Kamis, Maret 23, 2023

Sampul Koran Kompas Spesial Ramadan 2023 Bertabur Sponsor, Seperti Kembali ke Zaman Lama yang Tabloid Bola/Soccer dan Sajian Koran Jawa Pos di Ramadan 2023 (Update)

Akhirnya, Hari Ini, Kita Sudah Memasuki Ramadan 2023. 30 Hari Boleh Berpuasa (klo Tahun Lalu dipangkas jadi 29, Belum sampe 30) yang Penting Pahalanya Jadi Juara! Di Al Baqarah Ayat 183 berkata : "Hai Orang-orang yang Beriman, diwajibkan atas Kamu berpuasa Sebagaimana diwajibkan atas Orang-orang sebelum kalian agar Kamu Bertaqwa". Ayat Ini menjadikannya Untuk bisa Berpuasa di Momen Bulan Suci dan Paling Agung! 


Dibulan Suci Ini, Koran Kesayangan Kita, Kompas Bakal ada Sampul Yang Memeriahkan Bulan Suci Ramadan Tahun Ini. Sampulnya ada Sponsor salah satu Bank Nasional yang Menjadi Sponsor Utama Kompetisi Liga 1 Musim Ini, pasti Bank BRI! Terulang Seperti Tahun Lalu (2022) dengan Banner Iklan yang sama. Untuk Koran yang Lain, Seperti Jawa Pos juga sama saja. Akhirnya, Tadi Pagi dapatnya 2 Koran yang Ada Jadwal Imsakiyah Singkat. Kalau di Kompas, ada Jadwal di Jakarta, tapi di Jawa Pos, ada Jadwal di Surabaya. Untuk yang di Mojokerto dan Sekitarnya, Jawa Pos Radar Mojokerto Mesti Memuat Jadwal Ini dan Sponsornya Seperti Biasa tapi Sering-Sering karena Tradisi Setiap Tahun, Ajinomoto Indonesia!


Sampul Koran Kompas Edisi Hari Pertama Ramadan 2023 dengan Sponsornya, Mirip dengan Tahun Lalu atau Zaman Lama

Koran yang Meraih Penghargaan 6 Trofi di IPMA 2023 Ini, Bisa Dijadikan Spesial Buat Pembaca Selama Ramadan. Ada Kolom Tulisan Analisis Ulil Abshar Abdalla di Hari Ini, Avontour Masakan Ramadan (Sahur dan Berbuka) di Edisi Minggu, Konsultasi Ramadan di Halaman Akhir Pekan di Edisi Sabtu (Bukan di Jawa Pos di Edisi Minggu), dll. Sejak 5 Tahun Terakhir Berubah Tampilan dengan Mengusung "Clean and Strong" Sebagaimana Pembahasan Tentang Tampilan Baru Jawa Pos dan Kompas di Blog Saya 5 Tahun Lalu (2018), Bahwa, Kompas Menjadikannya Dengan Tampilan yang Elegan tapi jadi Klasik! Kenapa Tidak? Gara Gara Tampilan Baru Ini, Bisa Membuatnya Makin Pandang di Mata dengan Sampul dan Foto Terbesarnya Saat Ada Peristiwa-Peristiwa Besar, Ini Pasti 100 Persen Unik Seperti Wafatnya Bos KG Group (alm) Jakob Oetama (September 2020), Hari Pertama Asian Games 2018 (Agustus 2018), Kemenangan Polii-Apriyani Merebut Emas di Olimpiade 2021 (Agustus 2021), Kematian (alm) Syafi'i Ma'arif (Mei 2022), NFT Kompas Soft Launching dari Desainer Top Rakajana (Juni 2022), dll. Kalau Saingannya, Media Indonesia cuman ada Sampul Besar dan Fotonya Besar tapi Headlinenya Besar Sekali seperti pas Piala Dunia 2022. Sampul Kompas saat Momen Ramadan/Hari Raya Lebaran Ini, Mungkin Bisa Ditakdirkan Ibarat Sampul Zaman Lama yang Biasanya Produk-Produk dari KG Media yang Jadi Gagal Karena Berhenti Produksi atau Tidak Gagal Karena Bertahan di Masa Digitalisasi. Coba Kembali ke Zaman 90an-2000an, Dimana Kompas Memuat Banner Iklan Bertaburan Banyak Sekali, kayak Iklan Evervon C, Biogesic, Tabloid Bola, dll. Bukan Cuma Kompasnya Sendiri, Tapi Tabloid Bola atau Soccer (Kedua Produk Gagal dari KG Media) di Era 90an hingga 2000an pun Memuat Banner Iklan di Sampul Depannya Saat Beredar di Hari Selasa dan Jumat kalau tidak salah. Brand-Brand yang Sering Memuat Bannernya seperti Brisk, Extra Joss, Gudang Garam, Djarum Super, Nellco, Irex, Rheumason, Natur Pencuci Rambut, Kratingdaeng, Bengay, Konica, Pakalolo, Bentoel, Nestle Milo, Hemaviton, Pertamina, Brylcreem, Geliga, Eagle Shoes, Spotec, Salonpas, Ardath, dll. 

Ini Contohnya Besty:

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Eropa 2000 Edisi Selasa (Iklan Milo dan Yuasa)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Eropa 2000 Edisi Jumat (Iklan Milo dan Yuasa)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2007 Edisi Selasa atau Jumat (Iklan Pertamina, Extra Joss, dll.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Eropa 2008 Edisi Selasa atau Jumat (Iklan Clear Men, Specs, dll.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2001 Edisi Selasa atau Jumat (1) (Iklan Brisk dan Eagle)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Dunia 1998 Edisi Selasa (Iklan GG dan Konica)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Dunia 1998 Edisi Jumat (Iklan Bengay, Nokia, Ardath dan Pizza Hut)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2001 Edisi Selasa atau Jumat (2) (Iklan Extra Joss dan Eagle)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Eropa 1996 (Iklan Konica dan Brylcreem)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Dunia 2002 Edisi Selasa (Iklan Extra Joss dan GG)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Dunia 2002 Edisi Jumat (Iklan Eagle dan GG)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2002 Edisi Selasa atau Jumat (1) (Iklan Extra Joss, dkk.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Dunia 2006 Edisi Selasa dan Jumat (Iklan McDonalds, Djarum Super, Puma, Sports Station dan Kratingdaeng)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2003 Edisi Selasa atau Jumat (1) (Iklan Extra Joss, dkk.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2003 Edisi Selasa atau Jumat (2) (Iklan Pertamina, dkk.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2002 Edisi Selasa atau Jumat (2) (Iklan Extra Joss, dkk.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 1997 Edisi Selasa atau Jumat (Iklan Spotec, Visine, dll.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Copa America 1999 Edisi Selasa atau Jumat (Iklan Salonpas, Bentoel, Brisk, Marlboro dan Shell)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2000 Edisi Selasa atau Jumat (1) (Iklan Brisk, Milo, dll.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Spesial Piala Eropa 2004 Edisi Selasa atau Jumat (Iklan Eagle, Panasonic, Geliga dan Nestle Milo)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2005 Edisi Selasa atau Jumat (Iklan Neuralgin dan Extra Joss)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 2000 Edisi Selasa atau Jumat (2) (Iklan Brisk, Pertamina, dll.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 1998 Edisi Selasa atau Jumat (1) (Iklan GG Merah, Brisk, dll.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 1998 Edisi Selasa atau Jumat (2) (Iklan Bengay, Ardath, Pertamina, dll.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 1999 Edisi Selasa atau Jumat (1) (Iklan Bentoel, dkk.)

Contoh Sampul Tabloid Bola Tahun 1999 Edisi Selasa atau Jumat (2) (Iklan Pertamina, dkk.)

Contoh Sampul Tabloid Soccer Tahun 2001 (Iklan Extra Joss)

Contoh Sampul Tabloid Soccer Tahun 2002 (Iklan Nugies)

Contoh Sampul Tabloid Soccer Tahun 2003 (Iklan Extra Joss dan Spotec)

Contoh Sampul Tabloid Soccer Spesial Piala Eropa 2004 (Iklan Specs, JVC dan Good Day)

Contoh Sampul Tabloid Soccer Tahun 2004 (Iklan Extra Joss)


Itu Tadi Parade Sampul Lawas Tabloid Bola dengan Sponsornya di Sampul. Kalau Tabloid Soccer, kan Beda, ada Extra Joss sampai Good Day. Serasa Bernostalgia!


Tak Ketinggalan, Dalam Rangka Memeriahkan Ramadan, Jawa Pos ada Rubrik Baru dan Rubrik Tematik yang ada di Koran Jawa Pos Selama Ramadan Ini. Mulai dari Jadwal Imsakiyah di Sampulnya dengan Sponsornya yang Sama Seperti Kompas.

Sampul Koran Jawa Pos Edisi Hari Pertama Ramadan 2023 dengan Sponsornya

Kemeriahan Bulan Ramadan, Dimulai Dari Destinasi Religi yang Berisi Mengenal Wisata Religi yang Kekinian di Berbagai Kota di Indonesia. Ini Rubrik Spesial yang Berseri di Sampul Halaman 1 dan Halaman Sambungannya. Sedangkan, Seperti Biasa selama Bulan suci, Setiap Senin hinnga Jumat ada Tali Jiwo yang ditulis Sujiwo Tejo (Mantan Genbi Extra Joss 2001), Sedangkan ada Halaman Halte, Cerpen dan Sajak Setiap Sabtu, Halaman Akhir Pekan yang Menampilkan Catatan dari Mantan Jurnalis atau Senior Editor Jawa Pos Seperti Rohman Budiyanto (Senior Editor), Marsudi Nurwahid (Mantan Pemred Jawa Pos 2014-2018), Abdul Rokhim (Mantan Pemred Jawa Pos 2018-19), Fuad Ariyanto (Mantan Wapemred Jawa Pos 2007-08), Arif Afandi (Mantan Redaktur Pelaksana Jawa Pos 1997-2001/02 dan Mantan Pemred Jawa Pos 2001/02-2005), Dhimam Abror (Mantan Pemred Jawa Pos 2000-2001/02) dan Sejumlah Para Direktur Direktur Jawa Pos Radar Group yang Hadir Setiap Minggu, Info Tayangan Televisi Setiap Minggu Juga dan Halaman Food Setiap Minggu Juga yang Sangat Spesial, Ada Menu Bulan Ramadan. Buktinya Selama Ramadan, Rubrik-Rubrik di Jawa Pos Setiap Harinya Jadi lebih Istimewa! Selain Jawa Pos Asli, ada Juga Jawa Pos Radar yang Mojokerto/Jombang Menghadirkan Rubrik Spesial Bulan suci seperti Kalam Ramadan, Mutiara, Tausiah, Lentera Ramadan, Kolom Gus Zuem (Khusus Hari Senin), Dapur Kita (Khusus Hari Jumat) dan Jadwal Imsakiah.

Selamat Menunaikan Ibadah di Ramadan 1444 H. Insya Allah, Ramadan Tahun Ini Bisa Menjadi Bangkit Bersama Sehabis Pandemik...

Nb : Sebagian Postingan Postingan di Blog Pasti Dihapus, Meskipun Sering Membahas Jadwal Imsakiyah di Koran Kompas.

Tidak ada komentar: