Senin, Agustus 05, 2024

Album Musik Populer 22 Tahun Lalu (Update)

Mari Kita Bernostalgia ke 22 Tahun lalu (2002), Dimana Tahunnya Kejayaan Film dan Musik, Saya mulai Masuk SD yang Kelas 1, Film AADC (Ada Apa dengan Cinta) yang Paling Booming ada Dian Sastrowardoyo sama Nicholas Saputra, Piala Dunia digelar Kali pertama di 2 Negara dari Asia Timur dan Tentunya Tragedi Bom Bali yang Terjadi pada 12 Oktober 2002. Oh Ya, Tahun 2002 kala itu Presiden RInya Bu Megawati dan Wapres RInya pasti (alm) Hamzah Haz. Nah, Mari Kita Nikmati Nostalgia lebih dari 20 Album Populer Sepanjang 2002. Mengobati Rasa Kangen buat Kalian yang Suka Lagu-Lagu Lama. Ini Dia Deretannya...


01. Dewa 19 - Cintailah Cinta


Ini Album yang Paling Favorit bagi Pecinta Musik di Indonesia. Album "Cintailah Cinta" dari Band Legendaris asal Surabaya, Dewa 19. Dirilis pada 5 April 2002 yang berawal dari Album "Indra Ke-6". Album ini Mendulang Sukses Album Sebelumnya, Bintang 5 yang Meraup Angka Penjualan dengan Rekor yang Besar hingga Lebih dari Sejuta Kopi. Hits Andalannya Seperti Arjuna, Pupus, Angin, dll. di Lagu Arjuna Memang Kontroversial Karena lagunya diambil dari Judul Buku Novel Legendaris karya Mendiang Yudhistira ANM Massardi berjudul "Arjuna Mencari Cinta". Tak Hanya itu, Lagu Pupus yang Jadi Super Hits ditengah Rasa Kegalauan dan Baper Gara-Gara Pacar/Sahabat/Keluarga yang Terputus atau Terpisah. Album ini Terjual hingga 1,04 Juta Kopi dan Dapat Penghargaan 3 Kategori di AMI Awards 2002.


02. Sheila On 7 - 07 Des


Album 07 Des jadi Album yang Mencetak Hatrrick Lebih dari Sejuta Kopi Setelah 2 Album Pertamanya Dirilis Dengan Catatan Rekor yang Sempurna. Album ini Dirilis pada Akhir Maret 2002 dengan Hits Single yang Tak Kalah Menarik, Seperti Seberapa Pantas, Buat Aku Tersenyum, Pria Kesepian, Hingga Ujung Waktu, Waktu Yang Tepat Untuk Berpisah dan Saat Aku Lanjut Usia. Musiknya pun ada Sedikit Orkestrasi Khas Erwin Gutawa. Untuk Rilisan di Malaysia, Lagu Seberapa Pantas Mengganti Sedikit Liriknya, dari "Celakanya" jadi "Oh Sayangnya". Album ini Terjual Hingga 1,3 Juta Kopi dan Meraih 4 Penghargaan di AMI Awards 2002.


03. Jamrud - Sydney 090102


Ini Adalah Album Pertama Jamrud yang Direkam di Luar Negeri, Tepatnya di Australia. Album Sydney 090102 adalah Albumnya Jamrud yang Mengulangi Kesuksesan 4 Album Pendahulunya. Album Sebelumnya, Ningrat yang Dirilis Desember 2000/Januari 2001 Terjual hingga Sejuta Lebih. dan Akhirnya, Jamrud yang Merupakan Band Rock dari Cimahi Merilis Albumnya berjudul "Sydney 090102". di Album ini ada Banyak Lagu-Lagu Terkenal seperti Kau dan Ibumu, Telat 3 Bulan, Naksir Abis, Selamat Ulang Tahun, dll. Kejayaan Band ini Tetap jadi Setia bagi Penikmat Musik di Indonesia karena ditawari Manggung dengan Biaya Termahal. Album Sydney 090102 Terjual hingga 1 Juta Kopi dan Meraih 1 Penghargaan di AMI Awards 2002.


04. Element - Paradoks


Dari Kupersembahkan Nirwana ke Paradoks. Akhirnya, Element Mencipta Keajaibannya. Band yang Digawangi Didi Riyadi, Lucky Widja, Ibank, Fajar, Aditya, Aria dan Ferdy Tahier. Band yang Dibentuk Sejak Februari 1999 itu Merilis Album Ketiganya berjudul "Paradoks" dengan Hits Andalannya Seperti Rahasia Hati dan Maaf dari Surga. Setelah Hebohnya Album Paradoks, Band ini Merilis Album Berikutnya "Dialog" yang Dirilis pada 2 Dekade lalu (2004).


05. Melly Goeslaw/Anto Hoed - Ada Apa Dengan Cinta


Film AADC itu Fenomenal Jadinya! Karena Melanbungkan Nama Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra dan Eddi Brokoli jadi Heboh... di Album Soundtrack Ada Apa Dengan Cinta yang Dirilis Februari 2002 ada Berbagai Lagu-Lagu Hits yang Semakin Heboh, ada Lagu Berjudul Sama yang Dinyanyikan Oleh Melly Goeslaw bersama Erick Airlangga, Bimbang dari Melly Goeslaw dan Tentang Seseorang dari Anda Bunga. Album ini Menggondol Beberapa Penghargaan dari AMI Awards 2002.


06. Datuk Siti Nurhaliza - Sanggar Mustika


Setahun Sebelum EMAS Datang, Kini Album Sanggar Mustika dari Datuk Siti Nurhaliza Dirilis pada 2002. Album Ini Memiliki 2 Lagu jadi Hits Semacam Nirmala dan Badarsila. Album ini Bukan hanya Dirilis di Malaysia saja, Tapi di Indonesia, Karena Album ini Sangat Laris Manis disaat Launching Albumnya. Album ini Menggondol Beberapa Penghargaan di Anugerah ERA 2002. 


07. Alam - King of Metal Dhank Dhuth


Ingat Alam "Mbah Dukun"? ya Ingat deh, Kan Semestinya ada di Album Alam yang Dirilis Sekitar Juni/Juli/Agustus 2002, berjudul "King of Metal Dhank Dhuth". Hits yang Populer adalah Mbah Dukun yang Viral dimana-mana. Album ini Meraih 1 Penghargaan di AMI Awards 2002.


08. Slank - Virus Road Show (2002)


Setelah Kejayaan Album Virus yang Dirilis Tahun 2001, Kini Slank Rilis Lagi Album berjudul "Virus Road Show 2002" yang Dirilis Sekitar 2002. Ada 1 Lagu Baru berjudul I Miss You but I Hate You yang Dibikin Heboh. Album ini Meraih 1 Penghargaan di AMI Awards 2002. Ini Album yang Begitu Populer untuk Para Slankers-Slankers se Indonesia.


09. Gigi - The best of


Merayakan Usia Pembentukan Band yang Ke-8 (2024 Sekarang Sudah 30an), Gigi ada Rilisan Album untuk Para Fansnya, Yakni The Best of. Memuat 14 Lagu ada 12 Lagu Terbaik dari 7 Album Sebelumnya (Angan hingga Untuk Semua Umur) dan 2 Lagu Baru seperti Andai dan Jalan di Bulan. Salah Satu Lagunya Pun Jadi Penguasa Chart di Media Massa Sepanjang Agustus-September 2002.


10. Chrisye - Dekade


Ini adalah Albumnya Chrisye yang Masih Hidup Sebelum Mati 5 Tahun Setelahnya (2007). Album ini Diberi Titel "Dekade" yang Memuat 9 Lagu Seperti Lagu Kangen (Cover Dewa 19), Seperti yang Kau Minta, dll. Dirilis Pada Sekitar September/Oktober 2002 dan Menjadikannya Album Paling Luar Biasa di Sepanjang Kariernya Beliau. 


11. Iwan Fals - Suara Hati


2 Tahun Setelah Album Best of The Best Beredar dengan 2 Lagu Hits, Kini Iwan Fals Merilis Albumnya Berjudul "Suara Hati" yang Dirilis bulan Agustus 2002. 2 Bulan Sebelum Albumnya Beredar, Lagu Utama di Album ini, "Kupu Kupu Hitam Putih" Dirilis Duluan pada Juni 2002. Selain Kupu Kupu Hitam Putih, ada Juga Lagu Suara Hati dan Hadapi Saja.


12. AB Three - Auraku


AB Three yang Beranggotakan Cynthia Lamusu, Nola dan Widi Merilis Albumnya berjudul "Auraku" pada Oktober 2002. Hits Andalannya berjudul Sama. 


13. The Fly - Episode III


Pada Akhir Juni/Awal Juli 2002, The Fly Merilis Album Ketiganya berjudul "Episode III". Setelah Album Perdana yang Dirilis 1997 dan Kedua yang Dirilis 2000/01, Kini The Fly Rilis Lagi Albumnya Dengan Hits Andalannya Seperti Palsu. dan Lagu ini Sempat Muncul di Trans TV dalam Acara VMI Musim Terakhir (2002) yang Kala itu Tayang Setiap Rabu Malam.


14. Edane - 170 Volts 


Edane Kembali Aktif di Dunia Musik Rock. Lewat Album "170 Volts" jadi Kebangkitan Membesar Bagi Band yang Beranggotakan Eet Syahranie, dkk. Munculnya Trison yang Menjadi Vokalis paling Baru di Band tersebut dan Masuknya Label Sony Music Indonesia untuk Menghadirkan Album yang Segar. Lagu Andalannya adalah Kau Pikir Kaulah Segalanya dan Kau Ku Genggam. Dirilis Pada Februari/Maret 2002.


15. VA - Kisah 2002 Malam


Album Kompilasi Kisah 2002 Malam adalah Album Kompilasi paling Fenomenal Sebelum adanya Album Kompilasi AFI 1-3 dan KFC Band Indie menyerang. Isinya adalah Lagu Mimpi yang Sempurna dari Peterpan yang Jadi Heboh Sekali. Angka Penjualannya Lumayan besar Hingga lebih dari 300.000 Kopi.


16. /RIF - Dan Dunia Pun Tersenyum


3 Album telah Dirilis oleh /RIF, Kini sudah Merilis Album Keempatnya berjudul "Dan Dunia Pun Tersenyum". Ada Beberapa lagu Terkenalnya Seperti Dunia yang diambil dari Soundtrack Film Spiderman, Salah Jurusan dan Cinta Adalah. Keinginan Band Rock asal Bandung ini merambah Dunia pun Bisa Diwujudkan lewat Lagu dari Film Spiderman. 


17. Cokelat - Rasa Baru (Special Edition)


Setelah Sukses dengan Album Rasa Baru yang Menjadi Populer. Kini, Atas Permintaan Fans Cokelat Band, Album Rasa Baru Dirilis lagi yang "Special Edition" dengan Penambahan Lagu "Bendera" yang Menjadi Lagu Untuk Rakyat Indonesia yang Kerap Didengar Setiap Perayaan HUT RI dan Bulan Agustus. Album ini Dirilis Pada Agustus 2002. Jika Rasa Baru (Sebelum Special Edition) dirilis November 2001, Maka Rasa Baru (Special Edition) Dirilis 9 Bulan Setelah Rasa Baru Beredar di Pasaran.


18. Tohpati - Serampang Samba


Kerennya Album Instrumental ala Tohpati di Tahun 2002. Album ini Diberi Judul "Serampang Samba". Ada Berbagai Lagu-Lagu yang Semuanya Instrumental. Salah Satu Lagu yang Jadi Hits adalah "Jejak Langkah yang Kau Tinggal" bersama Mendiang Glenn Fredly.


19. Andien - Kinanti


Andien adalah Penyanyi Muda yang Paling Juara Setelah Agnez Mo. Merilis Albumnya Berjudul "Kinanti" pada 2002 dengan Hits Andalannya "Sahabat Setia".


20. Joshua - 9


Album Terakhir Joshua Suherman di Masa Kecilnya Sebagai Penghibur Sejati. Kepopulerannya Pun Melejit karena Menawari Bintang Iklan, Drama Series dan Video Musik Seperti Cintaku dari Mendiang Chrisye (1999/2000) hingga Iklan Nutrisari yang Super Heboh. Album "9" Jadi Album yang Pamit dari Artis Cilik Setelah Jangan Tidur yang Dirilis April 2001 Garapan Helmy Yahya dan Mendiang Papa T. Bob. Dirilis pada Sekitar Agustus/September 2002 ada Salah Satu Lagu yang NgeRock abis, "Ea Eo".


21. Jikustik - Perjalanan Panjang


1-2 Tahun Setelah "1000 Tahun" dan "1000 Tahun Edisi Khusus" beredar, kini Jikustik Rilis Album Ketiganya, "Perjalanan Panjang". Lagu Andalannya adalah Tak Ada yang Abadi dan Pandangi Langit Malam Ini.


22. Iwa K - Veni Vidi Vunky


Setelah Kuingin Kembali, Topeng, Kram Otak dan Mesin Imajinasi, Kini Rapper Terkenal dari Indonesia, Iwa K Merilis Kembali Albumnya berjudul "Veni Vidi Vunky" Pada Awal 2002. Lagu Andalannya adalah Apa Seeh?. Selain Albumnya, Iwa K sibuk Membintangi Iklan dan Tampil Sebagai Host Acara TV.
 

Itu Tadi 22 Album Musik Populer 22 Tahun Lalu, Semoga jadi Nostalgia buat Penikmat Musik di Indonesia.

Jangan lupa, Baca Halaman Musik di Koran Jawa Pos Setiap Minggu untuk Mendapatkan Berita Terkini Tentang Dunia Musik dan ada Halaman Zodiak di Bawahnya. 



Update :

Postingan Ini Diperbarui Hari ini. Soalnya Kan, Video Musiknya Banyak yang Dihapus.

Update (lagi) :

Kembali Diperbarui karena Bukan Video Film Penuh AADC, Tapi diganti dengan Lagu-Lagu Dari Soundtrack Film Ada apa Dengan Cinta. 

Update (lagi) :

Lagi-Lagi Diperbarui Postingannya, Soalnya yang Postingan Blog Pas Pasca Pulang dari Malang ke Mojokerto pada 4/8 lalu Sudah Dihapus Total... Mantap deh! 

Tidak ada komentar: