difasilitasi KPU, yang di Radio, Hanya Menyisakan Iklan Ganjar-Mahfud yang Masih Diputar di Radio Tidar Sakti Batu pas Masih Liburan Healing ke Kota Ngalam beberapa waktu lalu dan Bisa Disaksikan lewat Youtube untuk Mengulang Kembali Tayangannya. Kini, Sudah Ada Zaman Bulan Ramadhan Tahun ini Sejak 12 Maret lalu. Kalau Ada Teks Khutbah Jumat dan Idul Fitri yang di 2 Masjid Terbesar di Malaysia (baik di KL dan Putrajaya) kan Bisa Difasilitasi dan Diatur Sama JAKIM dan Bisa Disaksikan Langsung melalui Live Streaming RTM TV1 di Aplikasi RTMKlik Setiap Jumat di Saat Sholat Jumat Berlangsung saat-saat Ramadhan maupun Pas 1 Syawal di Pagi Hari ketika Melaksanakan Sholat Id (Idul Fitri). Tidak Hanya Itu, Mulai 26 Maret nanti (Pas bertepatan dengan 2 Tahun Kematian Mendiang Mbah Kanna), Semua Radio-Radio se Malaysia Boleh Memutarkan Lagu-Lagu Lebaran dari Malaysia. dan Kemungkinan, Lagu-Lagu Lebaran Malaysia baru Seperti Alamak, Raya Lagi sampai Balik Raya kelak Diputar di Radio. Insya Allah...

Update :

Tadi, di Koran Kompas Edisi Hari ini (22/3) ada Poster Iklan Partai Golkar versi Ucapan Selamat Prabowo-Gibran. Kayaknya Bukan Iklan Kampanye... 

Tidak ada komentar: