Selasa, Agustus 29, 2023

Artis/Atlet Malaysia yang Populer di Indonesia (Update)

Besok Lusa Kita Rayakan Kemerdekaan Malaysia. Nah, Kita Pasti Tahu, Rakyat Indonesia pun Suka Sama Artis/Selebritis Top dari Malaysia yang Kalah Pamor dari Bintang-Bintang K Pop. Tak Cuma Kartunnya Seperti Upin-Ipin dan Boboiboy yang Tenar. Gue Adalah Juragan Koleksi Foto-Foto Artis dan Tokoh Malaysia ataupun Korea karena Kan Fansnya Sejak ada Tokti pada 2003/04. Nah Kita Kasih Banyak Nama-Nama Artis/Selebritis dan Atlet Malaysia yang Sempat Populer di Indonesia dari Masa ke Masa.


Search

Siapa Yang Tidak Kenal dengan Band Ini? Dibentuk di Johor Bahru pada 1981. Berawal dari Flash yang terbentuk 4 Tahun Sebelumnya dan Sempat ada Drummer dari Indonesia bernama Memek. Menelurkan 24 Album dari Cinta Buatan Malaysia (1985) sampai Katharsis (2017). Salah Satu Album yang Mencetak Rekor Penjualan di Indonesia dan Malaysia adalah Album Fenomena yang Beredar 34 tahun Silam. Pertama Kalinya, Album Ini ada Format CDnya yang Bisa Mendengar Suara dengan Kualitas lebih Besar. Kedatangan Search ke Indonesia pada 1989 ini Membuatnya Menjadi Lebih Besar untuk Promosikan Album Fenomena di Negeri Ini. Banyak yang Dibilang, Band Tersebut Ketiban Rezeki untuk Menawari Kolaborasi dengan Penyanyi Indonesia yang Bersuara Rock, Inka Christie lewat Tembang Cinta Kita (Fantasia Bulan Madu versi 2) yang Beredar pada 1991. Kala Itu akhir 80an dan awal 90an adalah Eranya Musik Rock Keras atau Slow Rock baik dari Indonesia dan Malaysia yang Menjalar dari Amerika, Gara Gara Iwan Fals mengganti Format Musiknya dari Balada ke Rock berkat Album 1910. Pada Tahun 2019, Amy Search Kembali ke Indonesia Karena Diundang ke Acara Golden Memories Asia 2019. Lalu, pada Awal 2022, Denden Menjadi Vokalis Search versi Bukan Amy, Meskipun, Vokalis Aslinya (Amy) Membentuk Kembali Search dengan Versi Aslinya. Sejak 2022, Band Search Mengalami Perpecahan Internal menjadi 2 Kubu Antara Amy dan Denden.



Datuk Sheila Majid

Penyanyi Jazz yang Populer di Era 80an hingga 2000an. Nama Sheila Majid Makin Populer Lewat Lagu Warna hingga Antara Anyer dan Jakarta. Bahkan, Album-Albumnya Laku Keras di Malaysia maupun di Indonesia. Kesuksesan Penyanyi Ini Bisa Berekspansi ke Indonesia pada Penghujung 80an. dan Kini, Namanya Pun Masih Tawaran Manggung di Malaysia.



Wings

Band yang Satu Ini Adalah Saingannya Search, Yakni Wings (bukan Perusahaan lurd). Terbentuk Sejak pertengahan 80an di Kuala Lumpur dengan Beranggotakan Awie (Vokalis), Syam (Gitaris), Awong (Gitaris), Eddie (Bass), Zul (Keyboard) dan Jojet (Drummer) di Awal Formasinya. Lalu Sering Bergonta-Ganti Formasinya seperti Black, Joe, Mel, Mus May, Edrie, dll. Salah Satu Albumnya yang Membawa Kesuksesan di Indonesia Adalah Album Teori Domino (aka Sejati). Album Ini Memang Populer di Indonesia dan Malaysia sepanjang 1990 berkat Hits Singlenya Seperti Sejati dan Alam Barzakh. Pada 1993, Awie Dinyatakan Mundur dari Band Ini Gara Gara Popularitasnya Menurun. dan Saat Ini, Awie Kembali bersama Wings pada Sekitar 2000an.



Raihan

Kelompok Nasyid paling Juara di Malaysia Memang Syahdu, Raihan Terkenal sejak 1996 berkat Lagu-Lagu Religiusnya yang Menyejuk di Hati. Puncak Karir Raihan dilakukan Sejak Kedatangan Ratu Inggris Mendiang Ratu Elizabeth II pada 1998 hingga Populer sampai ke Indonesia pada 2000-2005. Kelompok yang Beranggotakan Che Amran Idris, Abu Bakar Mohd. Yatim dan Amran Ibrahim ini Menuai Kehebatan Nasyidnya Ketika Mau Menyambut Ramadan di Malaysia maupun di Indonesia pada era akhir 90an hingga masa 2000an. Namun Sayangnya, Pada Pertengahan/Akhir 2000an, Raihan Menurun di Indonesia Seiring dengan Kehadiran Anak Band Ditawari Perilisan Album Religi pada Periode 2006-2009. Nama "Raihan" berasal dari Kata "Haruman di Surga". Pada 2019, Raihan Kembali Muncul Berkat Kerjasama dengan Alif Satar. Tapi Sebenarnya Bukan Anggota Baru, Melainkan Kerjasama.



Aisha Retno

Artis Muda Ini Berawal dari Acara Vokal Mania. Tapi Akhirnya, Kemunculan Penyanyi Kelahiran 2000 ini Makin Heboh di Hati Masyarakat. Aisha Retno kalau tidak salah. Penyanyi yang Berdarah Indonesia dan Malaysia Menuai Populartiasnya bukan Hanya di Malaysia, tapi di Indonesia. Banyak Sekali Event-Event yang Beliau Dihadiri Seperti TikTok Awards 2023 Malaysia, KLFW 2022, KLFW 2023, dll. Cantik Sekali Bukan. Kini Membintangi Acara The Chosen One dan Gadis Muzikal.



Datuk Seri Siti Nurhaliza

Penyanyi Ini Menjadi Nomor 1 di Malaysia. Ini Pembuktian Nama Datuk Seri Siti Nurhaliza atau Toasty eh, Tokti Membuatnya Menjadi Hebat dimana-mana. Sejak Berkarir pada 1996, Namanya Makin Melekat di Negeri Jiran dan di Indonesia. Kepopuleran di Indonesia Sejak Adanya Album Kedua yang Melejitkan Hitsnya "Betapa Kucinta Padamu" langsung Booming. Lebih Hebatnya Lagi, Album E.M.A.S yang Dirilis 2 Dekade lalu Makin Laku ada Hits Singlenya "Bukan Cinta Biasa" yang Menjadi Radio Hits sepanjang 2003 meskipun Head to Head dengan Lagunya Ari Lasso berjudul Hampa maupun Project Pop lewat Dangdut Is The Music of My Country. di Periode 2000-2005 lah, Tokti Mengelilingi Indonesia dan Inggris berkat Acara Konsernya, baik di Trans TV maupun di Royal Albert Hall. Tokti Hanya 7 Kali Rebut Artis Paling Populer di ABPBH, Prestasinya Semakin Besar Makin Kuat untuk Menghadirkan Lagu-Lagunya. Selanjutnya, pada 2006, Tokti berkawin dengan Datuk K dan Bahkan, Disiarkan langsung melalui TV3 Malaysia dan Diberitakan lewat Tayangan NewsTainment dari Trans TV maupun TV7 (sekarang Trans 7) yang Kala Itu Setelah Mendiang Jakob Oetama Dijual Sahamnya ke Chairul Tanjung pada Awal Agustus 2006. Lalu, pada 2014 Tokti Kembali ke Indonesia Demi Promosi Album Fragmen disaat Jokowi jadi Presiden RI ke 7. Kemudian, Pada 2018-19, Tokti Kembali Manggung di RI lewat Tur Konser 3 Negara yang Digelar Menjelang Pemilu 2019. dan Akhirnya, Pada 2023, Tokti Kembali Manggung di Malaysia berkat Kepci Music Fest dan Merilis Album Barunya, SITISM.



Safee Sali

Sosok Pahlawan Final Piala AFF 2010 Tidak lepas dari peranan Safee Sali di Dunia Sepakbola, Dimulai Sejak 2003 di Malaysia ketika berusia 19 Tahun hingga Kini Dinyatakan Pensiun sejak Tahun ini. Safee adalah Sosok yang Menjadi Pencetak Gol Terbanyak dalam Piala AFF 2010 dimana Beliau Menjadi Pahlawan Kehancuran Indonesia dalam Final yang Berlangsung di Stadion Bukit Jalil. Saat Itu Tim Indonesia mau Targetkan Juara untuk Kali Pertama daripada Juara 2 Terus Menerus. Setelah Berakhirnya Piala AFF yang Juaranya Malaysia di 2010, beliau Pindah ke Pelita Jaya (kini Madura United). dan Kini, Nama Safee Sali hadir di Radio ERA dalam Super Safee ERA yang Hadir Sejak Hani Fadzil mengumumkannya pada Acara HUT Radio ERA ke 25 pada Sehari Setelah Afgan datang ke Malaysia untuk Manggung di Mid Valley Megamall.






Meerqeen dan Anna Jobling

Dua Bintang Muda dari Malaysia berawal dari Dewi dan Hero Remaja. Kini Populer lewat Drama Melur Untuk Firdaus dan Ash dan Aish. Kejayaan MeerNa Ini Bukan Semata-Mata. Bahkan Sampai Kedatangan Duo MeerNa pada Pertengahan Tahun lalu. di Tahun 2023 Saja, Nama MeerNa Tetap Bersinar tapi Berdikari, Mulai dari Roadshow Nenek Bongkok Tiga di Jakarta hingga Syuting The One di Bali. Prestasinya Makin Juara ada GMWA 2022 dan ABPBH 35. 





Dafi Ismail Sabri

Masih Ingatkah Dafi Ismail Sabri? Ya, Sosok yang Pernah Berkolaborasi dengan Gita Gutawa Ini Populer di Indonesia pada 2008 Silam. Kala Itu Diangkat menjadi Duta Cornetto. Anak dari Mantan Perdana Menteri Malaysia 2021-22 ini Membawanya ke Indonesia agar bisa Membawa popularitasnya. Dafi Merupakan Salah satu Peserta Lomba AF5 yang Berasal dari Petaling Jaya dan Terkenal lewat lagu Bila Terasa Rindu. Kini, Pada 2021-2023, Beliau Menjadi Juri ATN Malaysia 2021 dan Film Malbatt.




Khai Bahar

Selebritis Tenar dari Malaysia yang Tenar di Dekade 2010an. Ketika Itu Sering Memainkan Smulenya. Sampai Akhirnya, Nama Khai Bahar Jadi Populer di Indonesia dan Malaysia. Bahkan, Sering Diundang ke Stasiun-Stasiun TV Indonesia untuk Manggung. Prestasinya Pun Banyak Mulai dari APM 2017, AME 2018, AME 2019, dll. Kini, Nasib Beliau Mulai Bangkit berkat Single Oh Wanita yang Dirilis Tahun lalu bersama Hawarizwana.



Nuha Bahrin dan Naufal Azrin

Jangankan Meerqeen dan Anna Jobling, Nama Nuha Bahrin dan Naufal Azrin saja Cukup Populer ada Lagu Casablanca. Buktinya, Lagu Ini Viral di 2 Negara Serumpun. Bahkan, Sempat Diundang ke Indonesia untuk Jadi Bintang Tamu di Berbagai Acara TV. Sementara Itu, Lagu Jika adalah Lagu Legendaris yang Dirilis 2000 Diremake dengan Versi Berbeda Bahasanya.



Kugiran Masdo

Band yang Satu Ini Adalah Jegalan dari Berbagai Band-Band di Indonesia, Namanya Kugiran Masdo. Band Ini Serasa Kembali ke Zaman Dahulu Kala. Berkat Hitsnya adalah Dinda dan Inilah Jalannya. 



(alm) Ashraf Sinclair

Sosok yang Satu Ini adalah Aktor di 2 Negara Berbeda, Antara Malaysia dan Indonesia. (alm) Ashraff Sinclair Jawabannya. Beliau Pernah Memerankan Sejumlah Drama Seperti Gol dan Gincu, Catatan Hati Seorang Istri, dll. Selain Itu, Sosok Ini Pernah Menikah dengan Bunga Citra Lestari pada November 2008. Meninggal pada 19 Februari 2020. 



Baby Shima

Penyanyi Terkenal Ini Sempat Hadir ke Indonesia pada 2017-18. Walaupun Kesibukannya Menjadi Peserta Big Stage 2018 lalu. dan Banyak yang Terbukti, Sosok Tersebut Ikut Meramaikan Musik Indonesia dan Malaysia saat itu. Mulai dari Single Pura Pura Bujang hingga Berkolaborasi dengan Pelawak Ngetop, Sule. Namun Sayangnya, Kepopulerannya Menurun di Indonesia, Karena Fokus Berkarir di Tuan Rumahnya, Yakni Malaysia. 



Exists

Salah Satu Band Legendaris yang Dibilang Saingannya Slank atau Gigi dari Indonesia, Namanya Exists. Band Terkenal lewat Lagu-Lagunya yang NgeRock tapi malah Cenderung ke Popnya. Hits Terkenalnya adalah Mencari Alasanmu. dan Sempat Manggung di Indonesia lewat The 90s Festival.



TooPhat

Duo Rapper Terbesar di Malaysia (kala itu) Makin Bersinar. Apalagi Kalau Bukan TooPhat yang Beranggotakan Joe Flizzow dan Malique. Album Plan B menjadi Album yang Raih Platinum di Malaysia dan diekspor ke Indonesia pada Juni 2002. Hits Andalannya adalah Anak Ayam. Keren Bukan, Kalau Tidak Ada TooPhat Tidak Hebat. Setelah Plan B, Berlanjut dengan Album 360 yang Beredar pada Pertengahan 2003 dengan Just a Lil Bit dan Alhamdulillah. Kemudian, Sekitar 2005, TooPhat melakukan Rebranding dan Merilis Album Baru dengan Kolaborasi bersama Inul Daratista.



Floor 88

Grup Musik yang Satu Ini Tak Ketinggalan, Ada Floor 88, Band Ini Mengusung Dance dan Rock. Salah Satu Lagu yang Viral di Negeri Ini adalah Hutang. Karena Lagu Ini Makin Heboh Karena Dijadikan Remix di Tiktok. Selain Hutang, Lagu-Lagu Lain pun Ada mulai dari Zalikha, Aqila, 24434, dll.



Selain Nama-Nama yang Diatas Tadi, Selebritis Lain pun Pernah Datang ke Indonesia sambil Menjajal atau Berwisata, Mulai dari Azira Shafinaz, Daiyan Trisha, Janna Nick, Kaka Azraff, Adriana Adnan, Wani Kayrie, Siti Saleha, Elizabeth Tan, Shazabae, Hani Fadzil, Hael Husaini, Nabila Razali, dll.

Itulah Nama-Nama Selebritis dan Atlet Malaysia yang Sangat Populer di Indonesia Ketika Itu. Semoga Selebritis-Selebritis dari Negeri Jiran Malaysia bakal Berjaya di Tuan Rumah negeri sendiri, Singapura dan Indonesia... 

Tidak ada komentar: