Rabu, Agustus 16, 2023

Koran Kompas Edisi Khusus 20 Halaman, Kok Aneh dan Minim Sih? (Update)

Akhirnya, Tadi Dapatnya Koran Kompas Edisi Khusus HUT RI ke 78 yang Bertema "Pemuda dan Indonesia 2045". Waduh, Kenapa Sih? Edisi Khusus jadi Aneh Tapi Minim? 

Sejak Adanya Harga Baru (Lagi) per Januari 2023 lalu dan Edisi 23 Januari lalu bertepatan dengan Tahun Baru Cina, Kompas yang Edisi Khusus Menjadi Aneh dan Minim, Hanya 20 Halaman Saja. Di Edisi Senin, Menggunakan Kata "Liputan Tematik" dan Tambahan 4 Halaman Saja. Sementara Itu, Ketika Kompas merayakan HUT ke 58 pada 28 Juni lalu, Edisi Khusus Tebalnya Sama Saja Seperti Edisi Senin. Edisi Khusus Ini menggunakan Rubrik "Jurnalisme Data" Yang Spesial bertema AI serta Kolom Renungan Hari Raya Haji 2023 yang jatuh pada 29 Juni lalu. Edisi Khusus Seharusnya Pembahasan Membesar, Tapi Kali ini, Jadi Malah Sedikit dan Berita Umum seperti Politik, Bisnis, Olahraga, dll. Pasti Tersisa demi Konten Edsus. Kalau Senin Sih, Hanya 4 Halaman Saja. Di Tahun lalu, Paling Ingat ada Edisi Khusus HUT ke 57, HUT RI ke 77 dan Review CEO Forum 2022, Tebalnya lebih dari 16 Halaman. Besar Banget sih... Gara Gara Koran ini Raih Prestasi yang Besar semacam 7 Emas IPMA 2022 sebagaimana dalam Tulisan Blog Tentang Keberhasilan Koran Kompas pada Sekitar Maret atau April Tahun lalu. Contoh Liputan Tematik adalah Kereta Cepat pada Tanggal Ultah Saya 2 Hari Kemarin (14/8), Hari Raya Lebaran 2023 (24/4), dll. Mari Kita Mengingat ke Masa Lalu, Dimana Tabloid Bola atau Soccer Menghadirkan Edisi Khusus atau Tematis yang Isinya Mengenal Lebih dekat Dengan Liga Liga Dunia seperti Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Jerman dan Liga Champions Eropa. Termasuk Piala Dunia atau Eropa yang Dijadikan Edisi Khususnya. Sebagai Contohnya, Ada Edisi Khusus Liga Italia Musim 2003/04 2 Dekade lalu (Paling Ingat) dan Liga Inggris Musim 2013/14 1 Dekade lalu (Paling Ingat Juga). Tebalnya Makin Besar dari Edisi Reguler. Nostalgia banget Sih... Karena Kembali ke Zaman Saya masih di SD ataupun SMP kalau ga salah. 

Coba Bandingkan dengan Media Indonesia, Kan Edisi Khususnya Sangat Tebal Hanya Untuk Merayakan HUT RI Setiap Tahun. 

Saban Tahun Sering Menerbitkan Edisi Khusus milik Media Indonesia, Kenapa? Karena Kita Menyambut HUT RI pada 17 Agustus. Jadinya, Koran Ini menjadi Hadiah bagi Rakyat Indonesia. Isi dari Edisi Khusus ini adalah Aspek Politik, Aspek Bisnis dan Ekonomi, dll. Lengkap Deh! Tahun Ini, Lebih Tebal Hanya 52 Halaman. Bukan Hanya itu, Selama 2 Hari Koran Ini Ada Gratis EPaper dalam Promosi "Merdeka Membaca". Lain Media Indonesia, Lain Pula dengan Jawa Pos, Dimana Hanya Ada Edisi Khusus Untuk Merayakan HUT RI. Tahun ini, Koran yang Lahir Tahun 1949 Ini Menerbitkan Edisi Khusus HUT RI ke 78 Dipecah Menjadi 2. Jika Tahun lalu (2022) Hanya 1 Saja. 

Semoga Saja, Edisi Khusus yang Kompas bisa Kembali Lebih Tebal Seperti Dulu, Amin YRA... 

Besok, Jawa Pos Masih Terbit Ada Edisi Khusus HUT RI ke 78 Jilid 2.

Update:
Jawa Pos Ada Edisi Khusus HUT RI ke 78 (Lagi). Tapi Cuman Jilid 2 Deh... dan Besok, Semua Koran Kembali Beredar (Termasuk Jawa Pos dan Surya)

Tidak ada komentar: