Senin, April 08, 2024

Lebaran Bebas Koran (Update)

Mulai Hari Ini hingga Sepekan pada 14 April nanti, Semua Koran Tidak bisa Beredar Secara Bertahap. Pertama-tama, Koran Pos Kota (Jakarta) yang Memulainya Hari Ini (8/4). Sedangkan, Koran Ekbis terkemuka, Kontan Juga Ikut Tak Beredar. yang Koran Daerah Terbaik Seperti Pikiran Rakyat (Bandung) dan Suara Merdeka (Semarang) Tidak akan Beredar Esok Hari (9/4). Ditambah Koran Politik Rakyat Merdeka Ikut Tidak bisa Beredar pada Waktu yang Sama dan Fokus Menerbitkan Edsus Hari Raya 2024. Tak Cuma Itu, Jaringan Koran-Koran Daerah dari TribunNetwork (Nama-Namanya yang Sering Muncul Tulisannya di Rubrik Sastra dari Koran Jawa Pos Radar Mojokerto Edisi Minggu) Tidak akan Beredar berhari-hari dikisaran 3 hingga 4 Hari saja. Sementara Itu, Koran Jawa Pos (Surabaya) Dipastikan Tidak Bisa Beredar pada 2 Hari di Hari Lebaran Tahun ini. Sedangkan, 2 Koran Besar dari Jakarta, Kompas dan Media Indonesia (Keduanya juga Muncul Tulisannya di Koran Jawa Pos Radar Mojokerto Edisi Minggu) Ikut Tidak bisa Beredar Selama 2 Hari, Sama Seperti Jawa Pos. dan dari Luar Negeri, Tepatnya di Malaysia, 3 Tabloid Harian dari Negeri Jiran Malaysia yang Sama-Sama Milik MPB Group, Berita Harian, New Straits Times dan Harian Metro Tidak boleh Beredar di Hari Lebaran (Mau yang 1-2 Syawal atau 2 Syawal Saja). Mari kita Meningat Kembali ke Tahun-Tahun Sebelumnya, Pada 2022, Semua Koran Tidak bisa Beredar Kecuali Jawa Pos lewat Edisi Khusus Lebaran dengan Titel "Koran Lebaran". dan Sebelum 2020, dari 2006 hingga 2019, Jawa Pos Masih Terbit dengan Edisi Lebarannya. Aku Ingat, pada Lebaran tahun 2017 lalu, Gue Sempet Kebagian Jawa Pos Edisi Khusus Lebaran 2017 pas Ikut Sholat Idul Fitri di Masjid Al Fattah Mojokerto. Aku Kenang sama Koran yang Masih Beredar di Momen Hari Raya itu. Tapi Sekarang, Sudah Tinggal Kenangan. Nah, Ini dia Daftar Koran-Koran terkemuka di Indonesia dan Malaysia yang Tidak ada Beredar Korannya disaat Hari Lebaran Siap Dirayakan :

8/4

Koran Kontan

Koran Pos Kota


9/4

Pikiran Rakyat

Suara Merdeka

Rakyat Merdeka


10/4

Jawa Pos

Kompas

Media Indonesia

Banjarmasin Post

Sriwijaya Post

Berita Harian (Malaysia)

dll.


Nah, Sejumlah Nama-Nama yang Disebutkan Diatas Tadi, Semua Koran Kembali Beredar Secara Bertahap Mulai 12 hingga 15 April 2024. Misalnya, 12 April untuk Jawa Pos, Media Indonesia dan Kompas dan 15 April untuk Koran-Koran Sejenis lainnya.

Berarti, Setiap Tahun (Termasuk Tahun ini), Perayaan Lebaran Bebas Koran!

Oh ya, Besok, Koran Jawa Pos, Media Indonesia dan Kompas (3 Koran Favorit gue) Masih Terbit di Hari Terakhir bulan Ramadhan ini. Insya Allah...


Update:

Koran-Koran dari Keluarga besar Tribun Network (Semacam Surya) Tidak akan Beredar hanya 3-4 Hari Saja. Merujuk pada Halaman 1 Koran-Koran dari Tribun Network Edisi Hari ini, Ada Maklumat Tidak Terbit. Eh, ada Mantan Bos KPU RI zaman Pemilu 2009, Abdul Hafiz Anshary yang Menulisnya di Koran Banjarmasin Post Edisi Hari ini. Dulunya Beliau adalah Ketua KPU RI periode 2007-2012, Sekarang Menjadi Wakil Ketua MUI Kalsel. Sekarang, Ketua KPU RI dijabat Hasyim Asy'ari sejak hampir 2 Tahun terakhir. 

Tidak ada komentar: