Senin, Juli 31, 2023

Catatanku Catatanmu : Antara Akhir Pekan Catatan Senior Editor di Jawa Pos, Catatan Polhuk di Kompas dan Catatan Ombudsman/Awal Pekan (Dunia) di Kompas (Juga)

Hari Ini, Kita Menulis Catatan Gue... Ini Sudah Mau Akhir Bulan Ke 7 alias Juli... Yang Pembahasan Sebelumnya pada Februari Sudah Hapus Nih Tadi, Karena Kesamaan dalam Pembahasannya. Yuk Nulis Lagi!


Mumpung, Setiap Weekend, Ada Catatan yang Berhubungan dengan Dunia Politik dan Hukum lewat 2 Koran Terkenal ditambah lagi Ada Ombudsman yang Menulisnya di Salah Satu Koran Setiap Bulannya, Apalagi di Hari Senin besty...

Di Waktu Weekend, Kita Bertemu dengan Catatannya Budiman Tanurejo lewat Kompas, Namanya Catatan Politik dan Hukum yang Biasanya Muncul di Koran Kompas Edisi Sabtu Halaman 2 (Halaman Politik/Hukum). Isinya adalah Catatan Tentang Politik dan Hukumnya Indonesia Di Masa-Masa yang Begitu Mencekam atau Membawa Semangat Demokrasi yang Ada. Catatan Ini Juga Dimuat dalam Buku Karyanya, Berjudul "Negara dan Bangsa disimpang Jalan" yang Beredar pada 2021. Berisi Kumpulan Tulisan Budiman Tanurejo yang Biasanya Dimuat di Koran Kompas (Analog/Digital) dari tahun 2013 hingga 2021. Catatan Tersebut adanya Menyebut "Politik Bermuazin" Bukanlah Tukang Suara Adzan dari Masjid yang Disebut "Muazin". Lain di Kompas yang Catatan Politik dan Hukum dari Budiman Tanurejo, Lain Pula dengan Akhir Pekan Catatan Senior Editor Jawa Pos di Koran Jawa Pos Edisi Minggu Halaman 2 (diatas Sambungan). Catatan Ini Sama Seperti Catatan dari Budiman Tanurejo yang Berhubungan dengan Dunia yang Sama (Politik dan Hukum) di Hari Kemarin. Ditulis Oleh Senior Editior Jawa Pos yang bernama R. Budijanto (atau Disapa Roy). Selain yang Roy, ada Juga yang Lainnya Dengan Tema yang Berbeda, Seperti Nurwahid (Mantan Pemred Jawa Pos 2014-2018), Abdul Rokhim (Mantan Pemred Jawa Pos 2018-19), Fuad Ariyanto (Mantan Jurnalis Jawa Pos dari 1985 sampai 2009/10), Samsudin Adlawi (Bos Jawa Pos Radar Banyuwangi), Arif Afandi (Mantan Pemred Jawa Pos 2001/02-2005) dan Akhir Sekali, Dhimam Abror Djuraid (Mantan Pemred Jawa Pos 2000-2001/02). yang Paling Favorit selain Pak Roy, ada Pak Dhimam sampai Pak Nurwahid! Walaupun Catatan R. Budijanto yang Politik dan Hukum Terus-Menerus Tidak ada Kata Muazinnya (Kalau di Kompas Sabtu ada Muazin di Catatan Poltik dan Hukum).

Sementara, di Hari Senin Setiap Bulannya, Koran Favorit Saya Selain Jawa Pos, Kompas ada Catatan Ombudsman. Dimana, Catatan Ini Berisikan Tentang Kemajuan Jurnalistik dari Kompas. Nah, Walaupun Catatan Ini, Menginspirasikan dari Forumnya Ombudsman Kompas pada Hari Jumat lalu di Setiap Bulannya. Jadi, Anda Harus Membacanya Sehabis Dapat Korannya di Waktu Senin... Selain yang Ombudsman, di Hari Yang Sama ada Catatan Awal Pekan di Koran yang Sama di Halaman 4 (Halaman Internasional).

Terbukti, Catatan dari R. Budijanto di Koran Jawa Pos Minggu Bisa dijadikan Copy dari Catatan Budiman Tanurejo milik Kompas, Yakni Bertemakan Politik, Hukum dan Demokrasi. Wallahualam...

Tidak ada komentar: