Rabu, Januari 25, 2023

Kedatangan Sholat Jumat dan Khutbah Jumat Pakai Tongkat

Salam 3 Rajab, Nah, 2 Hari Lagi Kita Sudah Masuk Hari Jumat, jadi Semua Cowok-Cowok Bisa datang Ke Masjid untuk Melaksanakan Sholat Jumat Setiap Jumat. Mari Kita Bahas Keduanya...


Setiap Jumat, Umat Muslim yang Lelaki Tampan Itu Bersegera Melaksanakan Sholat Jumat. Seandainya, Orang yang Mau datang ke Masjid yang Dijadikan Sholat Jumat dari yang Pertama bisa Mendapatkan Unta, yang Kedua dapat Sapinya, yang Ketiga, Kambingnya, yang Keempat, ada Ayam jadi Hadiah dan yang Terakhir, Telor! Bahkan, Malaikat Datang di Masjid untuk Mendengarkan Khutbah Jumat yang Memakai Tongkat oleh Sang Khatib. Itulah Cerita dari Musnad Imam Ahmad yang Mengenai Datang Jumatan dengan Unta, Sapi, Kambing, Ayam dan Telor kayaknya. Walaupun, Banyak Orang yang Datang Jumatan, Tapi Ada Malaikatnya yang Mencatatnya dan Ada Khutbah yang Didengar Malaikat, Malahan Khotib yang Didengar dari Malaikat Itu Memegang Tongkat saat Khutbah Sebelum Sholat Jumat, tapi Apakah Ada Sunnahnya? Yuk Kita Simak Penjelasan Keduanya.


Datangnya Sholat Jumat Itu, Ada Macam-Macam. Ini Penjelasan dari Musnad Imam Ahmad yang Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu:

"Nabi SAW Bersabda, Jika Tiba Hari Jumat, Maka Para Malaikat berdiri di Pintu-Pintu Masjid, Lalu mereka Mencatat orang yang datang lebih awal Sebagai yang Awal. Perumpamaan Orang yang datang paling awal untuk Melaksanakan Sholat Jumat adalah Seperti orang yang Berkurban Unta, Kemudian yang Berikutnya seperti Orang yang Berkurban Sapi, dan yang Berikutnya Seperti Orang yang Berkurban Kambing, Yang Berikutnya lagi Seperti Orang yang Berkurban Ayam, Kemudian yang Berikutnya Seperti Orang yang Berkurban Telur. Maka, Apabila Imam Sudah Muncul dan Duduk Diatas Mimbar, Mereka Menutup Buku Catatan Mereka dan Duduk Mendengarkan Dzikir (Khutbah)."


Walaupun Imam Muncul dan Duduk Karena Mendengarkah Khutbah yang Memakai Tongkat, Bisa Jadi Sunnahnya, Karena Orang Orang yang Datang ke Tempat Sholat Jumat Itu Berkurban dengan Banyak Sekali. Penjelasan Tentang Imam Muncul dan Mendengarkan Khutbah Jumat Memakai Tongkat yang Ditulis Diatas Berdasarkan Pernyataan atau Komentar dari Hadis atau Riwayatnya Sunan Abi Dawud Tentang Sunnahnya Memakai Tongkat Saat Imam Melaksakan Khutbah Jumat yang Didengar Banyak Malaikat di Masjid. 


Dari Syu'aib bin Juraidj at-Tha'ifi ia Berkata : "Kami Menghadiri Sholat Jumat pada Suatu Tempat Bersama Rasulullah SAW, Maka Beliau Berdiri Berpegangan pada Sebuah Tongkat atau Busur" (HR Abu Dawud 824)


Menurut Pernyataan Diatas Tadi, Memegang Tongkat Saat Khutbah Jumat yang Didengar Banyak Malaikat yang Menutup Catatan yang Dikutip dari Musnad Imam Ahmad yang Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu adalah Sunnah. Sunnah Tersebut Bisa Seperti Sunnah Sunnah Rasul lainnya, Seperti Tahajjud, Membaca Al Quran Setiap Harinya, Dzikir Setelah Sholat, Menjaga Sholat Rawatib, Dzikir Pagi dan Sore, Jangan Tinggalkan Masjid, Menjaga Sholat Dhuha, Jaga Sedekah Tiap Hari, Menjaga Wudhu dan Amalkan Istighfar ditambah Puasa Senin dan Kamis! Bukan Cuma Itu, ada Juga Pernyataan dari Imam Syafi'ie dari Kitab Al Umm 1 Mengenai yang Sama. 


Imam Syafi'i RA Berkata : "Telah Sampai Kepada Kami (Berita) Bahwa Rasulullah SAW Berkhutbah, Beliau berpegang Pada Tongkat. Ada yang Mengatakan, Beliau Berkhutbah dengan Memegang Tongkat Pendek dan Anak Panah. Semua benda-benda itu Dijadikan Tempat Bertumpu. Ar-Rabi' Mengatakan dari Imam Syafi'i dari Ibrahim, dari Laits dari 'Atha', bahwa Rasulullah SAW jika Berkhutbah Memegang Tongkat Pendeknya untuk Dijadikan Pegangan." (Al Umm Juz 1 Hal. 272)


Pernyataan dari Imam Syafi'e diatas, Orang yang Membacakan Khutbah Jumat yang Didengar dari Banyak Malaikat Itu Menggunakan Tongkat Macam-Macam, seperti Tongkat Pendek, Anak Panah dan Lain-Lain. Ada Pernyataan Lagi yang Dibuat Sama Imam Ghazali.


"Apabila Muadzin Telah Selesai (Adzan), Maka Khatib Berdiri Menghadap ke Jama'ah Dengan Wajahnya. Tidak Boleh Menoleh ke Kanan dan ke Kiri. dan Kedua Tangannya Memegang Pedang yang Ditegakkan atau Tongkat Pendek Serta (Tangan yang Satunya Memegang) Mimbar. Supaya Dia Tidak Mempermainkan Kedua Tangannya. (Jikalau Begitu) atau Dia Menyatukan Tangan yang Satu dengan yang Lain." (Ihya Ulumuddin)


Menurut Subulus Salam Juz 2: "Hikmah Dianjurkannya Memegang Tongkat Adalah untuk Mengikat Hati (Agar Lebih Konsentrasi) dan Agar Tidak Mempermainkan Tangannya." Menurut Website Nu tahun 2008 silam:

"Jadi Seorang Khatib disunnahkan Memegang Tongkat Saat berkhutbah. Tujuannya, Selain Mengikuti Jejak Rasulullah SAW juga Agar Khatib lebih Konsentrasi dalam Membaca Khutbah".


Itu Tadi, Penjelasan Datangnya Orang yang Pergi Sholat Jumat dengan Berkurban Unta, Sapi, Kambing, Ayam dan Telor dan Hikmahnya Memakai Tongkat Ketika Khutbah Jumat ataupun Sholat Idul Fitri dan Adha. Jadinya Imam yang Mendengarkan Khutbah Jumat Memakai Tongkat dan Bisa Lebih Konsentrasi Karena Jadi Sunnah! Semoga Bermanfaat...


Sumber : iNews.id, assalam.id dan Republika.co.id

Tidak ada komentar: