Rabu, September 18, 2024

10 Album Terlaris di Indonesia

Selamat Pagi, Nah Kita Buatkan Postingan Blog Tentang Album Musik yang Laris Manis di Pasaran... Yuk Kita Simak mau Nungguin Papiku Ikut Acara Spesial Komunitasnya Harley Davidson...

Sebelum Zamannya Menyebut Kanjeng Nabi Terus Menerus di Ngaji (Pengajian Rutin) Jumat Malam Sabtu Wage di Musholla Al Amin yang Biasanya Dilakukan Bada Isya Jumat di Jumat Malam Sabtu Wage atau Pengajian Umum Spesial Maulid Nabi Setiap Tahun dan Pecahnya Kadin Menyerang, Album-Album Musiknya Laris Manis di Berbagai Toko Musik, ada yang Lebih dari Ratusan Ribu dan ada yang Lebih dari Jutaan, Akibat Ketenaran Besar bagi Para Pemusik Terkemuka... Namun Sayangnya, Zamannya era Digitalisasi, Albumnya pun Boleh Rilis malah Isinya Kompilasi Single-Single yang Pernah Dirilis... Nah, Kita Rangkum 10 Album Terlaris yang Pernah Ada di Indonesia dari Waktu ke Waktu:


01. Dewa 19 - Bintang 5 (2000)


Ini Album yang Fenomenal untuk Mengembalikan Kesuksesan Dewa 19 Setelah terjadi Perpecahan di Tahun Awal Millenium. Album "Bintang 5" jadi Album yang Super Laris karena Penjualannya Diatas 1 Juta Kopi untuk Kali Pertama. Dirlis pada awal Bulan Mei 2000. Munculnya Once dan Tyo Nugros membuatnya Dewa 19 Kembali Populer dan Bangkit dari Keterpurukan Setelah Vakum Bertahun-tahun. Lagu-Lagunya yang Melejit Hitsnya berkat Album ini Seperti Roman Picisan, Dua Sejoli, Risalah Hati, Separuh Nafas, dll. Album ini Diganjar Semua Platinum hingga 12x, Terjual Hingga 1,8 Juta Kopi dan Meraih Penghargaan Banyak seperti AMI Awards 2000 dan Panasonic Awards 2000. Sekedar Info, Salah Satu Video Musik dari Album Bintang 5 Raih Penghargaan di Panasonic Awards 2000 kategori Video Klip Terfavorit Mengalahkan Kumenanti Seorang Kekasih milik Iwan Fals, Tegar dari Rossa, Jika dari Melly Goeslaw/Ari Lasso dan Cintaku dari Mendiang Chrisye. disaat Promosi Album ini, Dewa 19 melakukan Tur 36 Kota Sepanjang 2000.

02. Dewa 19 - Cintailah Cinta (2002)


Sama Seperti Pembahasan-Pembahasan Sebelumnya, Album Cintailah Cinta milik Band asal Surabaya tersebut Bakal Mengulangi Album Sebelumnya (Bintang 5). di Album Cintailah Cinta pun Terjadi 1 Kontroversial, Yakni Menjiplak Judul Buku Novel di Lagunya dan Terpaksa Mengganti Nama Judul Lagunya Sedikit agar Tidak terjadi Kontroversi yang Melanda. Lagu Arjuna jadi Lagu Pertamanya di Album yang Dirilis pada Awal April 2002 tersebut dan Masuk Chart baik Clear Top 10 dan Ampuh. Ada Juga Lagu Terbaik yang Dicap Lagu Sedih dan Galau Sejuta Umat, Yakni "Pupus" dan "Air Mata". Selain itu ada Lagu Mistikus Cinta dan Angin jadi Single Andalan lainnya. Sekedar info, Sebelum Mau Rilis Albumnya, Awalnya diberi Judul "Indra Ke-6" dan Menargetkan Hingga hampir 3 Juta Kopi. dan Setelahnya, Target Penjualan Album ini Hilang Seketika, Sehingga Hanya Terjual masih Diatas 1 Juta lagi, yakni Sekitar 1,04 Juta. Penjumlahan Album ini Mirip dengan Jumlah Penjualan Album Sebelumnya. Ketika Promosi Album ini Masih ada, di Juli 2002, Mendiang Erwin Prasetya Meninggalkan Dewa 19 dan Yuke dari The Groove Sementara jadi Bassistnya saat Manggung.

03. Peterpan - Bintang di Surga (2004)


2 Dekade lalu, Peterpan Membawa Ketenaran yang Super Besar, Apalagi Album Bintang di Surga adalah Album Musik yang Membesarkan Nama Band dari Kota Bandung tersebut. Melejitkan Hits Single semacam Ada Apa Denganmu yang Begitu Viral, Mungkin Nanti, Diatas Normal, dll. Album ini Mengalahkan Album Laskar Cinta milik Dewa 19 yang Baru Rilis Setelah Album BDS dan Pejantan Tangguh milik Sheila On 7 yang Juga Rilis Sebelum Album BDS dijual ke Pasaran pada awal Agustus 2004. Menjelang Albumnya Beredar, Peterpan melakukan Konser Tur 6 Kota Sehari dan Memecahkan Rekor Muri lewat "Peterpan 24 Hours Breaking Record". Setelah Albumnya Beredar Berbulan-Bulan, Terjual Hingga Lebih dari 3 Juta Kopi! Disaat Peterpan berjaya Gara-Gara Albumnya Laris Manis, Bisa Raih Penghargaan Semacam SCTV Music Awards 2005 dan AMI Awards 2005. Kurang Lebih 17 Tahun Setelahnya, Ketika Menggunakan Nama "Noah", Album Bintang di Surga Dirilis Lagi Sebagai Bagian dari Proyek Second Chance Setelah Album Kedua (Second Chance, 2014) dan Kelima (Taman Langit Second Chance, 2021). Isi Lagu-Lagunya Semua Diaransemen Baru (Kecuali Lagu Aku dan Masa Lalu Tertinggal), Yang Diatas Normal juga ada Versi Lainnya. dan Merupakan Album Keenamnya Noah Setelah Seperti Seharusnya (2012), Second Chance (2014), Sing Legends (2016), Keterkaitan Keterikatan (2019) dan Taman Langit Second Chance (2021) Beredar dipasaran.

04. Sheila On 7 - Self Titled (1999)


25 Tahun berlalu, Sheila On 7 merilis Album Perdananya berjudul Sama. Ada Banyak Sekali Lagu-Lagu Tenarnya untuk Mengubah Hidup lebih baik, Seperti Kita, Dan, Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki, J.A.P dan Perhatikan Rani. Menjelang Beredarnya Album Perdana, Band asal Jogjakarta tersebut Sempat Kesasar ke Toko Elektronik demi Meneken Kontrak Label Rekamannya (Sony Music) dan Satu Lagi, Duta pun Meninggalkan Band ini Sebelum Beliau Kembali ke Bandnya. Sejak 6-8 Bulan Albumnya Beredar (April 1999), Akhirnya Album ini Terjual hingga Lebih dari 1 Juta Kopi, Ya, Keberhasilan Band ini Menjadi WonderBand yang Paling Kuat Sebagai Band yang Melahirkan Kesuksesan lebih awal...

05. Sheila On 7 - Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000)


Setelah Album Perdana Beredar dengan Lebih dari 1 Juta Kopi, Kini Sheila On 7 Lagi-Lagi Rilis Albumnya pada Akhir September 2000. Diberi Judul "Kisah Klasik Untuk Masa Depan". Ini Album yang Paling Besar Setelah yang Pertama. Hits Singlenya pun Membesar semacam Bila Kau Tak Disampingku, Sephia, Sahabat Sejati, dll. Banyaknya Lagu-Lagu di Album Kedua ini Bisa Masuk Chart Musik di Berbagai Media Massa dari Indonesia. Terjual hingga 1,7 Juta Kopi, Baik di Indonesia dan Malaysia. Saat Album ini Masih ada, Sheila On 7 Sempat dapat Penghargaan dari Luar Negeri, Mulai dari Billboard hingga ABPBH Edisi 2001, Termasuk juga Manggung di Kuala Lumpur.

06. Sheila On 7 - 07 Des (2002)


Hattrick Sejuta Kopi, dari Pertama hingga Ketiga jadi Laris Manis sampai Jutaan Lebih. 3x Sheila On 7 hanya Terjual Sejuta Lebih Selalu Mudah. Kini, Album 07 Des pun Menyusul 2 Album Sebelumnya yang Dirilis Pada Pertengahan/Akhir Maret 2002. Album ini Didedikasikan Kepada Korban di Saburai Lampung yang Menjadi Tragedi Konser Tur Promosi Album Kedua SO7 pada Pertengahan November 2000. Nama "07 Des" adalah Tanggalnya Band asal Jogjakarta ini Masuk Dapur Rekaman disaat Mendekati Hari Raya Lebaran 1422H/2001M dirayakan pada 16-18 Desember 2001. Lagu-Lagu Andalannya Semacam Seberapa Pantas, Buat Aku Tersenyum, dll. Terjual hingga 1,3 Juta Kopi dan Meraih Banyak Penghargaan Semacam AMI Awards 2002.

07. Jamrud - Ningrat (2000)


Album yang Menjadi Paling Laris bagi Band yang Berasal dari Cimahi, Jamrud. Album Ningrat dirilis Pada Desember 2000 dengan Lagu-Lagu Terkenalnya Semacam Pelangi dimatamu, Ningrat, dll. Banyaknya Lagu-Lagu Heboh dari Band ini Kerap Muncul di Berbagai Media Massa di Indonesia. Terjual hingga Lebih dari 1 Juta Kopi dan Banyak Penghargaannya Semacam AMI Awards 2001. Tapi Album ini Kalah dari Album Sesuatu yang Tertunda milik Padi Reborn yang Mendominasi Penganugerahan AMI Awards 2001.

08. Jamrud - Sydney 090102 (2002)


Setelah Ningrat yang Meraup Penjualan hingga Jutaan Kopi, Kini Album dari Jamrud, Sydney 090102 dirilis Pada Maret 2002. Sebelum Albumnya Dirilis, Band ini Sempat Berlibur ke Australia untuk Proses Pembuatan Album ini. Dengan Lagu-Lagu Andalannya Seperti Kau dan Ibumu, Selamat Ulang Tahun, dll. Terjual Hingga 1 Juta Kopi dan Menggondol Salah Satu Penghargaan dari AMI Awards 2002.

09. Padi Reborn - Sesuatu yang Tertunda (2001)


Kesuksesan Album Sebelumnya (Lain Dunia, 1999) Menuai Popularitasnya. Berawal dari Indie Ten dari Sony Music hingga Album Lain Dunia Merupakan kunci Awal Kesuksesan Band asal Surabaya yang Bernama Padi (kini Padi Reborn). Album Sesuatu yang Tertunda Dirilis pada 30 Juni 2001. Hits Andalannya Semacam Sesuatu yang Indah hingga Kasih Tak Sampai. 2 Minggu Pasca Beredarnya Album ini, Terjual Hingga 450.000 Kopi dan Alhasil, Terjual Hingga Lebih dari 1 Juta Kopi! Band ini Menggondol Penghargaan yakni AMI Awards 2001 dan Juga MTV Asia Awards 2002. Ditengah Kesuksesannya, Membuat Padi ingin Tampil Mendunia berkat Lagu Work of Heaven disaat Piala Dunia 2002 digelar. 

10. Radja - Langkah Baru (2004)


Sudah Nyaris 2 Dekade lalu, Album Langkah Baru jadi Album yang Membesar Bagi Band dari Bumi Banua, Radja. Album ini Dirilis Pada Sekitar November/Desember 2004 atau Sebulan Sebelum Terjadinya Tragedi Tsunami di Aceh yang Melanda pada Akhir Desember 2004. Album ini Isinya adalah Lagu-Lagunya Radja di Album Sebelumnya (Manusia Biasa) yang Berujung Kegagalan termasuk 3 Lagu Baru, Seperti Bulan, Tulus dan Takkan Melupakanmu. Terjual Hingga Lebih dari 1 Juta Kopi dan Dipastikan Radja jadi Heboh dari Tahun 2004 hingga 2008. Setelah "Langkah Baru" jadi Sukses, Album-Album lainnya yang Tak Kalah Menarik agar bisa Jadi Heboh juga Semacam Aku Ada Karena Kau Ada (2006), 1000 Bulan (2006), Untuk Semua (2007) dan Membumi (2008). 


Itulah Tadi, 10 Album Terlaris yang Pernah ada di Indonesia. Semoga bisa Bermanfaat bagi Penikmat Musik di Indonesia.

P/S:

Ini Adalah Postingan Blog yang Baru. Yang Lama Sudah Dihapus. Jadi, Jangan Dihapus Lah... 

Tidak ada komentar: