Kamis, Mei 04, 2023

Musik (Tiruan) : Sejarah God Bless (Sambut 50 Tahun)

Besok, Sudah Memasuki Usia 1/2 Abad Band dari Indonesia, God Bless. Yuk Kita Tulis Tentang Sejarah Band Terbesar di Indonesia selain Dewa 19, Slank, Gigi, Ungu dan Noah (dulunya Peterpan). Ini Dalam Rangka Menyambut 50 Tahun Band Terbaik di Indonesia.




Dibentuk Pada 5 Mei 1973 dan disaat Itu Berada di Masa Jayanya. Salah Satu Bukti Nama Besar, God Bless Tampil sebagai Pembuka dalam Konser Musik Deep Purple yang digelar di Jakarta 2 tahun Setelah Membentuk band. Berawal dari Nama Ahmad Albar (Iyek) Mudik ke Indonesia setelah Tinggal di Belanda. lalu Bersama Ludwig Lemans (Gitar). Iyek Mengajak (alm) Fuad Hassan (Drummer) dan Donny Fattah (Bass) membentuk Bandnya. Ini Cuman Angan-Angan Doang! nama awal God Bless, sebenarnya adalah Crazy Wheels.

Jockie Suprayogo (Kibor) baru boleh Bergabung dengan Band Ini dan Dimaksudkan Sebagai Pengganti (alm) Deddy Dores. Sementara Jockie digantikan Oleh (alm) Soman Lubis. di tahun 1984, Soman dan Fuad Kena Kecelakaan. Ludwig Lemans Dinyatakan Mundur dan God Bless bertahan Hanya 2 Orang saja. Jockie Kembali dan Ian bersama Teddy mau Bergabung dengan Band Tersebut. God Bless memang Bisa Membawakan Lagu-Lagu dari Band Dunia semacam Deep Purple, Kansas, Easy Beast dan Genesis. di Tahun 1976, Merilis Album Perdananya yang Gambarnya Kribo. Sebelum Album Perdana Beredar, Sempat Merekam Lagu Lagunya di Sebuah Studio yang Dimiliki Tokoh Penyiaran TV, bernama Alex Kumara (cikal bakalnya Hany Fadzil di Dunia Radio di Malaysia, pasti Radio Era dan Abidin Khairul di Dunia Gaya Hidup di Malaysia). Semuanya Ada di Telinga Bos Aquarius, Namanya Pak Ook (alm). Album Kedua Cermin Beredar 4 tahun Setelah Album Perdana. Saat penggarapan Album Kedua, Jockie S Keluar dan Masuknya Abadi Soesman. Beda dari Album Sebelumnya yang Rekaman Jalan sambil Menyelesaikan materi Lagu, album Cermin bisa Dibuat dalam Konsep yang Disiapkan matang. ada Berbagai Lagu Lagu dalam Albumnya ada Lagu Selamat Pagi Indonesia, Anak Adam, dll. Abadi Soesman Keluar dari Band Ini setelah Album Cermin.

God Bless masuk Log Zhelebour di Masa 80an. Dimana Menjadi Lagu Wajib di Setiap Festival Musik dan Melahirkan Berbagai Grup Musik Rock yang Tenar ada Elpamas, Grass Rock (ada Drummernya bernama Rere Reza) dan Slank. Akhirnya, Merilis Album Comeback "Semut Hitam" yang Dirilis pada 1988. Dengan Kerjasama PT. Djarum, Album Ini Mendongkrak Popularitasnya dan Naik Penjualannya. Saking Boomingnya Album Ini, ada Lagu Paling Populer ada Semut Hitam hingga Rumah Kita. Ian Antono Resmi Meninggalkan God Bless dan Digantikan Sementara oleh Eet Syahranie (dari Edane Band). Rilislah Album Raksasa pada 1989 dengan kerjasama Log Music dan PT. Gudang Garam Tbk. 





Pada Era 90an, God Bless Berpecah dan Vakum, ada yang Membintangi Iklan Djarum Super 3 Dekade yang Lalu (1993), Dimana Iyek beraksi dalam Iklannya yang Konsernya digelar di Stadion GBK dengan Penonton Terbanyak.




Bukan Cuma Itu, Beliau Juga Membentuk Band Lainnya, Gong 2000. Band yang Dibentuk Sebagai Kelanjutan dari Band God Bless yang Masih Berpecah.





Setelah Mengalami Vakum dan Berpecah, Kini God Bless Disatukan Kembali lewat Album "Apa Kabar" pada 1997. Berawal dari Workshop yang Digelar di Bogor. Eet dan Ian masuk Kembali ke Band Lamanya bukan Gong 2000. Eet Pamit dari Band Ini karena Fokus bersama Band Aslinya, Edane Band. Gara Gara Hadirnya Album Apa Kabar, God Bless menggelar Tur Kembali yang Digelar Sepanjang 1997 dan Disponsori Oleh PT. Djarum dengan Kerjasama Indosiar. Walaupun Tak Banyak Rilis Album (seperti Layaknya Slank atau Dewa 19 yang Sering Rilis Albumnya), God Bless dianggap Band Legendaris yang Sering Berganti Formasi sejak dulu. 




2002 Setelah 5 Tahun, God Bless kembali Muncul, Ada Ahmad Albar jadi Vokalisnya, Ian Antono sang Gitaris, Donny Fattah pada Bass, Abadi Soesman pada Keyboard, Inang pada Drummer dan Iwang pada Keyboard juga. Iwang Noorsaid dinyatakan Mundur dari Band Ini karena Fokus Bermusik bersama Penyanyi terkenal Legendaris, Iwan Fals. Lalu Inang Noorsaid digantikan Oleh Gilang Ramadhan. Perjalanan Formasi ini Berakhir setelah 5 Tahun Lamanya, Setelah Bang Iyek Terjerat Narkoba. di periode 2008-09, Ahmad Albar alias Iyek Kembali dari Tahanan, dan Kembali Bermusik berkat Konser Keliling. di Februari 2009, Band Ini Jadi Bintang Tamu dalam Acara Kick Andy yang Disiarkan di Metro TV yang Bisa Bisa Dipastikan Bangkit Bersama. di Tahun yang Sama, di Ajang AMI Awards 2009, God Bless dapat Penghargaan Lifetime Achievement. 




Selain Itu, merilis Album 36th Diproduksi oleh Nagasawara Music. Donny Fattah Jatuh Sakit pada 2012, God Bless mau Siap Tampil di Java Jazz 2012 sempat Terpikir Membatalkannya. Arya Setyadi Masuk sekalian Fajar Satriama dari Edane Band Masuk untuk Menggantikan Yaya Moekito. Setengah Tahun berselang, Donny Fattah Kembali. Iyek, Ian, Fattah, Abadi dan Fajar adalah Formasi God Bless yang Saat Ini. Memasuki tahun 2020, God Bless dimasukkan dalam Prangko Indonesia seri Para Musisi yang Diluncurkan bersamaan dengan Launching Perangko Jokowi-Amin. di Tahun 2021, God Bless Kembali Bermusik lewat Konser 48 Tahun God Bless yang Dipromotori Harian Kompas, Kompas.com dan Kompas TV serta Liputan Khusus Musik Rock ada di Koran Kompas Edisi 22 Agustus 2021 yang Membahas Perkembangan Musik Rock di Negeri Indonesia. Di Tahun yang sama, Band ini Merilis lagu barunya Berjudul "Mulai Hari Ini". Kini God Bless Memasuki 50 Tahun, Jadi Banyak Karyanya Yang Tak Pernah Akur dari Waktu ke Waktu.




Jangan Lupa Besty, Baca Halaman Musik di Koran Jawa Pos Setiap Ahad! Semoga Halaman Musik di Jawa Pos Edisi Ahad Akan jadi Legacynya Majalah NewsMusic yang Dulunya Beredar dari tahun 2000 hingga 2002, Chart Clear Top 10 di Majalah Hai, Gadis, Kawanku dan NM, Chart Ampuh di Majalah Gadis, Kawanku, Aneka Yess dan Tabloid Fantasy dan Chart NewsMusik di Majalah yang Sama.


Besok Jangan Lupa, Baca Jawa Pos Edisi Tematis Band God Bless dan Sejarahnya, Okay...


Sumber : Wikipedia dan Berbagai Sumber lain

Tidak ada komentar: